Kata-Kata Bijak Penyemangat Hidup Saat Berada di Bawah

Kata-Kata Bijak Penyemangat Hidup Saat Berada di Bawah

Semua orang pasti pernah berada dalam kondisi di bawah, saat merasa lelah oleh kondisi hidup yang tak kunjung membaik. Kehadiran teman dan keluarga yang supportif akan sangat bisa membantu. Namun, untuk meningkatkan semangat tetap harus berasal dari diri sendiri. Beragam kata-kata bijak penyemangat hidup berikut bisa digunakan untuk menyemangati diri sendiri.

1. Berhenti Menyalahkan Keadaan (Wayne Dyer)

Fase pertama ketika kondisi hidup sedang berada di bawah adalah dengan berhenti menyalahkan keadaan. Seperti kata Wayne Dyer, bahwa menyalahkan keadaan hanyalah membuang-membuang waktu saja. Sebanyak apapun kesalahan yang dilimpahkan ke orang lain, tidak akan bisa mengubah keadaan yang sudah terjadi. Bagaimanapun menyalahkan keadaan dan orang lain adalah tindakan yang sia-sia.

Untuk itu lebih baik mulai fokus mengontrol apa yang bisa dilakukan tanpa harus menyalahkan kondisi sekitar. Kondisi dan sikap orang lain tentu tidak bisa dikontrol, tetapi apa yang diperbuat terhadap sikap orang lain itu masih bisa diatur. Yang paling utama adalah fokus untuk meningkatkan kualitas diri, tanpa perlu melihat orang lain.

2. Berani Ambil Risiko, Bermimpi, dan Berharap (Claude T. Bissel)

Claude T. Bissel pernah berkata untuk mengambil risiko lebih besar daripada yang dipikirkan orang lain. Begitu juga dengan mulai bermimpi lebih besar dari apa yang dimimpikan oleh orang lain. Kalimat dari Claude T. Bissel tersebut sangat cocok bagi orang yang sedang berada dalam kondisi di bawah hampir menyerah.

Merasa buntu terhadap kehidupan yang dijalani itu sudah sangat wajar. Yang dibutuhkan ketika mengalami kebuntuan dalam hidup hingga menghilangkan semangat dan tujuan hidup adalah kepercayaan untuk berani bermimpi. Seperti kata Claude T. Bissel, bermimpi yang lebih besar menjadi awal untuk percaya diri. Kemudian jangan pernah takut untuk menghadapi risiko.

3. Lakukan Hal yang Membuat Bahagia Sepenuh Hati (Harold Whitman)

Melakukan suatu hal setengah hati tentu akan menghasilkan karya yang setengah-setengah pula. Agar tidak melakukan hal setengah hati, sebaiknya lakukanlah hal-hal yang membuat hati bahagia. Setelahnya lakukan hal tersebut sepenuh hati. Dijamin, hasilnya tentu akan sangat memuaskan dan membanggakan.  Bagaimanapun kebahagiaan dalam mengerjakan sesuatu itu sangat penting untuk meraih hasil maksimal.

Baca Juga:  Percayalah, Orang-Orang Yang Meninggalkanmu Suatu Saat Akan Terbalaskan Dengan Rasa Penyesalan

Tentukan apa yang menjadi kekuatan dan talenta terbaik dalam diri. Fokuslah pada hal-hal tersebut dan kembangkan secara maksimal. Orang yang melakukan hal-hal yang disukainya tentu akan menjalaninya dengan ikhlas dan bisa menghasilkan hasil yang maksimal. Seperti kata Harold Whitman, bahwa yang dibutuhkan dunia ini adalah orang-orang yang antusias dengan pekerjaannya.

4. Jangan Pernah Menyerah walau Apapun yang Terjadi (Bryan Dyson)

Terkadang dalam hidup pasti merasakan adanya halangan atau rintangan yang menghambat. Rintangan ini menjadi tantangan dalam hidup yang dijalani. Yang perlu diingat, jangan pernah menyerah hanya karena ada halangan atau rintangan, sebesar apapun. Tetap berusaha meski usaha tersebut dirasa sangat kecil. Yang terpenting adalah untuk terus berusaha dan tidak pernah berhenti.

Terkadang bukan masalah besar atau kecilnya usaha yang dilakukan untuk menghadapi tantangan. Yang diperlukan adalah terus berusaha dan tidak menyerah akan keadaan membuat peluang untuk menyelesaikan masalah sebesar apapun tidak akan pernah hilang. Seperti apa yang dilakukan Thomas Alfa Edison yang terus menerus berusaha meski hanya 1 dari 100 percobaannya yang berhasil.

5. Syukuri Apa yang Dimiliki (Peribahasa China)

Sebuah peribahasa dari negeri China mengatakan bahwa jangan pernah menganggap remeh apapun yang berada dekat dengan hati. Dekap erat mereka sama seperti mendekap hidup ini. Karena tanpa mereka, hidup hanyalah kesia-siaan belaka. Hal tersebut menyadarkan bahwa sebaiknya syukuri apapun yang dimiliki, sekecil apapun itu. Seperti keluarga atau teman-teman dekat contohnya.

Tanpa ada bantuan dari mereka, tentu hidup ini akan terasa sangat berat untuk dijalani. Ketika banyak sekali cobaan yang sedang menerpa, kehadiran keluarga dan teman-teman dekat inilah yang akan menguatkan dan membangkitkan semangat kembali. Selalu hargai apapun yang ada di sekitar, termasuk keluarga dan teman-teman. Karena merekalah manusia menjadi kuat.

Baca Juga:  Belajar Dari Kegagalan Mark Zuckerberg

6. Hari Ini adalah Sebuah Hadiah (Oogway)

Salah satu hal yang paling sering dimiliki manusia adalah sikap overthinking. Yang sering terjadi adalah terlalu antusiasme memikirkan masa depan, hingga kemudian lupa untuk menikmati apapun yang sedang terjadi hari ini. Padahal masa depan tidak akan ada jika tidak ada hari ini. Terlalu memikirkan masa depan juga menumbuhkan sikap insecure.

Ada sebuah kalimat yang menarik dalam film Kung Fu Panda, ketika sang master Oogway berusaha menenangkan sang Panda. Beliau berkata bahwa kemarin hanyalah sebuah kenangan, esok adalah sebuah misteri, dan hari ini adalah hadiah. Ini menunjukkan betapa pentingnya manusia untuk menikmati setiap apa yang terjadi padanya sekarang.

7. Keraguan adalah batasan satu-satunya untuk meraih mimpi (Franklin Roosevelt)

Hal yang membuat manusia jauh dari kata sukses adalah keragu-raguan. Ia menjadi musuh utama manusia untuk mencapai sukses. Padahal seorang juara itu dimulai dari dalam pikirannya sendiri. Ketika ia berhasil memenangkan pertarungan melawan keraguan dirinya, ia akan lebih mudah untuk mengalahkan lawannya dalam pertarungan. Percaya diri adalah hal yang sangat penting.

Jangan pernah menjadikan keraguan untuk menjadi batasan dalam berbuat sesuatu. Apalagi hal yang akan dilakukan dapat memberikan dampak positif dalam diri. Percaya diri yakin untuk selalu bisa menyelesaikan setiap ada masalah yang datang adalah modal penting untuk meraih sukses. Hilangkan keraguan dalam diri dan terus melangkah seperti kata Franklin Roosevelt.

8. Memaafkan adalah Ciri Orang Yang kuat (Mahatma Ghandi)

Seringkali dalam menggapai mimpi, muncul banyak sekali masalah yang timbul. Masalah yang timbul tersebut bisa dari diri sendiri, lingkungan, atau bahkan orang lain. Biasanya, secara naluri, orang akan lebih suka untuk menyalahkan orang lain apabila dirinya merasa gagal dalam menggapai sesuatu. Hal itu justru akan membawa aura negatif pada diri.

Baca Juga:  15 Kisah Pengusaha Sukses Bangun Bisnis dari Nol

Mahatma Ghandi pernah berkata untuk memaafkan setiap orang yang memiliki salah. Sifat pemaaf tidak menunjukkan orang itu menjadi orang yang lemah. Justru dengan mampu memaafkan orang lain adalah ciri orang yang memiliki jiwa yang kuat. Alasannya, tentu tidak mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain. Karena itu banggalah jika menjadi pemaaf.

9. Hilangkan Kebiasaan Buruk Sebelum Ia Mengalahkan (Dr. Rob Gilbert)

Setiap kebiasaan yang ada dalam diri dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang dilakukan terus menerus. Tidak peduli itu kebiasaan yang baik, atau yang buruk. Jika kebiasaan itu adalah kebiasaan baik, tentu tidak ada masalah. Namun, akan berbahaya jika diri membentuk kebiasaan-kebiasaan buruk. Kebiasaan buruk dapat membawa pengaruh yang buruk pula pada hidup.

10. Berani Meninggalkan Zona Nyaman (Yosephine Monica)

Ada yang pernah mengatakan bahwa keajaiban itu berada di luar zona nyaman. Artinya jika ingin mendapatkan keajaiban dalam hidup, tentulah orang harus berani untuk meninggalkan zona nyamannya. Berani meninggalkan kebiasaan lama dan beralih melakukan hal-hal baru yang tidak pernah dilakukan sebelumnya biasanya akan memunculkan keajaiban yang tidak pernah dirasakan sebelumnya.

Seorang pernah berkata bahwa untuk mendapatkan sesuatu yang belum pernah dimiliki dalam hidup, maka yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan sesuatu yang sebelumnya tidak pernah dilakukan. Meninggalkan zona nyaman tidak berarti harus melakukan hal yang berat. Mulai dari hal kecil misalnya berolahraga secara teratur juga bisa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *