Kuliner Lezat Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Ke Lombok

Kuliner Lezat Khas Lombok Yang Wajib Dicoba Ketika Berkunjung Ke Lombok

Pulau Nusa Tenggara Barat atau lebih dikenal dengan Lombok merupakan sebuah kepulauan yang dikelilingi oleh berbagai pantai yang sangat indah. Keindahan pantai di Pulau Lombok menjadi salah satu daya tarik kunjungan wisata lokal maupun mancanegara. Nah, tentunya harus mencoba kuliner lezat khas Lombok yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Lombok.

Beragam makanan lezat memang ada di Lombok, mulai dari berbahan ikan, daging hingga sayur mayor. Nuansa kuliner Lombok sendiri dikenal memiliki cita rasa yang pedas dan asin sehingga cocok untuk yang suka kuliner pedas. Daripada penasaran, apa saja kuliner lezat khas Lombok yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Lombok? Mari simak bersama.

1. Sate Rembiga

Sate Rembiga merupakan salah satu sate wajib yang harus dicoba ketika berkunjung ke Lombok. Sajian ini merupakan sate sapi yang dibakar dengan menggunakan bumbu kecap dengan dominan rasa manis. Sate yang memiliki rasa manis ini biasa dipadukan dengan makanan pedas lainnya.

Banyak sekali penjual Sate Rembiga yang terkenal enak di seluruh penjuru Lombok. Harga yang dipatok untuk sate sapi dengan rasa manis layaknya dendeng ini adalah 25 ribu rupiah untuk 10 tusuk sate. Sebuah harga yang sesuai dengan cita rasa yang akan didapatkan untuk Sate Rembiga ini.

Warung Sate Rembiga sendiri banyak buka pada waktu pagi hingga sore bahkan malam hari. Sehingga bagi pelancong yang sudah asyik berjalan-jalan dan ingin menikmati Sate Rembiga bisa langsung datang ke kedainya. Jangan lupa untuk menyiapkan budget lebih karena bisa terus ketagihan memakannya!

2. Sate Bulayak

Masih dari keluarga sate-satean, sate selanjutnya yang harus dicoba ketika mengunjungi Pulau Lombok adalah Sate bulayak. Sate ini sendiri merupakan sate ayam dengan bumbu pedas yang berkuah agak cair layaknya kari pedas. Sate bulayak ini memiliki keunikan tersendiri dimana harus dimakan menggunakan lontong kecil yang disebut Bulayak.

Baca Juga:  Pengaruh Driver Online terhadap Wisata

Ketika pengunjung ingin makan sate bulayak ini tidak akan mendapatkan pasangan sendok atau garpu. Cara makannya adalah memanfaatkan tusuk sate yang ada dan menggigit bulayaknya sedikit demi sedikit. Namun kiranya kesulitan ya bisa juga meminta tambahan sendok dan garpu.

Cita rasa segar, gurih, pedas, asin dan manis berpadu menjadi satu kesatuan yang sangat lezat. Sate bulayak ini banyak dijual diseluruh pulau Lombok dengan harga perporsinya 15-20 ribu rupiah. Sate Bulayak biasa ditemukan pada malam hari, karena memang termasuk kedalam kuliner malam Lombok.

3. Beberuk Terong

Nah, makanan lezat dan khas lainnya yang harus dicoba ketika berkunjung ke Lombok adalah Beberuk. Apa sih beberuk? Beberuk merupakan sebuah makanan yang terbuat dari potongan kacang panjang, terong bulat belanda dan sambal tomat. Beberuk ini tidak dimasak dan mengandalkan kesegaran bahan-bahannya.

Cita rasa segar dan gurih dari sambal tomat dengan tambahan sedikit minyak panas membuat beberuk terong ini nikmat disantap dengan nasi putih. Selain itu, Beberuk Terong ini cocok disajikan dengan tambahan Sate Rembiga karena rasanya yang berlainan. Dijamin ketika menyantap beberuk ini, mulut akan terasa pedas namun enggan berhenti mengunyah.

Untuk menu Beberuk Terong ini sendiri biasanya banyak disajikan dirumah makan dan disajikan sebagai lalapan. Jadi pelancong tidak perlu khawatir akan kesulitan jika mencari menu makan pendamping yang satu ini. jangan lupa siapkan perut kosong untuk mengisinya dengan Beberuk Terong  ini ya.

4. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok yang lezat lainnya adalah ayam taliwang yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru negeri bahkan internasional. Ayam Taliwang di Lombok yang terkenal ada didaerah Taliwang. Seekor ayam yang dibumbui dengan bumbu rahasia dan dipanggang ini benar-benar lezat, gurih dan juicy.

Baca Juga:  Pesona Alam Pura Tanah Lot Bali yang Mengagumkan

Ayam yang digunakan untuk pembuatan Ayam Taliwang ini sendiri usut punya usut menggunakan ayam kampung yang belum terlalu tua. Sehingga rasa daging yang dihasilkan sangat lezat dan membuat ketagihan. Untuk mendapatkan satu Ayam Taliwang ini pengunjung harus merogoh kocek lumayan mahal yaitu sekitar 150 ribu rupiah.

5. Plecing Kangkung

Makanan pelengkap untuk Ayam Taliwang diatas adalah Plecing Kangkung dan termasuk dalam menu lezat yang wajib dicoba. Ketika mengunjungi Lombok memang agak kurang jika belum makan plecing kangkung yang khas karena menggunakan jenis kangkung yang berbeda. Kangkung Lombok memang berbeda dengan kangkung jawa karena memiliki tekstur batang yang lebih besar.

Plecing Kangkung ini dibuat dari rebusan kangkung dan tauge yang kemudian dicampur dengan sambal terasi dan kelapa parut. Rasa kangkung yang masih setengah matang membawa unsur kesegaran dipadukan dengan rasa gurih dari sambal. Menu Plecing Kangkung sendiri selalu ada sebagai menu pendamping dirumah makan.

6. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung adalah makanan lezat khas Lombok yang agak mirip dengan nasi Balap Solo namun ada banyak perbedaannya juga. Dari konsepnya memang agak mirip, sebuah nasi putih dengan lauk telur pedas, kacang goreng, ayam, taburan udang dan lainnya. Yang membedakan nasi balap puyung ini adalah citarasa yang dominan pedas dengan tambahan lauk lainnyayang unik.

Nasi Balap Puyung ini memiliki beberapa tambahan lauk yang unik seperti ebi, kacang kedelai, abot serta belut goreng. Kemudian sambal yang disajikan bersamaan dengan lauk itulah yang sangat pedas dan gurih sehingga menambah citarasa makanan. Selain itu, untuk memakan nasi balap ini, semua lauk dan nasinya harus diaduk menjadi satu.

Mengaduk seluruh lauk dan nasi menjadi cara menyantap Nasi Balap Puyung yang bertujuan untuk memadukan seluruh rasa. Gurih, pedas dan nikmatnya nasi balap puyung membuat pengunjung tidak akan terasa sudah menghabiskan satu piring bahkan lebih. Nasi balap puyung yang lezat itu bisa didapatkan dengan mengeluarkan kocek sebesar 15 ribu sampai 20 ribu rupiah tergantung tambahan menu yang dipilih.

Baca Juga:  Rencanakan Keuanganmu Dengan Baik Jika Ingin Travelling Ke Eropa

7. Sate Tanjung

Kembali pada keluarga sate-satean, selain Sate Bulayak dan Rembiga masih ada sate yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Lombok yaitu Sate Tanjung. Sate yang biasanya menggunakan daging ayam atau sapi untuk pembuatannya ini, kali ini menggunakan ikan. Rasa ikan yang gurih dan segar kemudian dipadukan dengan bumbu kacangnya yang nikmat.

Sate Tanjung ini banyak ditemukan ketika siang hingga menjelang sore hari diseluruh wilayah Lombok. Sehingga bagi yang ingin datang berkunjung ke Lombok harus menyiapkan perut untuk mencoba sate tanjung ini. harga dari sate ini dibandrol dari kisaran 15 ribu rupiah, siapkan dana lebih untuk jaga-jaga jika harus menambah lebih dari satu porsi.

8. Bebalung

Makanan khas Lombok yang bernama Bebalung ini merupakan makanan unik yang wajib dicoba dan dipercaya mampu membangkitkan tenaga. Bebalung sendiri merupakan makanan sejenis sup dan kari yang terbuat dari iga sapi atau kerbau yang dicampur rempah-rempah. Rasa kuah yang unik pada Bebalung yang memiliki rasa hangat jahe dipercaya mampu menambah tenaga.

Ketika berkunjung ke Lombok jangan lupa untuk mencicipi menu makanan khas yang satu ini. kuah yang unik dan rasa gurih dari iga sapi atau kerbau menambah kenikmatan saat menyantapnya. Pastikan ketika datang ke Lombok harus mencoba menu yang satu ini!

Nah itulah beberapa kuliner lezat khas lombok yang wajib dicoba ketika berkunjung ke Lombok. Rasanya yang enak, unik dan tentunya khas akan memberikan sensasi tersendiri ketika memakannya. Siapkan budget dan perut untuk menikmati semua makanan lezat diatas ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *