Makanan Khas Maluku Utara, Pilihan Tepat Untuk Wisata Kuliner

Makanan Khas Maluku Utara, Pilihan Tepat Untuk Wisata Kuliner

Plesiran ke berbagai tempat di Indonesia memang menjadi pilihan tepat untuk ide liburan. Indonesia dengan segala keberagamannya tidak hanya dari budayanya saja, tetapi juga kulinernya. Mungkin Indonesia bagian Timur bisa menjadi pilihan plesiran kuliner, salah satunya Kota Maluku Utara. Makanan khas Maluku Utara ini sudah sangat terkenal kenikmatannya.

Maluku Utara memberikan banyak sekali pilihan makanan yang menggugah selera. Mulai dari olahan ikan dan juga aneka jajanan khasnya yang pastinya wajib dicoba. Masyarakat Maluku sendiri menggunakan sagu sebagai bahan makanan pokoknya, jadi jangan heran jika nantinya akan banyak sekali makanan dengan bahan ini. Lalu apa saja makanan khas Maluku Utara, berikut daftarnya :

1. Papeda

Makanan khas Maluku Utara satu ini memang sudah sangat terkenal. Makanan khas satu ini terkenal pula di Papua. Tak heran memang, papeda berasal dari olahan sagu yang dimasak hingga menjadi kental layaknya lem. Papeda ini disantap bersama dengan ikan tongkol atau lauk yang lainnya. Namun, lebih enak jika olahannya ikannya yang berkuah.

Tekstur kenyal dari papeda ini memang sangatlah khas, rasanya tawar dan sangat rendah kalori. Ada cara tersendiri untuk bisa menyantap makanan satu ini, yaitu dengan menyeruputnya secara langsung dalam piring. Tak hanya itu, seseorang juga sebenarnya bisa menggunakan sumpit, tapi sensasinya akan berbeda.

2. Bubur Ne

Masih terbuat dari bahan baku yang sama, yaitu sagu. Kali ini makanan khas Maluku Utara ini dinamakan bubur ne. Sama seperti namanya, makanan ini disajikan dalam bentuk bubur dengan aneka ragam warna yang mirip dengan telur katak. Sagu yang berwarna-warni ini sebenarnya sudah banyak dijual di pasaran.

Namun uniknya sagu ini dimasak bersamaan dengan santan, lalu diaduk perlahan sampai mengental dan empuk. Sembari diaduk-aduk, bubur ne diberi kayu manis, gula merah dan juga pandan sebagai pewangi alami. Setelah matang, sajikan bersama es batu atai bisa juga dimakan dalam keadaan hangat.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Daerah Solo Jawa Tengah Paling Populer

3. Nasi Lapola

Meskipun maayarakat Maluku banyak yang menjadikan sagu sebagai bahan makanannya, tetapi tetap ada sebagian masyarakat yang masih menjadikan beras sebagai bahan makanannya. Makanan khas Maluku Utara satu ini contohnya, yaitu nasi yang disajikan bersama kelapa parut yang masih muda dan juga kacang tolo.

Makanan satu ini selalu disajikan bersamaan dengan lauk pauk lainnya, seperti kohu-kohu ataupun sambal. Cara masak beras ini tergolong gampang-gampang susah. Untuk mendapatkan tekstur yang lembut, beras dimasak dengan api kecil hingga setengah matang. Nasi setengah matang ini kemudian dicampur kelapa dan bumbu lainnya lalu dikukus.

4. Ikan Asar

Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing lagi dengan namanya ikan asap. Di Maluku Utara juga memiliki kudapan ikan asap yang diberi nama ikan asar. Kudapan satu ini seringkali dijadikan buah tangan khas Maluku dengan cita rasa lezat dan mampu bertahan hingga 7 hari lamanya. Ikan yang biasa digunakan adalah ikan tuna dan juga ikan tongkol.

Cara pengasapannya sendiri menggunakan bambu dan diasapi selama kurang lebih satu jam. Banyak yang membelinya dalam keadaan bambu masih melekat, adapun yang langsung menyantapnya dengan sambal colo-colo. Untuk rasa sendiri sudah tak perlu diragukan lagi, kudapan satu ini selalu diincar para pelancong.

5. Woku Komo-Komo

Masih dengan olahan sagu, kudapan satu ini juga wajib dicoba jika sedang berkunjung ke Indonesia Timur ini. Woku komo-komo adalah sagu yang dipanggang hingga kering bersama dengan bahan pelengkap lainnya. Kudapan satu ini dibakar diatas bara api dengan menggunakan daun woka sebagai pembungkusnya.

Bahan pelengkap yang menjadi isian dari kudapan satu ini adalah jeroan ikan. Sagu dan jeroan ini tak langsung dimasak, melainkan diolah terpisah lebih dulu. Sagu direndam menggunakan air dengan bumbu penambah citarasa dan jeroan ikan dimasak hingga matang. Setelah keduanya matang, barulah dibungkus dengan daun woka lalu dipanggang diatas bara api.

Baca Juga:  Pura Luhur Uluwatu Menyuguhkan Destinasi Liburan Yang Berbeda

6. Kasbi Komplet

Kasbi atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan singkong juga menjadi makanan khas Maluku Utara yang pengolahannya cukup berbeda. Singkong ini oleh masyarakat setempat juga dijadikan sebagai bahan makanan pokok pengganti sagu. Sebagai makanan pokok, kasbi ini tentunya banyak dikonsumsi bersama lauk lainnya.

Cara santapnya juga tergolong sama seperti biasanya, yaitu direbus terlebih dahulu lalu disantap bersama lauk. Jika biasanya masyarakat daerah lain menjadikan singkong ini sebagai gorengan, di Maluku Utara tidak. Kasbi komplet disantap dengan menambahkan sayur jantung pisang sebagai kuah dan sambal colo-colo sebagai pelengkapnya.

7. Kue Bagea

Masih seputar sagu, kue yang diberi nama bagea ini menjadi salah satu makanan khas yang banyak ditemukan di Maluku. Kue yang memiliki rasa yang gurih berbentuk bulat dengan retakan dibagian tengahnya ini sangat lezat. Sebagai teman minum kopi atau pun teh, bagea ini sangat cocok untuk dijadikan kudapan pilihan.

Agar tidak monoton, kue ini banyak divariasikan dengan bahan lainnya seperti kacang kenari. Bagea kacang kenari bahkan menjadi varian terpopuler di tempat ini. Rasa khas kayu manis ini juga sangat nikmat di lidah. Kue ini bahkan sudah dijadikan buah tangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke Maluku Utara.

8. Acar Kuning

Tidak sama seperti acar pada biasanya, acar kuning khas Maluku ini harus menggunakan rebung sebagai salah satu komponennya. Selain rebung yang menjadi bahan wajib, bahan lainnya seperti wortel, kecipir muda, nanas, bawang, timun dimasak dengan menggunakan kunyit. Kunyit inilah yang memberikan variasi dan rasa kuning yang nikmat.

Makanan khas Maluku Utara satu ini memang seringkali dijadikan sebagai pelengkap hidangan lainnya. Akan tetapi, acar kuning juga bisa disantap dengan menggunakan nasi putih saja. Dikarenakan rebung tidak tersedia setiap waktu, jadi komponen satu ini tidak selalu ada dalam acar kuning dan membuat rasanya sedikit berbeda.

Baca Juga:  Wisata dan Makanan Khas Kulon Progo, Wajib Mengunjungi Daerah Ini!

9. Suami

Suami? Apakah terpikirkan bahwa kata ini merupakan salah satu jenis makanan? Jawabannya iya. Makanan khas Maluku Utara satu ini diberi nama suami. Berbahan dasar ubi yang diparut, makanan suami ini menjadi makanan terlezat yang wajib sekali dicoba jika sedang berkunjung ke Maluku Utara.

Cara pembuatannya cukup mudah, ubi yang masih mentah diparut lalu diperas airnya. Setelah diperas barulah kemudian dikukus. Dalam sejarahnya, suami ini bisa disajikan dengan tiga opsi lho, yakni dengan menggunakan parutan kelapa, gula merah, atau pun disajikan polos dan disantap dengan lauk.

10. Lapis Palaro

Makanan khas Maluku Utara  yang terakhir adalah Lapis Palaro. Ada yang membayangkan makanan ini berupa kue? Jika ya, maka itu salah besar karena makanan ini berbahan dasar daging. Lapis Palaro ini sangat susah ditemukan di luar Maluku Utara, jadi harus berkunjung ke sini jika ingin mencobanya.

Lapis Palaro terbuat dari daging yang diiris secara tips lalu dibaluri dengan garam, gula dan juga air secukupnya. Tak ketinggalan pula diberi tambahan berbagai rempah-rempah seperti bawang, jintan, cengkeh, kencur, jahe dan banyak lagi. Tak lupa pula ditambahkan tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air untuk mendapat kekentalan yang pas.

Itulah tadi beberapa makanan khas Maluku Utara yang sebenarnya masih banyak sekali jenisnya. Berniat berkunjung ke tempat ini? Jangan lupa untuk mencoba beberapa kuliner tadi. Sekian artikel ini, semoga bisa menjadi referensi yang baik bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *