Ciri-Ciri Orang Sukses, 10 Kisah Orang Sukses Yang Menginspirasi di Indonesia

Ciri-Ciri Orang Sukses, 10 Kisah Orang Sukses Yang Menginspirasi di Indonesia

Indonesia tak pernah kekurangan sosok inspiratif, mulai dari Eyang Habibie dengan kejeniusannya yang sudah diakui dunia hingga berbagai sosok muda yang muncul  belakangan. Bagi Anda yang masih merintis dan memupuk pengalaman, tentu memerlukan motivasi dan inspirasi dari orang-orang sukses tersebut. Nah, berikut ini beberapa ciri-ciri orang sukses dan kisah mereka yang telah menginspirasi Indonesia.

Bob Sadino

Pengusaha bernama lengkap Bambang Mustari Sadino ini sangat terkenal di Indonesia dengan quote dan pemikiran-pemikiran nyelenehnya. Beliau termasuk salah satu pengusaha yang harus jatuh bangun membangun bisnisnya sebelum mendapatkan kesuksesan.

Bosan menjadi pegawai selama 9 tahun, Bob Sadino berusaha banting setir menjadi pengusaha. Mulai dari bisnis penyewaan mobil, hingga akhirnya berlabuh pada bisnis ternak ayam dan telur ayam negeri. Bob Sadino mendirikan Kem-Chicks sebuah supermarket yang khusus menjual produk peternakan dan pertanian. Meski sudah sangat kaya raya, penampilan Bob Sadino tetap sederhana dan tidak neko-neko.

Bob Sadino
Sumber: Instagram

Susi Pudjiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan 2015-2019 yang satu ini juga termasuk salah satu ciri-ciri orang sukses. Meski putus sekolah, tak lantas membuat semangatnya putus begitu saja. Di usianya yang sangat belia ia memutuskan untuk memulai bisnis pengepul ikan di Cirebon.

Perlu waktu 13 tahun bagi Susi Pudjiastuti hingga mencapai level salah satu eksportir olahan laut terbaik di Indonesia. Ia mendirikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dan memasarkan produk olahan lautnya hingga ke Asia dan Amerika. Tidak puas hanya menguasai satu bidang, Bu Susi menemukan peluang bisnis saat ia memerlukan pesawat sebagai transportasi pengangkut produknya.

Ia mendirikan Susi Air yang berada di bawah PT ASI Pudjiastuti Aviation yang berfokus pada penyewaan pesawat. Hingga saat ini, Susi Air memiliki 50 armada pesawat berbagai jenis dengan 200 lebih destinasi tujuan domestik di Indonesia.

Susi Pudjiastuti
Sumber: Instagram

Johnny Andrean

Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar nama di atas? Mungkin kebanyakan dari kita akan langsung merujuk salon eksklusif yang menggunakan nama yang sama. Johnny Andrean merintis bisnis salonnya pada 1980 di sudut kota Jakarta Utara. Usaha salonnya semakin menggurita dan terkenal di mana-mana namun tak membuatnya berpuas diri.

Johnny mencoba merambah bisnis kuliner dengan membuka franchise BreadTalk di Indonesia. Tak puas hanya dengan satu bisnis bakery yang kini sudah cukup terkenal itu, Johnny merancang bisnis franchise baru dengan nama J.Co Donuts & Coffee. Kedua merek franchise tersebut kini sudah mendunia dan dapat Anda temukan di mana saja.

Martha Tilaar

Sariayu Martha Tilaar adalah salah satu merek perintis bisnis kosmetik di Indonesia. Kesuksesan di balik Martha Tilaar grup tentu tak lepas dari perjuangan sang pendiri. Setelah lulus dari Campus Beauty Salon, Univesitas Indiana Martha bertekad untuk mendirikan salonnya sendiri. Ia mulai meracik produk-produk kecantikan untuk dipasarkan.

Sempat ditolak beberapa pusat perbelanjaan tak membuatnya menyerah. Saat ini bisnis Martha Tilaar grup sudah memiliki 12 anak cabang perusahaan dan memiliki gerai kosmetik di berbagai kota di Indonesia.

Martha Tilaar
Sumber: Instagram

Sandiaga Salahuddin Uno

Anda tentu tak lagi asing dengan nama mantan calon wakil presiden yang satu ini, bukan? Sebelum memutuskan terjun ke dunia politik pada Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2016 lalu, Sandi sudah terkenal dengan bisnisnya yang terbilang sangat sukses. Bahkan majalah Forbes sempat mencantumkan namanya sebagai salah satu orang terkaya di Indonesia.

Meski menyandang nama keluarga Uno, bukan berarti perjalanan bisnis Sandi dapat berlangsung lancar. Mendapatkan privilege dengan berkuliah di Wichita State University dan lulus berpredikat summa cumlaude bahkan tak memastikannya bertahan di tengah krisis moneter pada tahun 1997. Perusahaan tempat ia bekerja bangkrut dan Sandi harus pulang ke Indonesia dengan status pengangguran.

Mendapatkan badai sekuat itu tanpa aba-aba bukan membuatnya menyerah. Sandi justru menemukan perspektif baru dan merubah haluannya menjadi pengusaha. Dengan beberapa koneksi bersama teman-temannya pada 1998, Sandi mendirikan PT Saratoga Investama Sedaya yang bergerak di bidang pertambangan, telekomunikasi dan produk kehutanan.

Hingga tahun 2009 saja, PT Saratoga Investama Sedaya sudah mengakuisisi 12 perusahaan besar yang ada di Indonesia. Salah satu nasihat Sandi saat berbisnis adalah berani mengambi risiko untuk mendapatkan kesempatan dan peluang yang lebih besar.

Sandiaga Salahuddin Uno
Sumber: Instagram

Nadiem Makarim

Menggebrak dunia transportasi Indonesia, Gojek tak bisa dilepaskan dari usaha pendirinya, Nadiem Makariem. Meski masih berusia muda, gagasan dan inovasinya dalam berbisnis patut diacungi jempol. Setelah beberapa kali menjadi karyawan di perusahaan ternama, pada 2015 Nadiem meluncurkan aplikasi Gojek.

Aplikasi ini konon muncul sebagai solusi tidak produktifnya tukang ojek karena hanya mangkal di satu tempat. Saat ini Gojek semakin berkembang bahkan hingga ke Thailand, India dan Singapura. Berbagai layanan dan inovasi lainnya juga terus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.

Baca Juga: Kunci Sukses Nadiem Makarim Sang Pendiri Gojek

Nadiem Makarim
Sumber: Instagram

Ferry Unardi

Sempat bekerja di Microsoft setelah lulus S1, tak membuat Ferry mudah puas. Ia justru keluar dari pekerjaannya dan memutuskan untuk melanjutkan studi di Harvard. Saat kuliah inilah ia tertarik untuk mengembangkan start up berbasis pencarian tiket pesawat untuk memudahkan orang banyak.

Ide ini membuat Ferry merilis Traveloka yang kini tidak hanya melayani reservasi tiket pesawat saja, namun juga hotel hingga tiket kereta api dan bus. Tak heran jika saat ini ada banyak perusahaan yang mendanai Traveloka dengan modal ventura karena nilai investasinya yang menjanjikan.

Ferry Unardi
Sumber: Phinemo Dot Com

Amry Gunawan

Siapa yang tak kenal brand hijab Rabbani? Menjadi pelopor nomor satu jilbab instan di Indonesia membuat brand yang satu ini menjadi primadona. Amry Gunawan, pemilik Rabbani justru memulai bisnis ini dengan cara menjajakannya dari rumah ke rumah. Pada tahun 2000 permintaan jilbab meningkat tajam dan membawa Rabbani ke titik kejayaannya.

Berbagai inovasi dan pengembangan produk terus ia lakukan hingga dapat bertahan selama hampir 20 tahun di dunia industri pakaian muslim. Saat ini gerai Rabbani bisa Anda temukan hampir di setiap kota-kota besar di Indonesia. Salah satu ciri-ciri orang sukses adalah berani berinovasi dan terus mengembangkan diri.

Taqy Malik

Jika sebelumnya kita bicara pengusaha papan atas dengan omset triliunan rupiah, kali ini ada salah satu pengusaha muda milenial yang semakin sukses dengan berbagai ide bisnis yang seolah tak ada habisnya. Taqy Malik yang dikenal dengan suara emasnya memiliki beberapa bisnis di bidang kuliner, kosmetik hingga agen travel umroh.

Di usianya yang bahkan belum genap 25 tahun, ia sudah mendapatkan omset miliaran rupiah dalam sebulan. Selain memiliki personal branding dan pasar yang tertarget, kualitas produk bisnisnya memang patut bersaing dengan brand yang telah ada di pasaran.

Taqy Malik
Sumber: Instagram

Wirda Mansur

Sosok puteri dari ustadz Yusuf Mansur ini sempat membuat heboh jagad maya karena muncul sebagai sampul Forbes edisi terbaru. Wirda termasuk salah satu milyuner muda Indonesia di usianya yang baru 21 tahun. Ada beberapa bisnis pakaian muslimah, kosmetik dan penerbitan buku yang ia geluti hingga bisa mendapatkan omset milyaran rupiah per bulannya.

Wirda Mansur
Sumber: Instagram

Itulah beberapa kisah orang sukses yang menginspirasi. Tak mudah menyerah, terus berinovasi dan mencari peluang adalah beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk menggapai kesuksesan.

Baca Juga:  Kata-Kata Bijak Laki-Laki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *