Kata-Kata Bijak Laki-Laki

Kata-Kata Bijak Laki-Laki

Hidup tak selalu menyenangkan karena tidak selalu sesuai keinginan. Tak jarang, seseorang bahkan laki-laki pun yang terlihat kuat membutuhkan motivasi yang didapat dengan cara bercerita kepada teman dan orang tua atau hal paling mudah dengan mencari kata-kata bijak. Berikut ini kumpulan kata-kata bijak laki-laki baik dari segi agama, cinta dan hidup yang cocok bagi laki-laki dengan masalahnya yang kompleks di zaman milenial ini.

1. Senakal-Nakalnya Laki-Laki, Dia akan Memilih Wanita yang Baik untuk Menjadi Ibu dari Anak-Anaknya (Mario Teguh)

Masa lalu yang kelam/gagal dari seorang laki-laki harus dihabiskan selama masih remaja atau perjaka. Jika masa itu telah dihabiskan yang tersisa hanya masa indah/mudah di masa depannya. Begitu pula dengan pola pikir seorang laki-laki. Begitu beranjak dewasa, laki-laki yang telah melewati masa “nakal” akan merasa bosan lalu sadar dan berusaha memperbaiki hidupnya termasuk mencari pasangan yang baik.

2. Jangan Risaukan Sesuatu yang Tidak Dimiliki. Tapi Risaukanlah Nikmat yang Tidak Disyukuri (Habib Mundziral- Musawa)

Nasehat di atas mengingatkan manusia untuk terus bersyukur. Mensyukuri apa yang dimiliki akan menambah nikmat lain yang akan diterima. Selain itu dengan bersyukur apapun akan terasa cukup. Berbeda dengan orang yang tidak bersyukur meskipun nikmat yang diterima telah melimpah namun tidak bersyukur maka akan terus merasa kekurangan. Jadi, jangan selalu melihat keluar tapi lihat apa yang ada di dalam.

3. Kepahitan Hidup yang Paling Pahit Ialah Berharap pada Manusia (Ali Bin Abi Thalib)

Kata-kata bijak laki-laki ini berasal dari Ali bin Abi Thalib seorang sahabat Rasul. Ali mengingatkan kita untuk tidak menaruh harapan pada manusia melainkan kepada Tuhan. Berharap pada manusia hanya akan berujung pada kekecewaan. Berbeda jika manusia hanya berharap pada Tuhannya, manusia tidak akan pernah kembali dengan kecewa melainkan kepastian.

Baca Juga:  Ciri-Ciri Orang Sukses, 10 Kisah Orang Sukses Yang Menginspirasi di Indonesia

4. Man Jadda Wajada (Ahmad Fuadi)

Kata bijak berbahasa Arab ini memiliki arti siapa yang bersungguh-sungguh akan berhasil. Orang yang bersungguh-sungguh dalam melakukan sesuatu selalu mendapat cara atau jalan yang tidak dilihat oleh orang yang tidak bersungguh-sungguh. Pikiran yang sungguh-sungguh akan membuka hati dan pikiran untuk menemukan cara-cara untuk mencapai apa yang diinginkan.

5. Tuhan Menciptakan Tangis Perempuan agar Laki-Laki Melupakan Tangisnya Sendiri (Sujiwo Tejo)

Kata-kata bijak laki-laki dari sastrawan Indonesia yang satu ini memang sangat mengena. Laki-laki harus tampil kuat dan tabah. Menurut Sujiwo Tejo, tangis perempuan mampu meredakan kesedihan laki-laki dan akan menyaadarkan bahwa ada wanita yang jiwanya lebih lemah dan membutuhkan sandaran.

6. Pelita Laki-Laki adalah Nurani sedangkan Harapan Perempuan adalah Bintang-Gemintang. Pelita Memberi Arah Terang Bagi Jalan sedangkan Harapan Memberi Jalan Keselamatan (Victor Hugo)

Pasangan yang akan terus bertahan hingga akhir hayat ialah laki-laki yang memiliki hari nurani sebagai petunjuk arah dan wanita dengan harapan tinggi sebagai pengiring perjalanan agar terus maju. Jadi, pasangan harus saling melengkapi agar terus dapat bertahan.

7. Semua Orang Punya Masalah dan Kamu Tidak Benar-Benar Sendirian

Saat mempunyai masalah teman curhat sangat dibutuhkan, memang tidak  selalu berujung pada sebuah solusi namun setidaknya dapat membuat kita lebih tegar dalam menghadapinya. Seorang lelaki terkadang lebih mengesampingkan hal ini padahal bercerita dapat menurunkan tingkat stres. Dan menyadari bahwa diluar sana masih banyak orang yang mempunyai masalah lebih besar dari pada masalah yang dihadapi diri sendiri.

8. Biarkan Kemudi Patah,  Biarkan Layar Robek. Itu Lebih Mulia Daripada Membalik Haluan Pulang (Buya Hamka)

Laki-laki dilihat pada harga dirinya. Pulang atau menyerah dalam nasehat di atas akan menghilangkan jiwa kesatria laki-laki. Jadi, bagaimanapun kondisinya jangan berputus asa. Kemudi yang patah dan layar sobek lebih baik sekalipun pada akhirnya gagal. Jiwa pejuang itulah yang akan dipandang tinggi baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

Baca Juga:  Perempuan Yang Sibuk Berkarir, Apa Kesalahan?

9. Bermimpilah Setinggi Langit. Jika Engkau Jatuh, Engkau Akan Jatuh Diantara Bintang-Bintang (Soekarno)

Presiden pertama RI juga menunjukkan kepada rakyatnya bagaimana seorang laki-laki seharusnya bersikap. Salah satunya pada nasehat populer ini. Sebagai manusia hanya bisa membuat rencana sedangkan Tuhan yang memutuskan. Tuhan akan memberikan apa yang dipikirkan oleh hamba-Nya. Jadi,  bermimpilah setinggi langit,  jikalau gagal, setidaknya akan terealisasikan satu tingkat di bawahya (diantara bintang-bintang). Namun, jika di awal sudah takut bermimpi atau bahkan tidak bermimpi sama sekali,  maka hidup hanya sebatas mimpi kecil itu bahkan di bawahnya.

10. Don’t Pray for Easy Life. Pray For the Strength to Endure the Difficult One (Bruce Lee)

Qoute dari Bruce Lee ini menyadarkan diri bahwa hidup bukan hanya soal hasil namun juga proses. Manusia yang kuat tidak akan berharap sesuatu yang instan. Maka berharaplah kuat melewati ujian atau proses hidup bukan meminta hidup yang mudah. Ketika telah mampu melewati masa sulit tentu akan mendapatkan hidup yang mudah.  Namun jika hanya meminta hidup yang mudah,  kualitas diri tidak akan meningkat atau bahkan tidak bermental baja.

11. Jika Kau Terlahir Miskin Itu Bukan Salahmu. Namun Jika Mati dalam Keadaan Miskin Itu Salahmu

Nasehat di atas sangat cocok untuk laki-laki karena sangat kental memotivasi seseorang untuk terus berjuang untuk sukses. Jangan malu jika terlahir miskin karena masih ada waktu untuk memperbaiki di masa hidup. Namun jika mati dalam keadaan miskin itu membuktikan bahwa seseorang telah gagal dalam berusaha selama hidupnya.

12. Martabat Seorang Laki-Laki akan Hancur dengan Sebuah Kebohongan (Immanuel Kant)

Kepercayaan senilai dengan harga diri. Sekali berbohong, seseorang sulit diberi kesempatan kedua. Ibarat gelas yang telah pecah maka akan sulit disatukan kembali. Apalagi laki-laki, turunlah harga dirinya jika telah berbohong. Tak ada lagi jiwa gentlement dalam dirinya untuk dijunjung.

Baca Juga:  Kata-Kata Bijak Penyemangat Hidup Saat Berada di Bawah

13. Jika Ahli Hukum Tak Merasa Tersinggung Karena Pelanggaran Hukum Sebaiknya Dia Menjadi Tukang Sapu Jalanan (Pramoedya Ananta Toer)

Sebagai seorang laki-laki, pantang mematahkan apa yang keluar dari mulutnya sendiri. Jadi, berhati-hatilah dalam berucap karena dapat kembali pada posisi diri sendiri. Sindiran dari Pram ini masih selaras dengan zaman sekarang.

14. Bermimpilah dalam Hidup, Jangan Hidup dalam Mimpi ( Andrea Hirata)

Andrea Hirata sekali lagi mengingatkan masyarakat Indonesia ini terutama untuk bertindak bukan sekedar bermimpi atau berencana. Sesempurna apapun sebuah rencana jika tidak dilaksanakan sama saja dengan nol. Jadi, jangan sampai terjebak dengan sibuknya menyusun rencana. Lakukan sekarang!

15. Tuhan sedang Tidak Ingin Dirimu Jatuh Cinta agar Kamu Bisa Mencintai Dirimu Lebih Lama (Boy Chandra)

Mencintai diri sendiri juga penting agar bisa mencintai lingkungan. Jika hidup berada dalam fase hati yang hambar, cobalah renungkan apakah telah mencintai keadaan diri dan bersyukur dengan apa yang telah dimiliki.

Itulah beberapa kata-kata bijak laki-laki yang cocok dengan permasalahan di zaman milenial ini. nasehat saja tidak cukup tanpa aksi. Apalagi, sesuai nasehat di atas, aksi lebih penting bagi laki-laki daripada omongan. Jadi, selesaikan masalah sesegera mungkin tanpa menunggu ada waktu, motivasi atau hal lain yang tepat. Semua tepat  jika tanpa ditunda. Selamat berjuang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *