Biografi Amancio Ortega, Pemilik Zara

Biografi Amancio Ortega, Pemilik Zara

Mari membahas biografi Amancio Ortega sejenak. Bagi para pecinta dunia fashion merk Zara pasti sudah sangat familiar. Merk Zara sudah dikenal para penggila fashion di seluruh dunia. Pemilik dari merk terkenal ini merupakan orang biasa yakni Amancio Ortega. Pendiri sekaligus pemilik Merk Zara Fashion ini di usia 13 tahun harus merasakan pahitnya putus sekolah. Meski begitu Oretega sekarang mempunyai kekayaan yang mencapai angka US$ 57 miliar. Tidak heran jika ia berhasil menduduki posisi sebagai orang terkaya nomor tiga di dunia.

Tepat pada tanggal 28 maret 1936 di Spanyol Amancino Ortega lahir dari keluarga yang miskin. Tak heran saat Ortega di usia anak sekolah tidak pernah mendapatkan pendidikan formal yang layak. Masalah ekonomi keluarga tersebut yang mengharuskan Ortega putus sekolah meski masih usia 13 tahun. Setelah putus sekolah ia pun akhirnya membantu kedua orang tuanya bekerja. Profesi sang Ayah hanya pekerja di rel kereta api, sedangkan sang ibu seorang asisten rumah tangga. Ingin tahu lebih lengkap, mari simak biografi Amancio Ortega berikut.

Kisah Kehidupan Ortega

Pada ulasan pertama biografi Amancio Ortega yang pertama adalah tentang kisah hidupnya sejak kecil. Di usia yang masih terbilang sangat belia, dimana anak seusianya masih mengenyam pendidikan di bangku sekolah, Amancio Ortega harus bekerja sebagai pengantar di tempat pembuatan pakaian mewah. Hal tersebut terjadi tepat saat 13 tahun setelah ia putus sekolah.

Lambat laun ia pun dijadikan asisten penjahit di tempatnya bekerja. Dari situlah ia menyerap segala ilmu bagaimana menjahit yang baik. Ia pun secara tidak langsung juga belajar alur proses produksi. Bagaimana cara  distribusi pakaian dari pabrik sampai toko. Hingga Ortega pun belajar pentingnya memberikan baju pada konsumen tanpa adanya distributor.

Baca Juga:  Michael Bloomberg, Pemilik Bloomberg L.P.

Pelajaran mendasar tersebut ia jadikan prinsip utama untuk meraih kesuksesannya sekarang di Zara. Dicarinya cara yang cocok dan pas untuk mengendalikan semua tahapan produksi tekstil dengan tujuan memangkas biaya. Juga sebagai cara untuk memproduksi pakaian dalam waktu yang lebih singkat. Berhenti dari asisten penjahit, Ortego ikut kedua saudara kandungnya bekerja di salah satu toko pakaian yang sedang berkembang. Ia menjadi salesman di sana.

Masuk tahun enam puluhan Ortega menjabat sebagai manajer di salah satu perusahaan baju lokal. Ia menyadari satu hal saat itu, hanya orang kaya yang bisa membeli baju yang bagus dan berkualitas. Akhirnya, Ortega bersama dengan wanita bernama Rosalia Mera, dan kedua saudara kandungnya mulai membuat baju murah yang tetap berkualitas.

Toko Pertama Ortega

Sembari menjahit baju bersama saudara dan Mera, pada saat itu Ortega pun jatuh cinta dengan Mera dan menikah di tahun 1966. Bersama sang istri ia pun kembali menjahit baju sendiri. Lama kelamaan mereka mempekerjakan orang untuk menjahit semua desain baju yang dibuat sendiri dan berdirilah toko pertama Ortega.

Toko pertama Zara didirikan tepat di depan toko perbelanjaan penting di Spanyol tepatnya pada tahun 1975. Didukung dengan tempat strategis bisnis tersebut maju dengan pesat. Apalagi prinsip Ortega yang memproduksi baju murah berkualitas.

Masuk tahun 1989 Ortega  telah membuka hampir mencapai 100 toko Zara di Spanyol. Sementara sekarang ini, sudah berdiri lebih dari 1.700 toko Zara di 86 negara dan tersebar di enam benua.

Milyarder Misterius

Biografi Amancio Ortega ini juga mengulas pribadi Ortega yang super misterius. Pendiri Zara ini termasuk salah satu orang yang sangat misterius. Kehidupan pribadi Ortega hampir tidak terjamah oleh media. Baik kerabat maupun perusahaannya sendiri sangat sedikit membagikan informasi tentang sosok pebisnis satu ini.

Baca Juga:  Wanita Indonesia Yang Menginspirasi Dengan Prestasinya Yang Cemerlang

Bahkan, foto yang beredar di media hanya ada satu saja dan muncul pertama di tahun 1999. Itupun karena adanya laporan keuangan tahunan keuangan perusahaannya. Meski begitu sedikit demi sedikit foto Ortega mulai bertambah karena adanya paparazzi.

Selain itu, Ortega hanya membatasi hanya 3 wartawan saja yang bisa mewawancarainya. Ia juga sangat jarang datang ke acara yang digelar di kantor. Parahnya, Ortega sampai menolak Pangeran Spanyol Felipe. Saat itu Pangeran Felipe datang ke salah satu perusahaan baju multinasional yang memiliki 60% saham Ortega. Pangeran Felipe hanya bertemu dengan satu wakil dari Ortega.

Saat penghujung tahun 2012 Ortega pun diketahui membayar sebesar US$ 500 ribu pada paparazzi agar foto anaknya tidak tersebar luas di media. Ceritanya saat itu anak Ortega yang bernama Marta sedang berbulan madu bersama suaminya. Di samping itu, Ortega pun dalam berpakaian sangat sederhana sehingga tidak akan banyak orang yang tahu jika dia seorang milyarder ternama.

Gaya khas Ortega selalu menggunakan blazer berwarna biru dengan kemeja putih dan celana abu-abu. Lucunya, baju yang dikenakan bukan merk Zara. Ortega selalu pergi ke kedai kopi yang sama setiap harinya dan tidak pernah melewatkan makan siang bersama para karyawannya di kantor.

Keunikan Amancio Ortega dan Zara

Bagi para karyawannya meski Ortega seorang bos besar, ia dikenal sangat ramah. Selalu mau berbicara dengan para karyawan hingga makan bersama. Keunikan yang tidak bisa dilupakan adalah saat ia menjual saham Inditex di tahun 2001, kemudian ia dinyatakan sebagai orang terkaya di Spanyol, Ortega hanya menonton TV selama 15 menit dan bekerja seperti biasanya tanpa ada perayaan besar. Setelah melihat tayangan ia dinyatakan sebagai orang terkaya, Ortega kembali ke kantor untuk makan siang.

Baca Juga:  Menikah itu adalah Proses Seumur Hidup bagi Semua Pasangan

Kehidupan Pribadi Amancio Ortega

Biografi Amancio Ortega ini juga akan membahas tentang kehidupan pribadinya. Amancio Ortega menikahi wanita bernama Rosalia Mera di tahun 1966. Dengan istrinyalah ia mendirikan Zara dari nol dengan kerja keras mereka sendiri. Dari pernikahannya tersebut Ortega memiliki dua orang anak. Sandra adalah anak pertamanya yang sekarang ini memiliki kekayaan mencapai US$ 1,1 miliar.  Anak kedua Ortega bernama Marcos dan sangat disayangkan menderita cacat mental sejak lahir. Hal itu menjadi salah satu pukulan besar bagi Ortega.

Di tahun 1983 Mera kembali memberikan anak bernama Marta. Anak ketiga Ortega ini sekarang menjadi salah satu karyawan di Inditex. Tanpa diduga di tahun 1986 Ortega dan Mera pun memutuskan untuk bercerai.

Masuk tahun 2001, Ortega memutuskan untuk menikahi flora Perez Mercote yang merupakan karyawannya sendiri.  Kini Ortega tinggal berdua dengan istrinya di sebuah apartemen yang terletak di dekat pelabuhan utama Benua Atlantik. Ia  membangun tempat latihan berkuda sendiri karena sang istri sangat mencintai kuda. Hotel terbaik di Amerika Serikat yakni The Epic Residences & Hotel di Miami, Florida juga masih milik Ortego.

Torre Picasso di Madrid pun menjadi milik Ortega. Bangunan yang memiliki tinggi 515 kaki itu dibeli dengan harga sebesar US$ 536 juta. Untuk kendaraan pribadinya sendiri jangan ditanya lagi. Sedan mewah Audi A8 adalah tunggangannya sehari-hari. Ia juga memiliki pesawat jet pribadi yang merupakan salah satu pesawat jet termewah yang pernah ada.

Meski memang terkenal memiliki tampilan dan kebiasaan yang sederhana namun hidup mewah tentu tidak bisa dihindari dengan jumlah kekayaan yang fantastis. Nah, itu dia biografi Amancio Ortega yang menginspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *