15 Kisah Pengusaha Sukses Bangun Bisnis dari Nol

15 Kisah Pengusaha Sukses Bangun Bisnis dari Nol

Memiliki bisnis sendiri merupakan keinginan dan cita-cita setiap orang, apalagi bila bisnis yang dirintis dimulai dari nol dan tanpa campur tangan siapapun. Namun memiliki bisnis yang sukses tentu membutuhkan perjuangan, dan  banyak permasalahan di dalamnya. Berikut kisah inspiratif dari 15 kisah pengusaha sukses yang dapat dijadikan motivasi.

kisah pengusaha sukses
Sumber: Pexels Dot Com

Susi Pudjiastuti – Bisnis Perikanan dan Perintis Maskapai Penerbangan

Lahir di Pangandaran pada 15 Januari 1965, Susi Pudjiastuti merupakan seorang menteri Kelautan dan Perikanan masa jabatan 2015-2019. Menjadi seorang pengusaha, tentu banyak rintangan yang dihadapi oleh Susi. Berawal dari bisnis pakaian dan bedcover yang dilakukan sejak SMP, hingga kisah beliau sampai memutuskan berhenti sekolah.

Setelah berhenti sekolah, Susi yang hidup di lingkungan nelayan memulai bisnisnya di bidang perikanan mulai dari nol. Berawal dari modal Rp750.000,- hasil dari penjualan perhiasan miliknya yang digunakan untuk membeli ikan di pasar pelelangan dan menjualnya ke restoran di sekitarnya.

Bisnis perikanan yang ditekuni dengan penuh semangat dan tanpa lelah akhirnya membuat beliau dapat menguasai bursa pelelangan ikan di tempat tinggalnya, Pangandaran dan mulai melebarkan sayap bisnisnya hingga ke luar negeri.

Berawal dari masalah pengiriman ikan yang lambat apabila melalui jalur darat dan laut, membuat Susi mulai merintis bisnis maskapai penerbangan sebagai penyedia jasa transportasi pengangkutan barang dengan nama “Susi Air”.

Baca Juga: Aku Terlahir Sederhana, Hidup Susah Bagiku Sudah Biasa

Susi Pudjiastuti
Sumber: Instagram

Chairul Tanjung – CT Corp

Lahir di Jakarta, 16 Juni 1962, Chairul Tanjung merupakan salah satu orang terkaya di Indonesia dan dunia. Seorang lelaki dengan julukan yang sangat populer kepada Chairul Tanjung yaitu anak singkong, hal ini karena memiliki latar keluarga yang sangat biasa, namun mendapat pencapaian luar biasa dalam usahanya.

Keadaan ekonomi yang pas-pasan tidak lantas membuat beliau patah semangat dalam menjalani pendidikannya hingga ke jenjang Universitas. Bisnisnya dimulai saat beliau kuliah di kedokteran gigi Universitas Indonesia. Beliau memulai usaha kecilnya dengan berjualan buku kuliah, hingga fotokopi.

Selesai menempuh pendidikan kedokterannya, beliau mulai terjun ke dunia bisnis dengan merintis toko yang menjual peralatan kedokteran dan laboratorium, namun bisnis tersebut tidak bertahan lama dan mengalami kebangkrutan.

Berawal dari jatuh bangun usaha yang dirintisnya membuat Chairul Tanjung menjadi seorang yang berpengalaman dalam bidang usaha, hingga akhirnya beliau memiliki usahanya sendiri yang diberi nama CT Corp yang terdiri dari tiga anak perusahaan yaitu Mega Corp, CT Global Resources, dan Trans Corp yang berdiri hingga sekarang.

Chairul Tanjung
Sumber: Instagram

Gibran Rakabuming – Bisnis Kuliner

Lelaki kelahiran 1987 ini merupakan salah satu putra dari Joko Widodo, Presiden RI yang sebelumnya merupakan pengusaha sukses bidang mebel. Meskipun usaha Joko Widodo terbilang sukses, namun tidak membuat Gibran berada dalam bayang-bayang ayahnya. Gibran memulai bisnisnya sendiri dari bawah, dan dengan usahanya sendiri.

Berkali-kali meminjam uang kepada bank, hingga mendapatkan pinjaman modal dari salah satu bank. Berawal dari sini, Gibran membangun usaha katering yang dinamakan Chili Pari. Berawal dari katering kecil hingga mencapai ribuan. Selain usaha katering, Gibran juga sukses dalam usaha kuliner lainnya.

Gibran Rakabuming
Sumber: Instagram

Jack Ma – Alibaba Ecommerce

Jack Ma, merupakan sosok yang sangat inspiratif dan merupakan salah satu contoh orang yang bangkit dari kemiskinan. Lahir dari keluarga miskin yang menjadi korban revolusi kultural Cina, beliau lahir pada tanggal 10 September 1964 di Hangzhou, Cina.

Berawal dari keinginannya belajar Bahasa inggris dengan menawarkan jasa guide secara gratis kepada para wisatawan, dan Jack Ma dapat belajar bahasa inggris dari wisatawan. Setelah berkali-kali mengalami kegagalan saat mendaftar kerja, beliau tetap gigih dan tidak putus asa hingga akhirnya dapat menemukan potensi dari sebuah bisnis.

Penggunaan internet yang masih cukup minim di Cina, membuat Jack Ma memiliki ide untuk mengembangkan pasar online terbesar. Semua idenya dianggap aneh oleh sebagian orang. Namun hal itu tidak menyurutkan niatnya untuk tetap melanjutkan usahanya.

Kini, prediksi Jack Ma benar, dan beliau berhasil mengembangkan Alibaba hingga menjadi perusahaan ritel terbesar di dunia, dan mengalahkan Walmart. Bahkan nilai Alibaba disebut berhasil melampaui e-Bay dan Amazon.

Jack Ma
Sumber: Instagram

J.K. Rowling – Penulis

Joanne Kathlen Rowling atau biasa dikenal sebagai J.K. Rowling adalah salah satu perempuan sukses yang menginspirasi dunia. Terlahir di keluarga yang bahagia pada tanggal 31 Juni 1965 di Inggris. Beliau merupakan seorang yang memiliki imajinasi yang luar biasa hebat sejak kecil.

Kebahagiaannya tidak terlalu lama, sejak ibunya mengalami komplikasi, keluarga bahagianya mengalami cobaan yang teramat berat. Lalu beliau memutuskan menikah, dan pernikahannya tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan, hingga kelahiran anak pertamanya dan beliau harus bercerai dengan suaminya.

Mengalami keterpurukan dalam hidupnya, beliau mulai mengirim tulisannya pada beberapa agen literature sastra dan selalu ditolak. Hingga akhirnya nasib baik berpihak kepada J.K. Rowling dan membuat karyanya diterbitkan hingga menjadi film yang sangat populer yang berjudul Harry Potter.

J.K. Rowling
Sumber: Instagram

Bill Gates – Microsoft

William Henry Gates atau yang biasa dikenal Bill Gates, lahir di Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Beliau merupakan salah satu pengusaha yang cukup terkenal saat ini. Sejak kecil Bill Gates menampakkan ketertarikannya pada dunia komputer.

Bill Gates adalah pendiri Microsoft, yang merupakan salah satu perusahaan perangkat lunak teresar di dunia. Ketertarikannya pada komputer telah ada sejak kecil, dan saat usianya masih muda beliau menggunakan waktunya untuk membuat perangkat lunak komputer.

Bill Gates dikenal sebagai seorang yang sangat dermawan dan banyak memberikan bantuan secara finansial. Bahkan pada tahunn 2000 Bill Gates dan istrinya Melinda membangun sebuah yayasan amal untuk membantu orang-orang di seluruh dunia untuk hidup lebih sehat dan produktif.

Bill Gates
Sumber: Instagram

Walt Disney – Animasi

Walt Disney lahir pada tahun 1901 di Chicago. Walt bukan seorang yang terlahir dari keluarga kaya. Sejak kecil Walt tidak memiliki banyak waktu untuk sekolah karena beliau bekerja sebagai paperboys, dan Walt memiliki hobi menggambar kartun animasi.

Awal mula kesuksesannya yaitu saat adanya karakter pertamanya Mickey Mouse. Mickey Mouse mendapat respon positif dan dapat diterima oleh masyarakat. Dalam perjalanan karirnya, beliau mulai membuat kartunnya yang cukup sukses di pasaran yaitu mulai Putri Salju dan Tujuh Kurcaci hingga Cinderella dan mulai banyak menerima Academy Awards dari prestasinya.

Walt Disney
Sumber: Instagram

Ingvard Kamprad – Pendiri IKEA

Ingvard lahir di Swedia bagian selatan pada tahun 1926. Beliau cukup pintar dalam berjualan sejak kecil, yaitu saat usianya masih 5 tahun, beliau telah menjual korek api, dan diusianya yang ke-10 tahun beliau menjual dekorasi natal hingga pensil kepada para tetangga dengan mengayuh sepeda mengelilingi daerah rumahnya.

Ingvard berhasil mendirikkan usahanya dengan nama IKEA sejak usianya masih 17 tahun. Beliau memberi nama usahanya IKEA yang merupakan gabungan dari IK (Ingvard Kamprad) dan EA (Elmtaryr Agunnaryd) yang merupakan sebuah desa tempat tinggal masa kecilnya. Bahkan saat ini IKEA memiliki hampir 400 gudang di seluruh dunia.

Ingvard Kamprad
Sumber: Instagram

Steve Jobs – Pendiri Apple

Steve Jobs lahir pada tahun 1955, dan memulai mengerjakan proyek pertamanya (komputer Apple) bersama temannya, Steve Wozniak pada tahun 1976. Awalnya saat membuka usahanya, Steve sempat mengalami jatuh bangun karena kesulitan modal, sehingga mencari calon investor bagi usahanya.

Berkat perjuangannya yang pantang menyerah, kini hasil kerasnya terbayar dengan kesuksesan perusahaannya dibidang teknologi dan menjadikannya salah satu teknologi ternama di dunia seperti ponsel iPhone hingga komputer Mac.

Steve Jobs
Sumber: Instagram

Nadiem Makarim – Pendiri Gojek

Nadiem Makarim lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 1984, meskipun lahir di Singapura namun beliau adalah seorang berkebangsaan Indonesia. Nadiem memulai usaha Gojeknya pada tahun 2011 yang menawarkan jasa transportasi menggunakan layanan internet, dan berkat kerja kerasnya Gojek mendapat respon positif dari masyarakat.

Gojek sekarang menjadi suatu kebutuhan, terutama di kota-kota besar. Bahkan saat ini Gojek telah melebarkan sayapnya menjadi jasa pengiriman barang hingga makanan. Lebih hebatnya lagi, Gojek menjadi salah satu perusahaan start up yang paling banyak digunakan oleh pengguna smartphone.

Nadiem Makarim
Sumber: Instagram

Baca Juga: Kunci Sukses Nadiem Makarim Sang Pendiri Gojek

Phil Knight – Pendiri Nike

Terinspirasi dari cerita pengusaha Amerika yang sukses dalam bisnis pakainan olahraga, membuat Phil Knight berani memulai usahanya tanpa modal. Beliau memulai bisnisnya dengan cara mengekspor sepatu dari Jepang ke Amerika, yang bisnisnya diberi nama Blue Ribbon Sport.

Banyaknya permintaan yang selalu meningkat, hingga membuat Phil memesan lebih banyak sepatu dari Jepang. Namun karena pengiriman dari Jepang yang jarang tepat waktu yang akhirnya menyebabkan masalah keuangannya, sehingga phil memutuskan melepaskan diri dari perusahaan Jepang tersebut.

Phil mulai mencari pabrik baru untuk memproduksi sepatu buatannya sendiri dan mulai mencari nama untuk perusahaan barunya tersebut. Nama Nike didapatkan dari ide seorang kawannya. Berkat kegigihan Phil bangkit dari keterpurukannya, saat ini Nike dikenal sebagai perusahaan nomor satu dalam sarana olahraga.

Phil Knight
Sumber: Instagram

Achmad Zaky – Bukalapak

Achmad Zaky, seorang pengusaha muda sukses yang berasal dari Indonesia, lahir pada tanggal 24 Agustus 1986. Memiliki usaha yang bergerak dibidang internet, Zaky merupakan pendiri dan juga CEO dari situs bukalapak, yaitu perusahaan e-commerce Indonesia yang berbasis marketplace.

Berawal dari tim kecil yang terdiri dari 3 orang, kini bukalapak menjadi salah satu e-commerce paling sukses dan diminati di Indonesia. Proses berdirinya bukalapak tentu juga dilakukan Zaky dengan penuh perjuangan, terutama saat mengajak pedagang bergabung dalam situsnya. Perjuangan yang gigih hingga akhirnya bukalapak mendapat kepercayaan masyarakat Indonesia.

Achmad Zaky
Sumber: Instagram

Ni Luh Ary Pertami Djelantik – Sepatu Merk Niluh Djelantik

Perempuan kelahiran Bangli, 15 Juni 1975, Ni Luh Putu Army Djelantik atau biasa dikenal Ni Luh Djelantik, adalah seorang pengusaha dan perancang sepatu buatan tangan asal Bali dengan merk Niluh Djelantik.

Pada tahun 2003, memulai bisnis sepatu kulit dengan model hak tinggi dengan merk Nilou di bali. Perjalanan bisnisnya penuh dengan perjuangan, saat rekan kerjanya mematenkan merk Nilou. Hal ini tidak membuat Ni Luh putus asa, beliau kembali menata usahanya dan mematenkan merknya menjadi Niluh Djelantik di tahun 2008.

Ni Luh Ary Pertami Djelantik
Sumber: Instagram

Yasa Singgih – Men’s Republic

Yasa Singgih, seorang pengusaha muda kelahiran tahun 1995, memulai karirnya dengan menjadi pembawa acara di berbagai acara ulang tahun dan musik. Beliau terlahir di keluarga sederhana, yang saat masih duduk di bangku SMP sang ayah terkena serangan jantung dan harus dioperasi, sehingga Yasa mulai mencari uang sendiri.

Pada usianya yang ke-16 tahun, beliau mulai merintis usaha fashion yang saat itu hanya bermodalkan Rp700.000 dan tidak berjalan mulus. Beliau terus berjuang dengan gigih, hingga akhirnya pada usianya yang ke-19 tahun memiliki merk Men’s Republic yang cukup laris di pasaran hingga menghasilkan omzet ratusan juta rupiah.

Yasa Singgih
Sumber: Instagram

Oprah Winfrey – Seorang Entertainer

Bahasan tentang pengusaha yang memulai bisnisnya dari nol, tentu tidak lengkap tanpa membahas Oprah Winfrey. Oprah merupakan salah satu pengusaha sukses yang hidupnya penuh dengan perjuangan, hingga membuat beliau menjadi salah satu orang terkaya dan berpengaruh di dunia.

Baca Juga: Oprah Winfrey – Biografi, Network, Show, & Fakta

Perjuangannya yang patut diapresiasi, sehingga membuat Oprah menjadi seorang yang sukses saat ini. Semua bermula metika beliau menjadi penyiar radio dan televisi di salah satu radio lokal, hingga memuat karirnya menanjak dengan menjadi pembawa acara dalam The Oprah Winfrey Show. Bahkan beliau saat ini memiliki jaringan TV sendiri yang bernama OWN (Oprah Winfrey Network).

Oprah Winfrey
Sumber: Instagram

Menjadi seorang pengusaha tentu dibutuhkan perjuangan yang tidak kenal lelah. Keinginan dan tekad untuk terus berkembang dan mendapatkan pencapaian sesuai keinginan. Itulah 15 kisah pengusaha sukses yang berhasil melewati fase sulitnya dan keluar sebagai pemenang yang dapat dijadikan motivasi untuk mencapai kesuksesan.

Baca Juga:  Oprah Winfrey - Biografi, Network, Show, & Fakta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *