10 Masalah yang Sering Terjadi pada Windows 10

10 Masalah yang Sering Terjadi pada Windows 10

Saat ini Windows 10 sudah banyak sekali digunakan, baik pada laptop ataupun pc. Sebagian besar laptop keluaran terbaru sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Dibalik ramainya penggunaan Windows 10, bukan berarti sistem operasi ini lancar saja. Faktanya hingga detik ini sudah ditemukan berbagai masalah yang dialami oleh user Windows 10.

1. Windows Store Gagal Update Aplikasi atau Gagal Menginstall

Masalah ini biasanya ditemukan pada pengguna yang tadinya menggunakan sistem operasi dibawahnya, kemudian menjadi Win 10. Beberapa pengguna merasa OS versi 10 ini kurang stabil atau tidak cocok dengan penggunaan sehari-hari. Namun ternyata hal tersebut bisa disebabkan oleh file cache yang berlebihan pada komputer user.

Adapun solusi masalah tersebut tidak lain adalah membersihkan cache file yang tertinggal. Pengguna dapat menghapusnya secara manual atau melalui sistem command dengan cara menekan tombol Win + R dan ketikkan WSReset.exe. Sistem secara otomatis akan menghapus file cache dan Windows Store akan terbuka secara otomatis.

2. Gagal Dalam Install Update Windows

Beberapa pengguna pernah mengalami masalah ketika melakukan instal update Win 10. Pada sebagian kasusnya laptop atau pc pengguna menjadi tidak merespon. Kegagalan juga bisa disebabkan karena jaringan internet yang buruk ataupun mati listrik. Dalam kondisi ini membuat file update windows menjadi tidak sempurna.

Cara mengatasinya adalah pengguna harus menghapus file yang sudah terdownload sebelumnya dan melakukan update ulang. Pengguna dapat melihatnya di folder C:\Windows\SoftwareDistribution\Download dan tinggal menghapus seluruh directory filenya. Setelah menghapus, cobalah untuk merestat dan mengupdate ulang.

3. Muncul Notif “Your PC Need to be Repaired”

Penggunaan yang kurang wajar terkadang membuat sebuah sistem menjadi tidak dapat dijalankan. Ada kasus dimana ketika setelah booting, Win 10 tidak langsung loading ke Windows dan justru menampilkan sebuah notifikasi. Adapun notifikasi tersebut berisikan tentang laptop atau PC butuh di repair.

Baca Juga:  5 Cara Membersihkan Layar HP

Pada kasus ini biasanya terjadi ketika sebagian besar masih mencolokkan kabel USB ke laptop dan lupa untuk mencabutnya ketika booting. Cara mengatasinya sangat mudah, yaitu tinggal melepaskan USB tadi dan lakukan restat. Apabila cara ini tidak berhasil, maka mau tidak mau pengguna harus melakukan install ulang Win 10.

4. “Open With” Tidak Ditemukan

Setelah mengupdate ke Win 10, beberapa pengguna mengalami masalah tidak menemukan opsi “Open With” ketika mengklik kanan suatu file. Meskipun sangat jarang terjadi, namun masalah ini bisa disebabkan oleh file sistem yang rusak atau kesalahan dalam konfigurasinya. Berikut cara mengatasinya :

  • Persiapkan Notepad terlebih dahulu.
  • Tuliskan : Windows Registry Editor Version 5.00
    [HKEY_CLASSES_ROOT\*\shellex\ContextMenuHandlers\Openwith]@=”{09799AFB-AD67-11d1-ABCD-00C04FC30936}.
  • Kemudian simpan file tersebut dengan cara File – Save As dan simpan dengan nama Openwith.reg. Simpan dengan format pilihan All Files dan OK.
  • Tutup terlebih dahulu catatan notepad tersebut.
  • Bukalah kembali file Openwith.reg tadi dan klik Yes sebagai konfirmasi.

Cobalah untuk mengetestnya dengan melakukan klik kanan, lalu carilah opsi Open With. Umumnya opsi tersebut akan kembali muncul setelah diperbaiki menggunakan cara di atas. Jika tidak berhasil, cobalah untuk mendownload file reg di website resmi yang telah disediakan.

5. Gagal Login Otomatis Dengan Microsoft

Win 10 memang menawarkan fitur login otomatis bagi pengguna yang memiliki akun Microsoft. Umumnya pengguna tidak perlu memasukkan username dan password akun Microsoft yang dimiliki. Solusi dari permasalahan ini adalah pengguna harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu. Berikut tata caranya :

  • Buka dialog Run dengan menekan tombol Win + R.
  • Ketikkan netplwiz dan tekan Enter.
  • Pengguna akan diarahkan pada jendela khusus dan ada beberapa pilihan akun yang dapat digunakan untuk login otomatis.
  • Pilih salah satu dan hapus centang kolom “User must enter a username and password to use this computer” dan Ok.
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan password sebanyak 2x lalu klik Ok lagi agar login otomatis dapat berfungsi.
Baca Juga:  10 Aplikasi Karya Anak Bangsa yang Mendunia di Apple dan Android

Cobalah untuk log out atau merestat laptop atau pc dan cobalah untuk login. Sistem biasanya akan langsung login otomatis setelah fitur tadi diaktifkan. Jika belum berhasil, hapus seluruh akun yang ada pada pilihan sebelumnya dan tambahkan akun baru.

6. Windows 10 Terlalu Banyak Menggunakan Data Seluler

Ketika Win 10 terkoneksi dengan jaringan internet yang menggunakan data seluler, beberapa diantaranya mengalami keborosan penggunaan data. Adanya keborosan tersebut disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya karena adanya aplikasi yang update otomatis. Solusi dari masalah ini adalah dengan melakukan setting pada “metered connections”. Berikut caranya :

  • Sambungkan terlebih dahulu ke jaringan data seluler.
  • Masuk ke pengaturan Setting, pilih Network & Internet.
  • Klik WiFi dan pilih Advanced Options.
  • Gantilah statusnya menjadi “Set as metered connection”.

Jika sudah diganti cobalah untuk menggunakannya seperti biasa, apakah sudah mengalami perubahan atau belum. Salah satu tips agar tidak boros dalam penggunaan data seluler adalah matikan koneksi jika sedang tidak dibutuhkan untuk mencegah update aplikasi otomatis.

7. Privasi WiFi Sense

Jika memperhatikan informasi tentang WiFi Sense, fitur satu ini ada hubungannya dengan privasi keamanan. Fitur ini memungkinkan pengguna lain untuk secara otomatis terhubung dengan jaringan WiFi yang dimiliki pengguna A. Dalam hal ini, WiFi Sense memang bekerja mengenkripsi sekaligus membagikan kata sandi jaringan internet yang pengguna miliki kepada kontak pengguna.

Cara mengatasi masalah tersebut adalah dengan menonaktifkannya karena pada memiliki resiko terhadap keamanan privasi. Adapun cara menonaktifkannya adalah :

  • Sambungkan terlebih dahulu ke jaringan WiFi Hotspot.
  • Masuk ke Setting, pilih Network & Internet.
  • Klik WiFi dan pilih Manage WiFi Setting.
  • Hapus centang pada kolom Connect to suggested open hotspot dan Connect to networks shared by my contacts.
Baca Juga:  Tak Perlu Kindle, 10 Aplikasi Ini Bisa Digunakan Untuk Membaca Ebook Di Hp Android Yang Wajib Diketahui

8. Driver Terinstall Otomatis

Ketika pengguna melakukan upgrade ke Windows 10, biasanya ditemukan kendala seperti driver terinstall secara otomatis. Kondisi seperti ini biasanya akan membuat sistem C menjadi penuh karena banyaknya driver yang terupdate otomatis tanpa diketahui fungsinya. Adapun cara menonaktifkannya adalah :

  • Bukalah File Explorer.
  • Pada nama PC pengguna atau This PC, klik kanan dan pilih Property.
  • Pilih Advanced System Setting dan beralihlah ke tab Hardware
  • Ada beberapa pilihan, pilihlah Device Installation Settings dan klik “No, let me choose what to do”.
  • Selanjutnya perhatikan pada opsi “Never install driver software from Windows Update”, centanglah pilihan tersebut dan klik Save Changes.

9. Restat Otomatis Setelah Update Software

Hampir sebagian pengguna mengalami masalah ini ketika Windows 10 mengalami restat setelah mengupdate software tertentu. Kondisi seperti ini tentunya sangat mengganggu produktivitas karena tidak ada notifikasi pemberitahuan khusus. Solusinya adalah dengan menonaktifkan automatic update dengan cara :

  • Masuk ke halaman Windows Update, pilih Setting, kemudian Update & Security.
  • Klik Advanced Option dan pilih Notify to Schedule Restart.

Dengan mememilih opsi tersebut, sistem nantinya akan meminta persetujuan pengguna untuk melakukan restat setelah update software. Beberapa justru menonaktifkan software update dan tidak perlu cemas akan restat otomatis tersebut.

10. Notifikasi Yang Mengganggu

Tidak dapat dipungkiri bahwa Windows 10 seringkali memunculkan notifikasi yang tidak terlalu penting. Pengguna dapat menonaktifkan fitur tersebut dengan cara masuk ke menu Setting terlebih dahulu. Pilih System, Notifications & Actions dan pilih notifikasi yang ingin dinonaktifkan.

Seperti halnya pendahulunya, Windows 10 ternyata juga memiliki masalah yang harus segera ditangani. Pada kasus tertentu juga ditemukan Windows 10 Tidak Aktif dimana pengguna tidak menginstall versi resminya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *