Fitur Terbaru Telegram dan Keunggulannya Dibanding WhatsApp

Fitur Terbaru Telegram dan Keunggulannya Dibanding WhatsApp

Aplikasi yang telah diunduh lebih dari 100 juta pengguna ini merupakan saingan terberat WhatsApp. Dalam jangka waktu tertentu Telegram berupaya untuk selalu mengupdate fitur-fitur agar tidak kalah dengan kompetitornya. Kini fitur terbaru Telegram tidak kalah dengan fitur yang dimiliki oleh WhatsApp.

Update Fitur Terbaru Telegram Versi 5.13

Menyambut pergantian tahun baru 2020, Telegram telah memperbarui dan menambah beberapa fitur untuk pengguna setianya. Hal tersebut dapat terlihat dari 7 update yang telah dikembangkan lebih lanjut. Apa sajakah itu?

1. Penjadwalan Pengiriman Pesan Terbaru

Fitur ini merupakan fitur tambahan yang ditawarkan oleh Telegram dimana pengguna dapat melakukan penjadwalkan pengiriman pesan. Penjadwalan pengiriman pesan tersebut di setting ketika penerima online kembali. Kondisi ini memungkinkan pengguna untuk menarik atau mengedit pesan tersebut sebelum terkirim.

Contohnya disini adalah pengguna A akan mengirimkan pesan tersebut dengan mengatur waktu pengiriman pukul 18:00 WIB ketika pengguna B online. Perlu diketahui bahwa sistem ini dapat berjalan ketika pengguna A mengetahui kapan pengguna B online. Jika waktunya tidak tepat, maka pesan tidak akan terkirim.

2. Custom Tema Sendiri

Salah satu update menarik dari Telegram adalah pengguna dapat melakukan custom tema chat secara bebas. Perubahan tema tersebut hanya mendukung perubahan warna gradien dan pola warna saja. Pengguna dapat merubah warna seperti background chat, my message hingga main color. Hasil yang sudah selesai secara otomatis akan tersimpan.

Setelah selesai mengedit tema, pengguna juga bisa melakukan share hasil editan tersebut ke orang lain. Menariknya adalah pengguna lain yang dikirimkan hasil editing tema tersebut juga bisa mengaplikasikannya secara langsung pada aplikasi Telegram pribadi. Kebebasan dalam menentukan warna ini jarang ditemukan di aplikasi chat lainnya.

Baca Juga:  Tak Perlu Kindle, 10 Aplikasi Ini Bisa Digunakan Untuk Membaca Ebook Di Hp Android Yang Wajib Diketahui

3. Kemudahan Pindah Mode Malam dan Terang

Kini pengguna diberikan kemudahan dalam berganti mode terang dan gelap secara praktis dan mudah. Pengguna sudah tidak perlu lagi mencari ataupun melakukan pergantian di menu setting pada versi sebelumnya. Di versi terbaru ini kemudahan berpindah mode tersebut dapat ditemukan pada pojok kanan atas menu navigasi.

4. Kemudahan Berbagi Lokasi

Seperti halnya WhatsApp, Telegram juga memperbarui fitur share location. Fitur terbaru telegram ini memudahkan pengguna dalam memilih lokasi yang akan dibagikan. Disini ada 3 opsi utama, yaitu berbagi lokasi saat ini secara real time, lokasi terdekat ataupun pemilihan lokasi manual. Masing-masing tentunya memiliki kepraktisan sendiri.

Share real time location artinya pengguna membagikan lokasi secara real time dan dapat bergerak ketika pengguna tersebut berpindah lokasi. Disini pengguna juga dapat mengatur durasinya, yaitu 15 menit, 1 jam atau 8 jam. Berbeda lagi dengan pemilihan lokasi terdekat yang memungkinkan bagi pengguna yang belum paham daerah tersebut.

5. Fitur Peta Gelap

Umumnya ketika ingin share location di aplikasi, peta akan berubah warnanya menjadi terang. Namun hal berbeda justru ditawarkan oleh Telegram. Pada mode malam, mode petanya juga berubah menjadi gelap menyesuaikan modenya. Jika mode berganti cerah, maka mode petanya akan mengikuti juga.

6. Dapat Memilih Kualitas Pengiriman Video

Jika biasanya video yang terkirim akan menyesuaikan dengan file sizenya, untuk kali ini sedikit berbeda. Pengguna dapat memilih ataupun mengatur kualitas video sebelum dikirimkan ke pengguna lainnya. Perlu dicatat bahwa fitur ini hanya dapat dijalankan ketika pengguna tersebut mengirimkan video secara langsung menggunakan aplikasi Telegram.

Jadi jika pengguna mengirimkan video dari berkas yang sudah ada sebelumnya, maka kualitas videonya tidak dapat dirubah. Fitur terbaru Telegram ini menjadi salah satu fitur yang belum ditemukan diaplikasi chat lainnya.

Baca Juga:  10 Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Mendunia di Apple dan Android

7. Fitur Slow Mode

Salah satu gebrakan baru yang ditawarkan oleh Telegram adalah fitur slow mode yang belum ditemukan pada kompetitornya. Aplikasi ini memungkinkan untuk membatasi waktu pengguna lain dalam membalas chat grup. Beberapa opsi durasi pada slow mode ini diantaranya adalah 10 detik, 30 detik, 15 menit, bahkan hingga 1 jam.

Dengan demikian, percakapan pada grup tersebut tidak didominasi orang itu saja, melainkan bisa keseluruhan. Adanya fitur ini juga dapat meminimalisir hal seperti spamming grup dan sejenisnya. Grup tentunya akan menjadi lebih efektif ketika digunakan.

Keunggulan Telegram Dibandingkan WhatsApp

Tidak dapat ditutup-tutupi lagi bahwasanya kedua aplikasi chat ini berlomba-lomba memberikan penawaran terbaik bagi penggunanya. Beberapa orang yang tadinya menggunakan WhatsApp kini juga mulai menggunakan Telegram. Ini dikarenakan adanya kelebihan yang dimilikinya tidak terdapat pada WhatsApp.

1. Menawarkan Penyimpanan Basis Cloud

Berbeda dengan WhatsApp yang penyimpanannya berada di memory internal dan memiliki resiko kehilangan data ketika ponsel tiba-tiba mati. Pada Telegram fitur penyimpanannya berbasis Cloud, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot dalam urusan backup dan restore data.

Pengguna bebas login ataupun log out tanpa perlu takut data akan hilang karena data akan tetap tersimpan di Cloud. Penyimpanan berbasis Cloud tersebut memiliki kapasitas hingga 1,5 GB untuk berbagai macam jenis file seperti video, text, gambar dan sebagainya.

2. Kapasitas Anggota Grup Lebih Banyak

Salah satu yang menarik dari fitur terbaru Telegram adalah peningkatan kapasitas grupnya menjadi lebih dari 200.000 anggota. Jumlah tersebut tentunya berkali-kali lipat lebih banyak dibandingkan WhatsApp yang hanya terbatas 256 anggota saja. Pembuatan grup pada Telegram terbilang efektif dan praktis untuk mengumpulkan orang-orang yang hendak reuni dan sebagainya.

Baca Juga:  Kunci Sukses Nadiem Makarim Sang Pendiri Gojek

3. Memiliki Fitur Secret Chat

Berbicara soal privasi, Telegram menawarkan fitur secret chat yang berguna bagi berbagai kalangan. Fitur ini dibuat antara perangkat pengguna A dengan B yang sangat aman dan tidak dapat diakses melalui perangkat lainnya. Fitur ini juga menawarkan auto deleted message ketika pengguna log out dari Telegram.

4. Dapat Mengunggah Beberapa Foto Profil

Umumnya foto profil pada aplikasi chat hanya satu saja seperti pada WhatsApp. Pada Telegram pengguna dapat mengunggah foto profil dalam jumlah yang tidak terbatas. Pengguna juga bisa mengganti foto profil secara mudah dengan memilih foto yang telah diunggah sebelumnya.

5. Menghapus Akun Secara Otomatis

Kehilangan ponsel memang hal yang tidak diinginkan oleh siapapun dan tentunya ada banyak akun penting yang belum terhapus. Dalam kasus ini, Telegram memiliki fitur menghapus akun pengguna secara otomatis dalam rentan waktu tertentu. Katakanlah ada pengguna yang tidak login selama 1 tahun, maka akun Telegram tersebut akan dihapus datanya.

Untuk melakukan setting tersebut, pengguna dapat mengaturnya melalui menu Pengaturan kemudian memilih Privasi dan Keamanan. Nantinya tinggal memilih pada menu Lanjutan dan setting di Hapus Akun Saya Jika Tidak Ada. Di sana ada beberapa pilihan seperti jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun.

Adanya fitur terbaru Telegram di atas membuat persaingan aplikasi chat semakin ketat antara satu dengan yang lainnya. Terlebih dengan keunggulan yang dimiliki Telegram ini membuat beberapa orang kemudian beralih ke aplikasi satu ini. Tidak mengherankan jika suatu saat aplikasi ini menjadi yang teratas dibandingkan dengan kompetitornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *