Cara Mengatasi Grogi Saat Bicara Dengan Wanita

Cara Mengatasi Grogi Saat Bicara Dengan Wanita

Apakah kamu termasuk pria yang merasa grogi saat bicara dengan wanita? Tidak usah khawatir, karena hal semacam itu merupakan hal yang wajar bagi sebagian pria. Merasa grogi atau malu ketika berbicara dengan lawan jenis itu bukan hal yang buruk, bahkan baik dilihat dari sudut pandang agama, karena hal itu bisa dijadikan upaya untuk mengontrol tindakan agar tidak melewati batas.

Namun, jika grogi yang kamu rasakan itu sudah diambang kewajaran, maka  itu bisa merugikan dirimu sendiri. Kamu bisa mudah merasa minder tidak hanya ketika berbicara dengan wanita, tapi berbicara dengan siapapun yang kamu anggap lebih baik dari dirimu. Sebelum terlambat, maka cobalah untuk mengubah sifatmu menjadi lebih percaya diri.

Cara Mengatasi Grogi Saat Bicara Dengan Wanita
Sumber: PEXELS

Berikut ini 10 cara mengatasi grogi saat bicara dengan wanita yang bisa kamu praktikkan sekarang juga.

Tingkatkan Rasa Percaya Dirimu

Penyebab utama orang mudah merasa grogi yaitu kurang percaya diri. Hilangkan rasa kurang cakep, kurang pintar, atau merasa kurang sederajat ketika kamu berbicara dengan wanita. Berhenti membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain. Jadi katakanlah pada dirimu sendiri kalau kamu lebih hebat atau sama hebat dengan dia. Inilah langkah awal dalam menjalani cara mengatasi grogi saat bicara dengan wanita.

Cara Mengatasi Grogi Saat Bicara Dengan Wanita
Sumber: Pexels

Pelajari Sifat Wanita

Mempelajari sifat wanita juga bisa membantu mengurangi rasa grogimu ketika berbicara dengan mereka. Pelajari sifa sifat dasar mereka sudah cukup membantu. Jadi secara umum kamu bisa tahu topik apa yang mereka suka dan apa yang mereka tidak suka.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Pelajari Sifat Wanita
Sumber: Mega Restanti

Seringlah Berbicara Dengan Teman Wanita

Kadang yang bikin kamu grogi ketika berbicara dengan wanita yaitu kamu punya perasaan khusus kepadanya. Untuk kasus seperti ini, kamu harus melatih diri untuk belajar berbicara dengan teman-teman wanitamu yang lain atau dengan saudara dan kerabat wanitamu. Hal ini bagus untukmu agar rasa grogi bisa hilang ketika kamu merasa sudah terbiasa mengahadapi wanita.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Seringlah Berbicara Dengan Teman Wanita
Sumber: PEXELS

Perhatikan Penampilanmu

Bukan hanya wanita yang harus tampil memesonakan, pria pun sama. Seperti pepatah Jawa mengatakan Ajine raga saka busana, yang artinya harga diri seseorang pertama kali dilihat dari penampilan. Penampilan rapi dan aroma yang wangi pasti membuat orang orang di sekitarmu, tidak hanya wanita namun juga siapapun yang berbicara dengan anda, lebih bisa menghargaimu.

Menjaga penampilan bukan berarti harus mengubah kondisi fisik kamu. Ubahlah cara kamu berpakaian menjadi lebih rapi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Perhatikan Penampilanmu
Sumber: PIXABAY

Buat Dirimu Senyaman Mungkin

Ketika kamu berbicara dengan wanita buat dirimu senyaman mungkin. Posisi bicara juga bisa membuat kamu merasa grogi. Jika kamu merasa tidak nyaman berbicara dengan wanita dengan posisi berdiri karena kamu bisa terlihat lebih grogi, maka sebaiknya ajaklah teman wanitamu untuk duduk.

Posisi duduk juga berpengaruh. Posisi duduk bersampingan bisa meningkatkan rasa grogimu ke level yang lebih tinggi dan membuatmu tidak fokus pada topik yang dibicarakan. Usahakan untuk duduk berhadapan, sehingga kamu bisa lebih leluasa bergerak untuk mengurangi dan menutupi rasa grogimu.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Buat Dirimu Senyaman Mungkin
Sumber: Pixabay

Keluarlah Dari Zona Nyamanmu

Belajar bersosialisasi merupakan cara yang ampuh untuk mengatasi rasa grogi, khususnya ketika berbicara dengan wanita, maka keluarlah dari zona nyamanmu dan mulailah berinteraksi dengan orang orang disekitarmu.

Rasa grogi bisa juga disebabkan oleh kebiasaanmu yang mengurung diri sendiri, dan asyik dengan dirimu sendiri. misalnya, kamu lebih suka menghabiskan waktu luangmu untuk bermain online game dan menyapa teman-temanmu di dunia maya dari pada berinteraksi dengan teman-temanmu di dunia nyata. Oleh karena itu, mulai saat ini, keluarlah dari tempat persembunyianmu dan mulailah bergaul dengan teman-temanmu. Dengan berinteraksi dengan berbagai karakter manusia bisa memberikan referensi yang banyak untukmu, sehingga kamu bisa lebih percaya diri saat berbicara dengan wanita.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Keluarlah Dari Zona Nyamanmu
Sumber: PEXELS

Tersenyumlah

Jika kamu merasa grogi dan malu ketika berbicara dengan wanita maka tersenyumlah. Belajarlah untuk tersenyum ketika bertemu dengan teman wanitamu sebagai tanda kalau kamu mengenalinya dan mencoba bersikap ramah terhadapnya. Ketika kamu sudah terbisa tersenyum dengannya, perasaan grogi bisa hilang seiring dengan berjalannya waktu. Karena kamu sudah mulai terbisa melihat dia membalas senyumanmu.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Tersenyum
Sumber: Pexels

Berani Memulai Pembicaraan

Rasa malu itu tidak akan bisa hilang dengan sendirinya tanpa usaha. Jika kamu terus diam dan menghindar ketika bertemu dengan wanita yang kamu inginkan maka kamu harus bersiap diri untuk kehilangan dia.

Cobalah untuk memberanikan diri untuk memulai pembicaraan. Awali pertemuanmu dengan senyuman dan lanjutkan dengan membuka topik pembicaraan. Jika kamu belum mengenalnya, maka mulailah dengan memperkenalkan dirimu terlebih dahulu. Namun jika dia adalah teman kerjamu, maka buka topik pembicaraan tentang kehidupan di tempat kerja, atau berita yang lagi hangat ditempat kerjamu. Hindari membuka pembicaraan langsung mengenai perasaanmu karena itu bisa menjadi bom yang menghancurkan usaha awalmu. Bersikaplah selayaknya seorang teman, dan buatlah dirimu dan dia merasa nyaman ketika berbicara.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Berani Memulai Pembicaraan
Sumber: PIXABAY

Berpikirlah Positif

Tentunya kita selalu berpikir berkali-kali sebelum melakukan atau bertidak sesuatu. Namun memikirkan apa yang belum kita lakuan bisa menimbulkan rasa takut dan pikiran yang tidak baik di dalam rencana kita. Ada baiknya kamu kesampingkan kemungkinan kemungkinan negatif tersebut, dan lebih mengutakan hal hal yang positif yang mungkin terjadi. Dengan begitu, apa yang kamu pikirkan dan lakukan bisa berjalan dnegan baik. Dan biasanya jika rencana kamu berjalan dengan baik, maka perasaan grogi pun ikut menghilang sedikit demi sedikit.

Hilangkan perasaan ’takut ditolak’ dalam dirimu karena ketika kita sudah memutuskan untuk memulai pembicaraan, kemungkinan jawaban hanya ada dua, diterima atau ditolak. Ketika kamu ditolak, bukan berarti itu adalah perjuangan terakhirmu. Seperti pepatah mengatakan, ‘kegagalan adalah awal dari kesuksesan’. Oleh karena itu, jika kamu hanya mengalami kegagalan sekali, itu adalah awal dari usahamu. Jangan membiarkan kegagalan itu menumbuhkan rasa takut di hatimu, jadikan itu sebagai motivasi terbesar untuk terus berjuang.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Berpikirlah Positif
Sumber: PIXABAY

Amati Temanmu

Jika kamu masih merasa grogi untuk berbicara berdua dengan seorang wanita, meskipun dia hanya teman biasa maka ajaklah teman-temanmu yang lain untuk berbincang bersama-sama. Manfaatkan moment tersebut untuk mengamat bagaimana teman-temanmu bisa santai ketika berbicara dengan wanita. Hal yang bisa kamu pelajari dari temanmu yaitu topik apa saja yang bisa membuat wanita tertarik dengan pembicaraan kita dan bagaimana cara menyampaikan pendapat kita dengan benar sehingga tidak merusak suasana bahkan tidak membuat wanita ill-feel ketika berbicara dengan kita.

Mengatasi Grogi Saat Bicara, Amati Temanmu
Sumber: PEXELS

Demikian tadi tips cara mengatasi perasaan grogi ketika berbicara dengan wanita yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-harimu. Ada baiknya sifat grogi ketika berbicara dengan wanita bisa dihilangkan karena bisa membuat kamu tertekan dan terbebani. Karena sebagai makhluk sosial kita tidak bisa lepas dari makhluk cantik yang disebut wanita. Mulailah dengan cara berinteraksi dengan orang orang terdekat seperti ibumu, saudaramu, kerabatmu, atau sahabatmu.

Bagaimana? Mudah kan menjalani cara mengatasi grogi saat bicara dengan wanita?

Baca Juga:  Bukan Hanya Janji Manis yang Tak Berarti, Buktikan Cintamu dengan Menikah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *