15 Jumlah Pura Di Bali Yang Wajib Diketahui

15 Jumlah Pura Di Bali Yang Wajib Diketahui

Selain tempat wisatanya, Pulau Dewata Bali terkenal dengan budaya dan tempat peribadahan umat Hindu, yaitu Pura. Selain menjadi tempat ibadah, pura menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan arsitekturnya. Ada banyak sekali jumlah pura di Bali, dalam artikel ini kita akan membahas 15 nama pura di Bali dan letaknya.

Pura Tanah Lot

Daftar pura di Bali pertama adalah Pura Tanah Lot yang sangat popular. Saat musim sepi liburan-pun pura ini tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Pura ini dibangun diatas batu karang besar di area lepas pantai. Untuk bisa ke area pura hanya bisa dilewati saat air laut sedang surut. Jika Anda mengunjungi pura ini sore hari saat matahari terbenam, Anda akan melihat pemandangan yang luar biasa indah berupa siluet pura. Lokasi pura tanah lot di desa Beraban, Kecamatan Kediri Kabupaten Tabanan.

Pura Luhur Uluwatu

Sama dengan Pura Tanah Lot, Pura Luhur Uluwatu juga dibangun di ujung batu karang. Pura ini termasuk salah satu dari enam pura Hindu utama.. Dari atas tebing pengunjung bisa melihat sunset tanpa ada yang menghalangi. Pengunjung juga bisa melihat pemandangan Samudra Hindia. Dari banyaknya jumlah Pura di Bali, pura ini satu-satunya pura yang mementaskan tari kecak dengan latar belakang pemandangan matahari terbenam. Bisa Anda bayangkan begitu indahnya. Lokasi pura ini berada di wilayah Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan Kabupaten Badung.

Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Pura terkenal di Bali banyak dikunjungi berikutnya adalah Pura Ulun Danu Belatan. Pura terbaik di Bali yang ketiga adalah Pura Ulun Danu Beratan. Lokasinya berada di tengah-tengah danau Beratan Bedugul yang airnya begitu jernih. Jika dilihat sekilas pura ini terlihat seperti mengambang di permukaan danau. Letaknya yang berada di dataran tinggi membuat pura ini sering diselimuti kabut dan udaranya sangat sejuk. Lokasi pura ini berada di kawasan tempat wisata Bedugul, kabupaten Tabanan Bali, yaitu di sisi barat danau Beratan Bedugul.

Baca Juga:  Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali Yang Indah Dan Menawan

Pura Tirta Empul Tampak Siring

Dalam bahasa Indonesia Tirta Empul artinya mata air suci. Di pura ini terdapat sumber mata air yang dialirkan ke pemandian yang letaknya di luar area pura. Sumber mata air dengan pancuran menjadi daya tarik para wisawatan. Mata air yang mengalir diyakini dapat membawa keberuntungan dan ketenangan. Lokasinya terletak di Jl. Tirta Manukaya Tampaksiring Kabupaten Gianyar. Ada juga yang menyebut pura ini pura Tampaksiring.

Pura Taman Ayun Mengwi

Dalam bahasa Indonesia Taman Ayun artinya taman yang indah. Di luar area pura terdapat taman yang luas dengan desain tembok khas Bali. Di dalam area pura terdapat kolam yang mengelilingi pura. Pura ini merupakan kombinasi arsitektur tradisional Bali dengan Tiongkok (Cina). Lokasi pura ini terletak di Jl. Ayodya, Mengwi Kabupaten Badung.

Pura Taman Saraswati Ubud

Pura terkenal di Bali banyak dikunjungi berikutnya adalah pura Taman Saraswati Ubud. Di pura ini sering dipentaskan pertunjukan tarian Bali. Lokasinya berada di Jl. Kajeng Sebelah utara Jl. Raya Ubud Bali.

Pura Gunung Lebah Campuhan Ubud

Pura ini lokasinya terletak di bawah dekat dengan lokasi sungai Campuhan. Pura ini masuk ke dalam daftar pura di Bali Kahyangan Jagat, yaitu pura tempat pemeluk agama Hindu sembahyang.

Pura Goa Lawah Klungkung

Pura ini termasuk salah satu pura utama umat Hindu Bali. Uniknya pura ini karena dibangun di depan goa yang didalamnya dihuni oleh kelelawar yang jumlahnya mencapai ribuan. Lokasinya terletak di desa Pesinggahan Kecamatan Dawan. Di sebelah selatan pura terdapat pasir hitam. Jika mengunjungi pasir hitam, Anda bisa melihat pulau Nusa Penida.

Pura Gunung Kawi

Pura gunung Kawi merupakan kompleks candi kuno. Termasuk situs peninggalan leluhur yang unik. Keunikannya bisa Anda temukan pada relief candi yang diukir di tebing batu. Lokasinya di Banjar Penaka, Tampak Siring Gianyar Bali. Menuju ke sana pengunjung harus jalan kaki dari area parkir dan menyusuri jalan tapak dan menaiki 371 anak tangga.

Baca Juga:  Mengenal Sasi Nggama, Tradisi Menjaga Kelestarian Alam Masyarakat Kaimana Papua Barat

Pura Besakih

Jumlah pura di Bali dalam komplek Pura Besakih sangat banyak. Pura ini dianggap suci oleh penganut agama Hindu Bali. Pura ini merupakan komplek pura yang jumlahnya banyak dan arena besar. Jika Anda ingin menjelajah pura ini dibutuhkan waktu lebih dari satu hari. Pura yang paling utama dan yang paling besar di komplek pura Besakih adalah Pura Penataran Agung yang dibangun untuk memuja Dewa Brahma, Dewa Siwa dan Dewa Wisnu. Lokasinya di Desa Besakih, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem Bali.

Pura keraban Langit

Pura ini lokasinya berada di tepi tebing sebuah sungai, tepatnya di Desa Sading Kecamatan Mengwi Badung. Keunikannya adalah dibangun di sebuah gua dengan kedalaman mencapai 6 meter. Diatas gua terdapat lubang sehingga sinar matahari bisa masuk. Lokasinya berada di Desa Sading, Mengwi Kecamatan Badung Bali

Pura Lempunyang Luhur

Pura ini terletak di ketinggian sehingga tampak Gunung Agung dri kejauhan. Karena keindahannya Pura Lempuyang mendapat julukan “Gates of Heaven”. Untuk mencapai pura ini, pengunjung harus menaiki 1.700 anak tangga. Lokasinya berada di Kecamatan Abang,  Kabupaten Karangaem. Tepatnya di lereng bagian timur Gunung lempuyang.

Pura Goa Gajah

Pura terbaik di Bali ini diibangun sekitar abad ke-11 ini masuk ke dalam salah satu situs arkeologi. Seperti namanya pura ini berbentuk gua yang diukir kepala gajah. Awalnya pura ini difungsikan sebagai tempat meditasi. Lokasinya di sebelah barat Desa Bedulu, Blahbatuh, Gianyar.

Pura Menjangan

Pura Menjangan atau dikenal juga dengan nama Pura Segara Giri Dharma Kencana memiliki keunikan yaitu patung Ganesha warna putih yang megah duduk menghadap ke laut lepas. Jumlah pura di Bali dalam area Pura Mejangan terdapat 7 titik sembahyang. Lokasinya berada di Pulau Menjangan, Desa Sumber Klampok Grokgak. Buleleng Bali.

Baca Juga:  Sejarah Lawang Sewu Dan Misterinya

Pura Alas Kedaton

Seperti namanya, pura ini dibangun ditengah hutan Alas Kedaton, menjadi rumah ribuan ekor kera. Kepercayaan masyarakat Bali pura ini memliki kekuatan magis melundungi hutan dan masyarakat sekitar. Lokasinya berada di Desa Kukuh, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan Bali.

Demikian ulasan singkat mengenai nama- nama pura di Bali dan letaknya. Ke-15 pura tersebut masuk ke dalam daftar pura terkenal di Bali banyak dikunjungi dengan arsitektur unik dan pemandangan yang menawan.

Perlu diketahui, mengunjungi pura-pura di Bali tidak boleh sembarangan, ada aturan dan menjaga etika yang harus dipatuhi oleh siapapun yang mengunjunginya. Contohnya; harus menggunakan sarung dan selendang yang cara menggunakannya diikat dipinggang, menggunakan baju tertutup, untuk perempuan yang sedang haid dilarang memasuki area pura, tidak boleh meludah sembarangan, tidak boleh menginjak sesajen, jangan mengucapkan kata-kata kasar dan jorok, dan tidak boleh membuang sampah sembarangan. Aturan tersebut berlaku untuk pengunjung seluruh pura yang ada di Bali.

Semoga artikel 15 jumlah pura di Bali ini bermanfaat dan menambah informasi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *