Ini Tips Jitu Agar Diri Menjadi Lebih Rajin Menabung

Ini Tips Jitu Agar Diri Menjadi Lebih Rajin Menabung

Menabung adalah salah satu cara untuk menjaga pemasukan tetap berada didalam genggaman. Menabung memungkinkan seseorang untuk memiliki cadangan dana bila sewaktu-waktu ada kebutuhan mendadak. Nah bagaimana cara agar diri menjadi lebih rajin menabung? Mari belajar bersama dalam artikel ini.

Selain bisa menjadi uang cadangan ketika memiliki kebutuhan mendadak, menabung sendiri bisa melatih tanggung jawab dan sikap hemat seseorang. Dengan menabung, seseorang bisa lebih menghemat pengeluaran dan jumlah barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Menabung juga mampu membantu seseorang menjaga stabilitas perekonomiannya.

Perkara menabung memang banyak menguntungkan diri sendiri, namun kegiatan menabung memang agak sulit untuk direalisasikan. Keinginan membeli barang diluar kebutuhan atau enggan menyisihkan dana menjadi alasan utama seseorang tidak memiliki tabungan. Kemudian sikap masa bodoh juga membuat seseorang sulit memiliki tabungan loh, bagi sahabat yang ingin menabung mari simak artikel ini bersama.

1. Perhatikan Kebutuhan Harian

Pahami keadaan sahabat sebagai seorang pekerja, pelajar atau ibu rumah tangga sehingga bisa memposisikan diri dengan tepat. Apa saja yang harus dibeli, diinginkan atau dibutuhkan itu jelas harus bisa dipisahkan. Buatlah list untuk mengutamakan kebutuhan yang ada dan mengkesampingkan keinginan yang kurang penting.

Untuk bisa menabung, sahabat harus bisa mengalokasikan dana dengan cermat dan tepat. Jangan sampai gunakan dana untuk kebutuhan diluar hal-hal penting dan akhirnya tidak mampu menyisakan dana. Menyisihkan dana dari hasil gajian adalah hal wajib untuk seseorang bisa dikategorikan mampu menabung.

Sahabat bisa mulai dengan mencukupi kebutuhan primer terlebih dahulu seperti pembayaran uang sekolah, listrik dan penyediaan bahan pokok. Kurangi kebiasaan membeli barang-barang tersier seperti baju, sepatu atau aksesoris yang dijadwalkan wajib setiap bulannya. Selain akan mengakibatkan penumpukan barang, pemenuhan akan kebutuhan tersier sebenarnya tidak terlalu perlu dilakukan.

Baca Juga:  7 Fakta Tentang Pernikahan Victoria dan David Beckham Masih Memukau

2. Hitung Gaji Dengan Cermat

Perhatikan gaji total dan hitunglah setiap pemasukan pasti yang ada di setiap bulannya. Buatlah pembagian dan perencanaan gaji yang ada. targetkan agar pemakaian tidak akan melebihi gaji yang masuk atau ada. Jika perlu buatlah pembukuan atau catatan di buku terpisah untuk membuat perencanaan yang matang.

Dengan membuat catatan yang cermat dan terarah, sahabat bisa senantiasa mengecek sudah sampai mana kebutuhan atau pengeluaran ada. Catatan membuat sahabat bisa lebih berkaca, apakah selama ini sudah benar mengalokasikan dana atau belum. Pencatatan ini bila dilakukan secara berkala, pasti akan membawa manfaat lebih.

Kemudian, misal gaji sahabat adalah 4 juta rupiah, maka sisihkan langsung uang 1 juta rupiah untuk menabung. Gunakan 2 sampai 2,5 juta rupiah untuk mencukupi kebutuhan harian selama sebulan dan sisakan sisanya untuk dana cadangan. Upayakan untuk tidak sering menghabiskan waktu makan diluar, belajarlah masak untuk mengurangi pengeluaran hangout agar lebih rajin menabung.

3. Jangan Sering Hang-out

Cara agar diri menjadi lebih rajin menabung salah satunya adalah menahan diri sendiri untuk hangout keluar bersama kerabat atau pasangan. Alih-alih hanya berjalan-jalan melihat mall dan tidak membeli apa-apa, bisa saja malah berbalik menjadi kegiatan belanja yang kalap. Hindari terlalu sering hangout ke mall atau makan diluar rumah, seperti cafe atau restaurant.

Pembengkakan keuangan dan pengeluaran jelas akan semakin bertambah jika aktivitas ini tidak segera dikurangi atau bahkan dihentikan. Bukan berarti melakukan kegiatan refreshing dari penatnya kerja tidak diperbolehkan, namun kan semua harus ada batasannya. Buatlah jadwal satu bulan sekali atau dua minggu sekali untuk melakukan kegiatan diluar ruangan selain bekerja.

Dengan begitu, dana akan aman didalam dompet dan sudah tidak ada alasan untuk tidak bisa menabung bukan. Tolak lah baik-baik ajakan yang datang untuk menghamburkan uang kedalam hal yang tidak dibutuhkan. Sahabat tidak menutup lingkaran pertemanan, hanya saja membatasi hal-hal yang tidak diperlukan dan semua itu jelas ada manfaatnya.

Baca Juga:  Secangkir Kopi Penuh Gaya Dari Barista Tampan. 7 Barista Keren Yang Perlu Kita Tahu

4. Buat List

Buatlah list atau catatan mengenai keinginan atau pencapaian yang akan dicapai dengan tabungan yang ada. misalnya saja membuat tabungan untuk acara travelling ke luar negeri atau suatu daerah. Atau menabung karena ingin membeli kendaraan impian atau melanjutkan pendidikan.

Kemudian setelah membuat list fungsi tabungan itu diadakan. Sahabat bisa membuat data dana yang dibutuhkan untuk mencapai list keinginan itu. Kemudian catat dan jadikan penyemangat jika setiap kali lengah dan ingin melakukan pemborosan.

Membuat list bisa membuat sahabat menjadi lebih semangat dan tekun untuk mewujudkan keinginan yang ada. tulis list dalam papan tulis yang digantung di dinding kamar atau ruang kerja agar bisa menjadi motivasi setiap waktu. Setiap kali ingin menghabiskan dana di dompet, maka ingat dengan list yang ada agar tetap konsisten!

5. Buatlah Komitmen Extra

Manusia memang ladangnya malas dan salah maka dari itu tekan diri sendiri untuk bisa menabung dengan semangat ekstra. Buatlah komitmen pada diri sendiri bahwa menabung merupakan salah satu kewajiban. Jika masih kesulitan maka menabunglah di awal bulan ketika gaji baru saja didapat.

Jangan langsung berfoya-foya jika gaji sudah ditangan, langsung tabung dan alokasikan pada kebutuhan yang ada bukan hanya keinginan mata. Biasakan untuk bersikap dewasa dan cermat jika ingin tabungan segera sampai pada angka yang diinginkan. Berkomitmen lah bahwa menabung harus di nomor satukan dan mengisi keinginan mata atau diri menjadi nomor kesekian.

Upayakan untuk selalu langsung menyisihkan dana gaji untuk menabung dan jangan lakukan kegiatan menabung diakhir bulan dengan uang sisa. Jika sudah mampu konsisten dengan kegiatan menabung, sahabat mungkin bisa memberikan rewards pada diri sendiri. Misalnya dengan sesekali membeli coklat atau es kirm, tapi ingat jangan berlebihan!

Baca Juga:  Spesifikasi Dan Harga iPhone terbaru 2020

6. Siapkan ATM Khusus

Simpan atau pisahkan uang gajian yang digunakan untuk kebutuhan harian atau menabung. Pemisahan ATM ini bertujuan untuk menghambat sahabat untuk bertindak boros. Kemudian simpan ATM khusus tabungan itu ditempat yang tidak biasa dijangkau.

Jangan coba-coba untuk menggunakan ATM tabungan sebagai salah satu ATM untuk memuaskan kebutuhan atau sekedar keinginan. Taruhlah ATM di brangkas atau lemari rumah dan jangan simpan di dompet. Jika ingin aman, sahabat bisa loh menitipkan ATM kepada orangtua atau orang yang bisa dipercaya.

7. Buat Deposito

Jika sudah melakukan pemisahan ATM atau menyisihkan dana namun masih saja diam-diam menggunakannya maka buatlah deposito. Deposito memungkinkan seseorang untuk menyimpan uang di bank dengan tidak bisa mengambilnya dengan mudah. Alias sahabat harus menyimpan deposito dalam kurun waktu tertentu, misal 6 bulan, setahun atau beberapa tahun.

Jika uang sudah di deposito kan, meski sahabat membutuhkannya dan datang ke bank maka bank tidak mampu mencairkan uang sahabat. Dengan demikian maka uang akan terjaga dengan baik dan aman. Bagaimana ingin mencoba mendepositokan uang anda?

Ya diatas tadi adalah beberapa cara agar diri menjadi lebih rajin menabung yang bisa dijadikan referensi dan contoh. Lakukan semua kegiatan dalam hidup dengan kesadaran esktra, kemauan dan usaha kuat. Menabung tidaklah sulit, hanya alasan dan kemalasan yang membuatnya terasa sulit, mari berkomitmen dan lebih rajin menabung!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *