Ini 15 Destinasi yang Menjadi Prediksi Wisata 2020 Terpopuler

Ini 15 Destinasi yang Menjadi Prediksi Wisata 2020 Terpopuler

Apakah Anda sudah mendapatkan ide traveling untuk tahun 2020? Seiring pergantian tahun, tren wisata pun turut mengalami perubahan. Di masa depan, ecotourism tak lagi menjadi prioritas rekreasi. Bahkan, instan trip nyaris dikesampingkan.

Menurut studi booking.com, salah satu prediksi wisata 2020 adalah besarnya peran teknologi terhadap rencana perjalanan seseorang. Situs ini mengungkapkan, sekitar 29% wisatawan global dari berbagai negara memilih bantuan komputer untuk menyusun itenerari. Kecerdasan buatan akan memengaruhi travelers dalam memilih transportasi dan akomodasi.

Tren berikutnya mengenai destinasi wisata. Berdasarkan hasil survei booking.com, tidak kurang dari 47% wisatawan ingin mengunjungi keajaiban dunia. Sementara itu, yang mempertahankan eco-tourism sebagai tujuan utama hanya 34%.

Penelitian dari booking.com juga membuktikan; pusat kebudayaan dan destinasi travelers di masa kecil ikut menjadi tren. Lalu, destinasi mana sajakah yang sesuai dengan prediksi wisata 2020? Simak ulasan berikut ini.

Labuan Bajo

Labuan Bajo
Sumber: Instagram

Tahun lalu, pengunjung Labuan Bajo mencapai lebih dari 82.000 orang. Jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah di tahun 2020. Apalagi, didukung dengan layanan bebas visa untuk beberapa negara. Pun karena adanya penerbangan langsung ke Labuan Bajo dari Jepang, Cina, Malaysia, serta Singapura.

Labuan Bajo dengan segala keunikannya menyuguhkan beberapa tempat wisata tersembunyi yang layak dikunjungi. Semisal, Pulau Komodo; sejak dulu sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara. Kawasan ini menjadi habitat asli hewan purba satu-satunya di dunia.

Ada pula Pulau Rinca; salah satu destinasi wisata alam yang menawarkan panorama pantai berpasir putih. Di tempat ini, Anda bisa melihat padang sabana nan eksotis. Selain itu, Pulau Kalong, Pink Beach, Seraya, serta Air Terjun Cunca Wulang juga bisa menjadi lokasi terbaik untuk mengenang masa kecil.

Bandar Lampung

Pulau-pulau indah dan scuba diving di kawasan Bandar Lampung merupakan daya tarik utama provinsi ini. Bentang alam Lampung yang eksotis pun seolah menjadi magnet yang menarik perhatian wisatawan asing. Menurut studi Kementerian Pariwisata dan PT Telkom, jumlah pengunjung Bandar Lampung mencapai 8,8 juta orang. Angka ini melebihi jumlah kunjungan ke Bali; sekitar 8,5 juta.

Lalu, tempat wisata mana saja yang paling menarik di Bandar Lampung? Lokasi pertama adalah Pulau Pahawang. Dulu, pulau ini tergolong destinasi tersembunyi. Namun kini, Pahawang menjadi salah satu kawasan favorit untuk scuba diving atau sekadar menjelajahi perbukitan hijau.

Tempat yang tidak kalah menarik, yaitu Museum Lampung. Destinasi ini menyuguhkan koleksi benda bersejarah dan ragam budaya. Ada juga Monumen Tugu Siger; landmark paling populer di Kota Lampung.

Belitung

Anda pernah membaca novel Lasksar Pelangi? Belitung menjadi setting tempat utama dalam bacaan tersebut. Sejak saat itulah, Belitung semakin terkenal. Pasalnya, Andrea Hirata Sukses melukiskan keindahan pulau ini secara detail.

Pulau Belitung diprediksikan menjadi destinasi di tahun 2020 karena menawarkan pemandangan yang menakjubkan. Batu granit berjejer di sepanjang bibir pantai seolah membentuk formasi. Pasir putih dan laut biru pun terlihat sangat mengagumkan.

Salah satu pantai terindah di Belitung adalah Tanjung Tinggi. Di tempat ini terdapat bebatuan granit berukuran besar. Lautnya menampilkan gradasi warna biru kehijauan. Selain itu, juga tersedia warung-warung yang menjual aneka seafood.

Medan

Menurut data Skyscanner.co.id, Medan menjadi salah satu destinasi paling sering dikunjungi sepanjang tahun 2017. Bulan April sampai Juni merupakan waktu terfavorit bagi wisatawan untuk menyambangi Medan. Situs ini pun memprediksikan, pada tahun 2020, jumlah pengunjung kota tersebut semakin meningkat.

Baca Juga:  20 Pantai di Jawa Tengah yang Harus Kita Dikunjungi

Sesuai prediksi wisata 2020; destinasi budaya di Medan kelak menjadi pilihan sebagian besar wisatawan. Salah satunya adalah Masjid Raya Al Mashun. Bangunan ini menyuguhkan kekayaan arsitektur Eropa, Maroko, Timur Tengah, dan Melayu. Di samping itu, Istana Maimun dan Graha Santa Maria Annai Velangkanni juga tak luput dari perhatian travelers.

Ada juga kawasan pecinan; sentra kuliner di Medan yang murah meriah. Aneka masakan khas cina disuguhkan dengan kelezatan sempurna. Selain menikmati beragam kudapan, pengunjung pun bisa menyaksikan heterogenitas yang harmonis. Perbedaan adat, agama, dan budaya tidak menjadi halangan bagi mereka untuk menjalin persaudaraan.

Manado

Beberapa waktu lalu, Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Rakornas (Rapat Koordinasi Nasional) untuk membahas sasaran wisata tahun 2020. Hasilnya, ada 18 destinasi unggulan di Indonesia yang ditargetkan bisa menarik 17 juta wisatawan asing untuk melakukan kunjungan.

Manado merupakan salah satu kota tujuan wisata tahun 2020 yang diandalkan oleh Kementerian Pariwisata. Kawasan ini menawarkan beragam tempat rekreasi dengan pemandangan eksotis. Semisal, Taman Laut Bunaken; sejak tahun 2005 ditetapkan sebagai situs warisan dunia. Bunaken merupakan lokasi terbaik untuk melakukan berbagai macam olahraga air.

Museum Negeri Sulawesi Utara juga bisa menjadi destinasi terbaik untuk liburan tahun 2020. Ada 2.810 koleksi yang dipamerkan di tempat ini. Koleksi tersebut meliputi replika rumah tradisional, pakaian tradisional, benda antik, senjata perang, serta aneka peralatan rumah tangga.

Danau Toba

Sejak tahun 2016, Danau Toba menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia. Objek wisata ini dikembangkan dengan menambahkan beberapa fasilitas publik, semisal jalan tol, zona otoritas pariwisata, serta taman bunga. Renovasi bandara pun tak luput dari sasaran pengembangan.

Memasuki akhir tahun 2017, Danau Toba kembali dijadikan destinasi yang wajib dikunjungi pada tahun 2020. Pasalnya, danau vulkanik ini memiliki sejumlah spot unik dan eksotis. Mulai dari Pulau Samosir, Parapat, hingga panorama danau seluas 1.130 km2 atau 113.000 hektare.

Keunikan lain yang ada di kawasan Danau Toba adalah Pulau Samosir. Luas pulau ini hampir setara dengan Negara Singapura. Di kawasan tersebut terdapat pedesaan, pegunungan, dan air terjun. Selain menikmati keindahan alam di Samosir, pengunjung juga bisa mempelajari budaya Batak. Pun menyambangi situs bersejarah, salah satunya makam Raja Sidabutar.

Sabang dan Aceh

Pada tanggal 27 November sampai 5 Desember 2017 lalu, Pemerintah Daerah Aceh menyelenggarakan Sail Sabang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan kawasan Sabang sebagai destinasi unggulan di tahun 2020. Di samping itu, pemerintah juga berharap, acara tersebut bisa mendongkrak jumlah wisatawan yang mengunjungi Aceh.

Salah satu daya tarik di Sabang adalah taman bawah laut Pulau Weh. Konon, keindahannya nyaris menyaingi Raja Ampat. Selain itu, ada rumah pondok kayu yang unik di sekitar pantai Pulau Weh. Bangunan tersebut disewakan sebagai penginapan travelers dengan tarif bervariasi.

Tidak ketinggalan, Benteng Jepang Anoi Itam menjadi destinasi wisata budaya di Pulau Weh. Bangunan tersebut menyimpan sejarah masa lalu saat Indonesia masih dijajah Jepang. Meski bentuknya seperti tak terawat, banyak wisatawan yang tertarik mengunjungi tempat ini.

Lombok Mandalika

Soal keindahan, Pulau Lombok tak perlu diragukan lagi. Kawasan ini kerap menjadi tujuan wisata turis domestik dan mancanegara. Kini, dengan pengembangan yang dilakukan oleh pemerintah setempat, Lombok dijadikan sebagai destinasi tahun 2020.

Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo baru saja meresmikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika atau dikenal dengan Lombok Mandalika. Proses pembangunan KEK Mandalika berlangsung selama 29 tahun. Lokasinya berada di sepanjang Pantai Kuta, Pantai Tanjung  Aan, dan Pantai Seger. Pengunjung yang ingin menyambangi Lombok Mandalika, harus melewati Pantai Kuta sebagai gerbang utamanya.

Baca Juga:  Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali Yang Indah Dan Menawan

Adapun fasilitas wisata yang tersedia di kawasan Lombok Mandalika, antara lain Desa Adat Sade, Bukit Merese, dan Batu Payung. Pantai Serenting juga tak kalah menawan. Dari sini Anda bisa menyaksikan panorama laut, perbukitan, pasir putih, serta padang rumput nan hijau.

Tanjung Puting

Anda pernah ke Pulau Kalimantan? Tanjung Puting merupakan salah satu destinasi wisata antimainstream di sana. Kalau biasanya Anda pergi ke pantai atau pegunungan, kali ini mesti menyambangi orang utan di tengah hutan. Tahun 2020 mendatang, Tanjung Puting diyakini bakal lebih hits di dalam dan luar negeri.

Untuk melihat orang utan, setiap pengunjung bisa menyewa klotok. Kendaraan ini mirip dengan perahu kayu yang dijalankan menggunakan tenaga mesin. Nantinya, wisatawan akan diajak menyusuri sungai di sepanjang kawasan Tanjung Puting. Tur tersebut mungkin berlangsung selama sehari semalam. Karena itu, di dalam klotok tersedia kamar lengkap dengan tempat tidur.

Selain orang utan, di Tanjung Puting juga terdapat 30 jenis mamalia, 9 primata, 16 reptilia, dan lebih dari 200 burung. Adapun primata yang hidup di kawasan konservasi ini, antara lain bekantan, owa-owa, monyet, dan lutung.

Pulau Sumba

Pulau Sumba terletak di Nusa Tenggara Timur dengan luas wilayah 10.710 km². Titik tertinggi di kawasan ini adalah Gunung Wanggameti dengan ketinggian 1.225 mdpl. Sumba dikelilingi Samudera Hindia, Laut Sawu, dan Selat Sumba. Pulau ini memiliki banyak sungai, antara lain Wano Kaka, Pola Pare, dan Wai Ha.

Menawarkan panorama pedesaan, padang sabana, serta pantai yang eksotis, Pulau Sumba layak menjadi destinasi wisata tahun 2020. Danau Weekuri merupakan salah satu objek wisata unggulan di Pulau Sumba. Perairan ini adalah satu-satunya danau air asin di Indonesia.

Puru Kambera juga bisa menjadi tujuan wisata Anda di Pulau Sumba. Di tempat ini terdapat hewan-hewan yang dilepas liar. Meski panorama alam di Puru Kambera tampak gersang, nuansanya tenang dan meneduhkan.

Cina

Tahun 2020 mendatang, Cina menjadi salah satu destinasi wisata yang diandalkan. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak ini memiliki banyak tempat menarik. Salah satunya adalah Tembok Raksasa, satu dari tujuh keajaiban dunia. Panjang dinding tersebut sekitar 8.851 km; melintasi kawasan Pegunungan Tiongkok Utara.

Objek wisata lainnya adalah Kota Terlarang yang dibangun oleh Dinasti Ming dan Qing pada tahun 1406-1420. Luas kota ini sekitar 720.000 m2.  Ada 980 perumahan di kawasan tersebut. Semuanya diresmikan sebagai istana kuno terlengkap di dunia.

Kota Terlarang memiliki corak bangunan berlapis warna emas dan merah. Di dindingnya terdapat ukiran khas Cina. Sayangnya, tidak ada kegiatan yang bersifat budaya di kota tersebut. Sampai sekarang, Kota Terlarang hanya destinasi istana kuno tanpa penghuni.

Cina juga memiliki situs warisan dunia; Suzhou Gardens. Taman ini dinobatkan sebagai taman terindah di dunia. Di sini, pengunjung bisa melihat kolam yang berisi aneka ikan koi, bukit buatan, serta kumpulan pohon peach. Kurang lebih ada 80 taman klasik di Suzhou ini, salah satunya Humble Administrator’s Garden.

Korea Selatan

Korea Selatan identik dengan wisata landmark, istana kuno, bunga sakura, serta desa wisata tradisional. Istana Kerajaan Korea merupakan salah satu atraksi epik yang menyajikan peninggalan Dinasti Joseon. Di tempat terdapat pertunjukan tradisi kerajaan, reka ulang kehidupan pada masa Dinasti Joseon, serta ritual.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Daerah Solo Jawa Tengah Paling Populer

Anda juga bisa berkunjung ke Monumen Perang Korea yang luasnya 20 ribu meter persegi. Dulu, tempat ini menjadi markas tentara Korea Selatan. Untuk mengenang perjuangan mereka, dibangun sebuah museum. Di sini terdapat barang peninggalan perang. Selain itu, museum dilengkapi teknologi touchscreen sehingga memudahkan pengunjung dalam mencari informasi.

Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan dengan ibu kota Tokyo. Negeri sakura ini termasuk salah satu kawasan dengan teknologi tercanggih di dunia. Jepang membuat ribuan produk elektronik, kendaraan, serta mesin.

Namun, terlepas dari semua itu, Jepang memiliki puluhan destinasi wisata terindah. Bahkan, negara ini menjadi tujuan favorit wisatawan dari seluruh dunia. Salah satu kota yang paling sering dikunjungi travelers adalah Osaka. Terlebih saat musim semi; Osaka tidak pernah sepi.

Selain itu, ada Tokyo; kota metropolitan yang menawarkan surga belanja dan hiburan. Berbagai macam festival kerap diselenggarakan di kawasan ini ketika musim panas dan semi. Tak jauh dari Tokyo, terdapat objek wisata alam Gunung Fuji. Ketinggian gunung ini mencapai 3.776 mdpl. Saat musim semi, Gunung Fuji menjadi destinasi wajib bagi pencinta bunga sakura.

Italia

Italia diprediksikan menjadi destinasi terpopuler tahun 2020. Pasalnya, negara ini memiliki banyak bangunan bersejarah dengan arsitektur kuno. Sampai sekarang, properti epik tersebut masih berdiri tegak dan kokoh.

Bangunan kuno terpopuler di Italia adalah Colosseum, salah satu keajaiban dunia. Colosseum berdiri sejak tahun 72 Masehi. Kaisar Vespasian merupakan orang yang berjasa membangun tempat ini. Colosseum dikenal sebagai stadion sepak bola berkapasitas 55.000 orang. Ada 80 pintu masuk di gedung tersebut.

Ada pula Castel Sant’ Angelo yang menjadi makam Kaisar Romawi, penjara, barak militer, serta tempat tinggal Paus. Arsitektur bangunannya masih mempertahankan gaya klasik Eropa. Lokasi Castel Sant’ Angelo berada di tepi Sungai Tiber. Salah satu daya tarik utamanya adalah patung malaikat berbahan marmer yang menghiasi halaman Castel Sant’ Angelo.

Spanyol

Sebagai negara yang sarat budaya dan sejarah, Spanyol menyuguhkan berbagai destinasi wisata epik. Semisal, Kota Seville, jejak peninggalan Islam di Spanyol. Salah satu contohnya adalah Menara Giralda. Pada abad ke-12, bangunan ini digunakan sebagai masjid.

Bangunan yang tidak kalah indah, yaitu Mezquita. Semula, sekitar tahun 600-an, gedung ini digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristen. Namun, pada tahun 978, Dinasti Umayah menyulap gereja tersebut menjadi masjid. Setelah 300 tahun berlalu, tentara Katolik menguasai Cordoba. Saat itulah masjid tersebut kembali difungsikan sebagai gereja.

Medina Azahara juga menjadi bukti kejayaan Islam di Spanyol. Kota ini pernah menjadi pusat peradaban. Sampai sekarang, bangunan kuno di Medina Azahara masih dipertahankan bentuk aslinya. Namun, sebagian besar bangunan sudah rusak dan runtuh.

Selain wisata sejarah, Spanyol menawarkan destinasi pulau dengan pemandangan indah. Salah satunya Pulau Mallorca yang terletak di sekitar Barcelona. Lebih dari 70 pantai membentang di kawasan ini. Beberapa di antaranya merupakan pantai terbaik di Eropa. Magnet utama Mallorca adalah keunikan arsitektur bangunan tuanya, semisal Castillo Bellver.

Itulah lima belas destinasi yang menjadi prediksi wisata 2020 terpopuler. Tunggu apa lagi? Yuk, persiapkan traveling ke sana mulai sekarang!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *