Manfaat Susu Kambing Untuk Anak Dan Tumbuh Kembangnya

Manfaat Susu Kambing Untuk Anak Dan Tumbuh Kembangnya

Memiliki buah hati tentunya membuat semua orangtua selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk kesehatan atau tumbuh kembangnya. Selain memberikan kebutuhan sandang dan papan tentunya juga kebutuhan pangan harus diperhatikan, salah satunya dengan gerakan minum susu. Seperti susu kedelai, sapi dan kambing, manfaat susu kambing untuk anak dan tumbuh kembangnya itu sangat besar loh.

Konsumsi susu kambing memang agak kurang lazim dan tidak sepopuler konsumsi susu kedelai atau susu sapi. Namun sebenarnya susu yang dihasilkan dari kambing ini memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak sahabat.  Jadi sahabat tidak perlu ragu untuk membiarkan anak mengkonsumsi susu jenis ini.

Nah, memangnya apa saja sih manfaat susu kambing untuk anak dan tumbuh kembangnya? Dalam artikel ini akan kita simak bersama. Akan dikupas mengenai apa saja manfaat yang terkandung sehingga sahabat pembaca bisa mengetahui dan yakin untuk mengkonsumsinya. Berikut adalah beberapa manfaat susu kambing yang wajib diketahui.

1. PH Yang Dimiliki Menyerupai PH ASI

Penelitian menunjukan bahwa seorang anak memang harus menjalani ASI eksklusif selama 2 tahun dan kemudian baru mengkonsumsi susu formula. Kebutuhan akan ASI memang sangat diperlukan bagi tumbuh kembang buah hati dan menunjang kemampuan organ-organ bekerja dengan baik. Nah, setelah lepas dari ASI tentunya para ibu akan mulai khawatir mengenai kualitas susu yang akan diberikan bukan?

Nah di sinilah peran susu kambing mampu membantu dan menepis kekhawatiran para ibu dalam pemenuhan gizi susu anak-anaknya. Lain halnya dengan susu sapi yang lebih besar memiliki PH, susu kambing ini digadang memiliki tingkat keasamaan PH menyerupai ASI. Sehingga anak-anak akan lebih aman dan nyaman tentunya dalam mengkonsumsinya, selain itu juga kebutuhan gizi yang dibutuhkan akan senantiasa terjaga.

Baca Juga:  Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Selain itu kadar PH yang pas akan mengurangi kemungkinan peradangan atau alergi pada anak ketika mulai lepas dari ASI eksklusif. Pemberian jumlah susu kambing ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan ya. Bagaimana? Sangat bermanfaat bukan?

2. Mampu Menyehatkan Tumbuh Kembang Tulang

Seorang anak memang selalu dikaitkan dengan namanya pertumbuhan, apalagi jika memang masih berada dibawah usia 10 tahun. Anak-anak dibawah usia 10 tahun memang masih memiliki masa emas pertumbuhan sehingga sebagai orangtua harus mampu memberikan kualitas gizi yang maksimal. Salah satunya adalah pemenuhan kesehatan akan pertumbuhan tulang anak-anak sahabat.

Anak-anak yang senantiasa mengalami pertumbuhan dan perubahan postur tentunya membutuhkan senyawa untuk menunjang itu semua. Nah susu kambing bisa menjadi solusinya, karena dalam susu kambing terkandung senyawa yang mampu menyehatkan tulang. Berbagai mineral dan vitamin baik banyak terkandung dalam susu kambing ini dan jelas cocok untuk kebutuhan pertumbuhan anak sahabat.

3. Menjadi Sumber Zat Besi

Senada untuk membantu pertumbuhan tulang dan kesehatan postur anak-anak yang tengah dalam masa pertumbuhan. Zat besi dalam kandungannya di susu kambing jelas sangat dibutuhkan untuk anak-anak. Banyak anak-anak yang biasanya mulai aktif di usia 2 tahun keatas karena mulai mampu berjalan dan berbicara.

Banyaknya tingkah laku dan aktivitas yang mereka lakukan tentunya perlu tunjangan sumber makanan yang baik seperti zat besi. Kekurangan zat besi padahal memiliki segudang aktivitas akan membuat anak mengalami anemia dan jelas bisa menganggu pertumbuhan. Memberikan susu kambing setidaknya tiga kali sehari akan mencukupi kebutuhan harian anak-anak terhadap zat besi yang berpengaruh untuk kesehatannya.

Pastikan sebelumnya memberikan susu kambing yang memiliki kualitas baik dengan pengemasan yang baik pula. Sebaiknya sahabat juga mengontrol kegiatan anak-anak sehingga masih dalam taraf wajar. Sehingga berbagai vitamin dan kontrol makanan yang diberikan akan senantiasa menjadi pendukung baik bagi tumbuh kembangnya.

Baca Juga:  Menyembuhkan Mata Minus dengan Metode Alami yang Aman dan Minim Resiko

4. Memiliki Kandungan Lemak Susu Yang Mudah Dicerna

Susu kambing merupakan salah satu susu yang memiliki kandungan lemak susu yang sangat mudah dicerna apalagi oleh anak-anak. Perut dan organ tubuh anak-anak yang belum mampu sempurna mencerna makanan memang memerlukan makanan yang lebih mudah dicerna. Ya salah satunya susu kambing ini.

Protein susu kambing memang lebih kurang padat daripada susu sapi, sehingga proses pencernaannya akan lebih mudah dilakukan. Lemak yang ada pada susu sapi ini masuk kategori sebagai lemak pendek yang lebih mudah terpecah. Berbeda dengan susu sapi yang masuk golongan lemak panjang dan membutuhkan proses pemecahan yang lebih lama.

Ketika mengkonsumsi susu kambing, pencernaan anak-anak dirasa akan lebih nyaman dan kegiatan BAB-pun akan lebih teratur.  Jadi sebagai seorang ibu, sahabat tidak  perlu khawatir anak-anak akan mengalami sembelit. Pencernaan yang lancar juga akan menjauhkan hilangnya nafsu makan anak karena perut terasa sesak.

5. Mampu Meningkatkan Imunitas Anak

Anak-anak yang minum susu kambing, tentunya kandungan mineral maupun zat besinya mampu terjaga bukan. Maka dari itu imunitas anak-anak akan lebih terjaga dan kemungkinan untuk mengalami sakit akan lebih rendah. Peradangan, panas dalam,gangguan pencernaan dijamin akan pergi jauh-jauh dari anak-anak sahabat.

Tentunya meningkatkan imunitas ini sendiri harus dibarengi dengan sikap konsisten dalam pemberian susu kambing pada anak. Sehingga kebutuhan akan senyawa baik akan selalu terpenuhi. Selain mengkonsumsi susu kambing, jangan lupa untuk memperhatikan asupan makanan yang bergizi untuk anak dan kesehatannya tentunya.

6. Mampu Menjaga Bakteri Baik Di usus

Senada dengan kandungan susu kambing yang mudah dicerna, kandungan dalam susu kambing ini juga mampu menjaga usus anak-anak sahabat. Susu kambing memiliki senyawa anti-inflamasi didalamnya yang akan senantiasa menjaga bakteri baik dalam usus. Bakteri baik yang terjaga akan membantu kesehatan usus dan bisa meredakan peradangan.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Stunting Masalah Gizi Anak Yang Sulit Diatasi

Jadi jika anak sahabat tengah mengalami peradangan usus atau gangguan pencernaan, susu kambing ini bisa membantu loh. Konsumsi susu kambing dengan teratur maka niscaya peradangan akan lebih cepat sembuh. Sehingga anak-anak bisa kembali beraktifitas seperti biasanya.

7. Mampu Meningkatkan Kecerdasan Anak

Didalam tumbuh kembang atau pertumbuhan anak,tentunya bukan hanya soal perkembangan secara fisik saja tetapi juga perkembangan kinerja otak. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan tentunya akan mengalami banyak bimbingan belajar dari orangtua atau sekitar. Nah dukunglah pengajaran itu dengan memberikan konsumsi susu kambing bagi penunjang kecerdasan otak anak-anak sahabat.

Susu kambing memiliki kandungan riboflavin atau vitamin B2 dan B3. Kedua senyawa itu sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan kinerja otak dan kemampuan tumbuh kembang sel otak dan sel saraf. Apabila sel otak dan sel saraf tumbuh dengan maksimal maka kemampuan motorik anak tentunya akan lebih mudah terasah.

Kandungan dan senyawa diatas lebih banyak jumlahnya dibandingkan dengan yang ada pada susu sapi. Sehingga manfaat susu kambing untuk anak memang dirasa cocok untuk membantu kinerja tubuh dan  tumbuh kembangnya. Pastikan untuk memberikan kesempatan anak-anak mengkonsumsi susu kambing ini secara konstan serta dukung dengan vitamin lainnya.

Di atas adalah beberapa manfaat susu kambing untuk anak dan tumbuh kembangnya. Ternyata begitu banyak ya manfaat yang terkandung dalam susu kambing dan dapat membantu perkembangan anak-anak sahabat. Namun sebelum memberikan anak-anak susu kambing ini, pastikan untuk mengetahui kualitas dan kecocokan anak ya, selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *