4 Hal Ini Bisa Tingkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

4 Hal Ini Bisa Tingkatkan Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi

Berbicara tentang pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, mungkin akan selalu senada dengan membahas kondisi negara dan pemerintahan. Hal itu dikarenakan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi biasanya sejalan dengan upaya menaikkan pendapatan negara. Ada beberapa hal yang bisa tingkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi bisa ditandai dengan adanya kenaikan pendapatan perkapita negara menuju mutu atau kondisi yang lebih baik. Ketika ekonomi tumbuh dengan pesat, pertumbuhan ini tak hanya berdampak baik untuk negara, manfaatnya juga bisa dirasakan oleh individu secara langsung. Pertumbuhan ekonomi juga mampu menjadi tanda kemajuan suatu negara bersamaan dengan kemajuan SDMnya.

Maka dari itu, banyak negara mengupayakan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi secara berkala. Seperti melakukan kampanye ke berbagai sektor, memberikan edukasi ke berbagai lini masyarakat dan senantiasa menginformasikan hal-hal untuk meningkatkan perekonomian bangsa. Tentunya perusahaan itu tidak dapat dilakukan secara serta merta dan dalam waktu singkat. Empat hal ini bisa tingkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi loh, mari simak bersama.

1. Menjadi Pribadi yang Berkualitas

Ada beberapa hal ini bisa tingkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi, yang pertama adalah menjadi pribadi yang berkualitas. Salah satu faktor pertumbuhan ekonomi adalah adanya SDM dan SDA yang mumpuni dan berkualitas baik. Adanya SDM yang baik dalam sebuah masyarakat jelas diperlukan untuk pelaksanaan segala kegiatan yang berkaitan dengan upaya peningkatan perekonomian.

Begitu juga dengan kualitas SDA, menjadi peran penting dalam sebuah pembangunan ekonomi. Sumber daya alam yang rusak dan tidak dapat dimanfaatkan dengan baik akan menghambat sebuah  pertumbuhan ekonomi. Misalnya, jika sebuah laut tercemar maka ikan-ikan tidak bisa diambil untuk konsumsi publik dan negara harus melakukan kegiatan mengimpor.

Kemudian upaya untuk meningkatkan SDM adalah dengan senantiasa menjaga kualitas diri sendiri dan selalu mengembangkan passion yang ada. Misalnya, ketika memiliki ketertarikan terhadap bahasa asing, mungkin bisa ikut belajar atau memperdalam kemampuan dengan ikut kelas bahasa asing. Memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik dapat menjadi salah satu cara untuk mampu berkembang di era globalisasi seperti sekarang ini.

Baca Juga:  Tren Riasan Pengantin 2020

Perkembangan itu jelas dibutuhkan waktu untuk bertumbuh dan mendapat bantuan dari berbagai pihak, dan tugas masyarakatlah untuk berperan aktif didalamnya. Memiliki kesadaran untuk menjaga sumber daya alam dan kemampuan diri sendiri merupakan contoh peran aktif dalam mendukung perkembangan perekonomian. Lakukan segalanya berawal dari diri sendiri, agar kebiasaan positif itu bisa berkembang ke orang sekitar dan banyak lainnya.

2. Mengelola Sumber Daya Alam dengan Baik

Selain meningkatkan SDM, Sumber Daya Alam atau SDA juga menjadi salah satu aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi. SDA berperan sebagai bahan dasar pada setiap aktivitas produksi, tanpa adanya SDA yang baik negara tidak mampu melakukan produksi secara optimal. Lantas pengelolaan SDA apa yang bisa ditunjang dalam kehidupan sehari-hari? banyak hal di yang sebenarnya bisa dilakukan secara lebih bijaksana.

Contoh yang paling mudah adalah mengurangi penggunaan energi seperti mematikan lampu saat tidak dibutuhkan, meminimalisir penggunaan air saat mandi. Mengelola sampah rumah tangga dengan bijaksana, mengurangi penggunaan kantong plastik, tidak membuang sampah secara sembarang. Hal-hal kecil yang terlihat mudah dan sepele itu jika mampu dilakukan secara berkesinambungan jelas akan menghadirkan dampak yang besar.

Berhenti untuk bersikap masa bodoh dengan sekeliling adalah salah satu upaya menjaga kelangsungan alam. Mulailah segalanya dari diri sendiri dan tidak mentoleransi diri sendiri ketika melakukan kegiatan membuang sampah, meski itu hanya sekedar bungkus permen. Ingat! Segala keburukan yang meski hanya tentang membuang sampah bungkus permen juga bisa menimbulkan kebiasaan buruk bagi lainnya.

Lebih jauhnya lagi adalah dengan membentuk perkumpulan pecinta alam yang bisa berkontribusi langsung pada kelangsungan alam. Misalnya, dengan berkumpul dan mengajak masing-masing anggota menyuarakan program kerja mengenai bersih sungai, pantai atau lain sebagainya. Buatlah komunitas positif dengan berbagai aksi positif pula yang bertujuan menjaga sumber daya alam, karena aksi langsung inilah yang jarang ditemui.

Baca Juga:  Tren Pesta Pernikahan Yang Akan Digandrungi Di Tahun 2020 Yang Wajib Diketahui

 3. Menjaga Keutuhan Sarana dan Prasarana yang Ada

Sarana dan prasarana merupakan salah satu bentuk adanya kepedulian pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat atau rakyatnya. Pengadaan sarana dan prasarana tentunya berasal dari anggaran negara yang mengalami perputaran dalam sistem ekonomi. Pengadaan sarana prasarana bertujuan untuk memberikan kenyamanan pada kehidupan sosial bermasyarakat.

Kelengkapan sarana prasarana mampu menunjang pertumbuhan ekonomi suatu bangsa, karena memudahkan pergerakan hidup bersosial. Ketika kurang memadainya sebuah sarana prasarana,ini jelas mampu menghambat upaya untuk meningkatkan perekonomian dan bisa menjadikan segalanya kurang optimal. Namun jika sudah memadainya sarana prasarana sebagai masyarakat yang berbudi agaknya harus bisa menjaga sarana dan prasarana itu sendiri.

Contoh kongkritnya ketika ada sebuah halte alangkah lebih baiknya untuk tidak merusaknya, mencoretnya, mengubahnya menjadi lahan lain. Kemudian, penggunaan trotoar untuk pejalan kaki, haruslah tidak disalahgunakan untuk dijadikan lalu lalang sepeda motor atau lapak berdagang. Perusakan sarana prasarana hanya akan menimbulkan perbaikan ulang dan alokasi yang ada akan terhambat untuk bisa disalurkan pada program lainnya.

Dengan menjaga sarana dan prasarana yang ada, sama saja individu telah membantu pemerintah untuk menekan biaya perbaikan-perbaikan yang tidak diperlukan. Tidak ada kesulitan berarti sebenarnya dalam upaya menjaga sarana prasarana, hanya butuh kesadaran dan rasa memiliki. Mengingatkan keluarga untuk senantiasa menjaga sarana prasarana yang pemerintah berikan adalah salah satu upaya membantu pemerintah membangun perekonomian.

4. Mulai Melakukan Investasi di Pasar Modal

Mulailah melakukan investasi di pasar modal untuk membantu kemajuan ekonomi. Ada dua manfaat yang secara umum yang mampu diperoleh dari adanya keberadaan pasar modal. Pertama, sebagai sarana atau sumber pendanaan untuk mengembangkan finansial dan sebagai sumber untuk mendapatkan tambahan dana bagi pertumbuhan ekonomi. Namun perlu diperhatikan, sebelum terjun ke pasar modal harus mampu memilih investasi yang aman dengan manfaat yang lebih.

Baca Juga:  Perempuan Yang Sibuk Berkarir, Apa Kesalahan?

Berbagai investasi pasar modal yang dapat dipilih antara lain jual beli saham, reksadana, piutang bank atau investasi memang menarik untuk dicoba. Namun segala hal yang akan dipilih memang membutuhkan keingintahuan lebih. Pelajari kembali mengenai pasar modal yang akan dijadikan tempat berinvestasi.

Gunakan media sosial dan internet untuk senantiasa update mengenai perkembangan dan informasi yang ada. manfaatkan lah perkembangan teknologi kedalam bentuk yang positif sehingga akan terjalin kehidupan sosial dan ekonomi yang lebih baik lagi. Begitu banyak investasi pasar modal yang menggiurkan bagi pelaku dan emiten atau penjual yang dapat menjadi satu upaya menumbuhkan perekonomian

Nah diatas tadi sudah kita simak bersama mengenai tema beberapa hal yang bisa tingkatkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi. Menarik dan begitu edukatif bukan? Tidak ada kata terlambat untuk membantu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi bangsa. Hanya dibutuhkan kesadaran, kemauan dan sikap tanggung jawab atas apa yang dihadirkan oleh pemerintah. Mari mencoba dan buatlah perubahan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *