Gunung Mistis Di Jawa Yang Paling Menyeramkan

Gunung Mistis Di Jawa Yang Paling Menyeramkan

Mendaki gunung merupakan kegiatan yang paling disukai anak-anak muda jaman sekarang. Mereka pun tak segan-segan mengunggah aktivitas mendakinya di berbagai media sosial. Terkadang gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan pun mereka daki.

Berkaitan dengan banyak cerita atau legenda yang berkaitan dengan gunung yang ada di pulau Jawa, dibalik panorama yang indah, ternyata ada gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan. Dan banyak orang menjadi penasaran untuk membuktikan kebenaran cerita atau legenda mistis tersebut, seperti:

1. Gunung Salak

Di kawasan Sukabumi dan Bogor , Jawa Barat ini ada salah satu gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan. Yang ketinggiannya sekitar dua ribu dua ratus sebelas (2,211) meter diatas permukaan laut ini terdapat banyak makhluk gaib.

Puncaknya terdapat nisan yang dikenal sebagai makam mbah Gunung Salak. Yang membuat bulu kuduk merinding adalah larangan bagi perempuan untuk mendekati makam serta peringatan untuk berperilaku sopan saat mendaki gunung.

Kawah Ratu dan Curug Seribu yang menjadi bagian dari kawasan gunung Salak terkenal angker dan sudah menelan banyak korban. Dari yang keracunan belerang hingga tenggelam saat berenang di Curug tersebut. Bahkan banyak cerita mistis yang sampai sekarang belum terpecahkan, seperti;

  • Pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh menabrak gunung pada tahun Mei 2012 silam, yang menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawatnya.
  • Suara gamelan yang mengalun dari kejauhan tapi terdengar cukup dekat, yang bila didekati suara gamelan tersebut semakin menjauh dan berputar-putar.
  • Munculnya pasukan berseragam tentara Jepang dan berwajah pucat yang berbaris, kemudian menghilang tiba-tiba.

2. Gunung Gede Pangrango

Ketinggiannya mencapai dua ribu Sembilan ratus lima puluh delapan (2.958) meter di atas permukaan laut berada dalam lokasi Taman Nasional Gede Pangrango. Kawasan gunung ini meliputi tiga kabupaten di Jawa Barat, yaitu Sukabumi, Bogor dan Cianjur.

Banyak kisah mistis yang sering dialami para pendaki gunung ini, khususnya di lembah Mandalawangi yang ada di puncak Gede Pangrango. Dari sosok pria berpakaian kerajaan lengkap dengan kerisnya hingga suara harimau yang mengeram dan bikin bulu kuduk berdiri. Banyak pendaki yang dibuat tersesat, seperti berputar-putar saja jalannya.

Baca Juga:  Biografi Kate Middleton

3. Gunung Ciremai

Berada di antara tiga kabupaten di Jawa Barat yaitu Cirebon, Kuningan dan Majalengka. Ketinggian gunung ini mencapai tiga ribu tujuh puluh delapan (3.078) meter di atas permukaan laut. Sehingga termasuk salah satu yang tertinggi di pulau Jawa.

Dan terkenal sebagai salah satu destinasi wajib bagi pendaki di Indonesia, berkat keindahan panoramanya. Juga termasuk ke dalam kelompok gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan. Dari delapan (8) pos pendakian yang ada, tiga (3) diantaranya terkenal angker.

Derap suara pasukan berkuda bala tentara Jepang yang tewas bersama penunggangnya, sering melintasi hutan di dekat pos angker yang pertama. Dan yang kedua dikenal dengan nama pos Bapa Tere, merupakan tempat pembunuhan seorang oleh ayah tirinya. Serta yang ketiga, menurut cerita menjadi tempat pembuangan mayat para tawanan perang dan romusha pada masa penjajahan jepang.

4. Gunung Halimun

Bersebelahan dengan gunung Salak dan memiliki aura ghaib yang sangat kental sekali. Gunung ini dipercaya sebagai benteng pertahanan dari Kerajaan Prabu Siliwangi.

Konon banyak yang melihat penampakan harimau yang dikenal sebagai peliharaan Prabu Siliwangi. Ada sebagian dari wilayah gunung ini yang tidak boleh dilewati, karena kesakralannya bisa membahayakan mereka yang nekat melanggarnya.

5. Gunung Lawu

Salah satu gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan karena adanya pasar setan yang terkenal angker. Karena keriuhan suara seperti di dalam pasar dengan kabut yang tebal semakin membuat suasana mencekam dan membuat bulu kuduk merinding.

Gunung Lawu juga dipercaya sebagai wilayah perlintasan dari dan ke alam ghaib, sehingga sering terdengar suara dan kejadian di luar nalar saat melintasinya. Selain itu di gunung ini banyak terdapat makam raja-raja kerajaan kuno, yang tentu saja menambah daya mistis dari gunung ini.

6. Gunung Slamet

Selain medan pendakian yang begitu berat dan berbahaya, Gunung Slamet juga dikenal angker. Oleh karena itu gunung ini juga termasuk gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan. Salah satu pos pendakian yang dikenal dengan nama pos Samarantu (samar-samar ditungguin hantu) merupakan pos yang paling angker bagi para pendaki gunung Slamet.

Baca Juga:  Bukan Dongeng, Nyatanya 10 Anggota Kerajaan Ini Nikahi Rakyat Biasa

Ketinggian Gunung Slamet adalah tiga ribu empat ratus dua puluh delapan (3.428) meter di atas permukaan laut. Bertempat di lima kabupaten di Jawa Tengah yang meliputi wilayah Purbalingga, Brebes, Tegal, Banyumas dan Pemalang.

Konon sering juga ada penampakan kelelawar raksasa berkepala manusia yang bertengger di puncak pohon-pohon besar. Banyak orang yang berkunjung ke tempat ini untuk melakukan ritual pesugihan dan sejenisnya, sehingga semakin menambah aura mistisnya. Naga Cerek merupakan makhluk ghaib penunggu gunung Slamet yang sering meminta tumbal manusia, sebagai salah satu syarat mencari pesugihan.

7. Gunung Merbabu

Menempati 4 wilayah Kabupten di jawa Tengah, antara lain Boyolali, Magelang, Salatiga dan Ungaran. Ketinggian gunung ini mencapai tiga ribu seratus empat puluh lima (3.145) meter di atas permukaan laut, Dengan 3 jalur pendakian yang terkenal, yaitu Jalur Wekas, jalur kopeng Thekelan dan jalur kopeng Cunthel.

Sebaiknya ketika akan mendaki gunung yang disebut-sebut menyeramkan ini jangan sendirian. Banyak kejadian-kejadian tidak masuk nalar yang dialami para pendaki Merbabu ini, seperti penampakan makhluk halus dan suara-suara yang cukup bikin bulu kuduk merinding.

8. Gunung Merapi

Termasuk ke dalam gunung api teraktif di Indonesia yang juga menyimpan kemistisannya. Eyang sapu jagad dan Mbah Petruk dikenal sebagai penguasa alam ghaib Merapi ini. Bahkan sampai sekarang Keraton Kasultanan Ngayogjokarto Hadiningrat masih mengirimkan sesaji ke gunung tersebut.

Yang bikin merinding adalah keberadaan pasar Bubrah yang lokasinya cukup lapang sebelum puncak Merapi. Saat malam hari pasar ini sangat ramai dan gaduh, konon tempat tersebut merupakan pasar bagi makhluk gaib. Terkadang terdengar suara gamelan dan gending di sekitar pasar tersebut.

9. Gunung Sumbing

Gunung dengan ketinggian yang mencapai tiga ribu tiga ratus tujuh puluh satu (3.371) meter di atas permukaan laut. Berada di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Wonosobo, Temanggung dan Magelang. Salah satu pantangan ketika mendaki gunung ini adalah peserta mendaki haruslah genap.

Baca Juga:  Biografi Kate Middleton

Jadi ketika rombongan pendaki jumlahnya ganjil, maka akan digenapi oleh makhluk tak kasat mata penghuni gunung Sumbing. Terkadang muncul pocongan yang juga ikut mendaki bersama rombongan. Dan tempat yang dianggap paling seram adalah Pasar Watu yang aura mistisnya mampu mendirikan bulu kuduk.

10. Semeru

Tersohor dengan puncak Mahamerunya, gunung ini terletak diantara dua Kabupaten di jawa Timur, yaitu Lumajang dan Malang. Tingginya mencapai tiga ribu enam ratus tujuh puluh enam (3676) meter di atas permukaan laut. Selain menjadi gunung tertinggi di Pulau Jawa juga menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Sudah cukup banyak pendaki yang kehilangan nyawa dan hilang saat mendaki salah satu gunung mistis di jawa yang paling menyeramkan ini. Penampakan pocong dan sosok wanita saat mendaki puncak Mahameru akan mengiringi setiap langkah pendakian.

11. Gunung Penanggungan

Wilayah kabupaten Mojokerto dan Pasuruan, Jawa Timur memiliki gunung dengan ketinggian seribu enam ratus lima puluh tiga (1.653) meter di atas permukaan laut yang bernama Gunung Penanggungan. Termasuk salah satu gunung yang disucikan di pulau Jawa.

Dibalik keindahan panoramanya, menyimpan kemistisan yang luar biasa. Akan lebih terasa ketika memasuki hutan menuju puncaknya. Banyak lokasi yang cukup angker hingga tidak banyak orang mau mendekatinya. Salah satunya pos kolam renang yang dihuni mahkluk gaib berwujub wanita.

Pulau Jawa banyak sekali terdapat gunung baik yang masih aktif ataupun sudah mati. Selain itu aura kemistisan yang dimilikinya sangat kuat. Bahkan dapat membahayakan nyawa. Untuk itu sebaiknya berperilaku dan bertutur kata yang sopan serta mengikuti adat dan budaya lokal, ketika akan mendaki gunung tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *