Memberi Kesan Pertama Yang Baik Di Tempat Kerja

Memberi Kesan Pertama Yang Baik Di Tempat Kerja

Memberi kesan pertama yang baik di tempat kerja adalah salah satu perbuatan yang harus dilakukan oleh seorang karyawan yang baru. Dengan meninggalkan kesan yang baik, tentunya akan mendapat respon positif dari sesama rekan, terutama rekan senior di kantor. Yang perlu diingat adalah memberi kesan jangan berlebihan, hingga seperti cari muka.

Perbuatan Yang Harus Dilakukan Untuk Memberi Kesan Positif

Sebagai karyawan baru, tentunya dunia kerja adalah sesuatu hal yang menegangkan baginya, terutama bagi fresh graduate atau yang baru lulus. Tekanan dan grogi pasti menyerang, terlebih jika baru pertama kali menggeluti suatu bidang. Untuk itu di bawah ini ada beberapa langkah yang bisa menjadi acuan seseorang yang baru masuk kerja.

1. Gunakan Pakaian Formal Yang Rapi

Penampilan adalah kesan pertama yang dilihat oleh orang lain, sebagai karyawan baru, tentunya harus memiliki baju formal, seperti kemeja. Tak perlu yang mewah, yang penting bersih dan rapi, kebanyakan beberapa perusahaan memberi patokan berpakaian untuk karyawan baru. Jika datang dengan berpenampilan bersih juga rapi, tentu akan mendapat nilai yang tersendiri.

2. Ramah Dan Sopan

Sikap ramah dan sopan adalah hal yang utama yang harus dimiliki seorang karyawan baru, untuk memudahkannya beradaptasi di kantor. Jika memiliki sikap ramah dan mudah bergaul, tentu akan memudahkannya mendapat kawan untuk memudahkannya dalam bekerjasama dalam pekerjaan. Ini bisa menjadi poin plus dalam memberi kesan yang baik di tempat kerja.

3. Sigap Dan Cekatan

Walau baru memasuki dunia kerja, seorang fresh graduate haruslah siap dengan berbagai tekanan yang terjadi di dalam pekerjaannya. Walau tak banyak tahu, tapi sebagian telah diterapkan pada program pendidikan sebelumnya, usahakan sebaik mungkin mengerjakan sesuatu dengan minim kesalahan. Jika ada perintah dan memang itu menjadi tugas, maka kerjakan dengan cepat.

4. Semangat Kerja Baik Secara Personal Maupun Tim

Memberi kesan pertama yang baik di tempat kerja yang sangat penting adalah semangat dalam bekerja. Dengan bersemangat tentu semua pekerjaan akan dapat dilalui dengan baik walau di bawah tekanan pekerjaan sekalipun. Biasanya perusahaan akan membuat tim dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, tularkan semangat pada sesama rekan, agar tugas selesai sesuai standar.

Baca Juga:  Sering Gagal Ujian SIM? Ini Bocoran Soal Tes Tertulis dan Praktik

5. Minta Pendapat Atau Bertanya

Sebagai karyawan baru, tentunya tak semua pekerjaan bisa dikerjakan secara baik dan minim kesalahan. Mintalah pendapat perihal pekerjaan yang telah dilakukan, apakah sudah sesuai dengan standar perusahaan, jika belum, jangan malu bertanya apa kekurangannya. Jangan lupa ucapkan terima kasih setelah mendapat keterangan yang membantu pekerjaan hingga sesuai dengan keinginan perusahaan.

6. Banyak Mencatat

Akan ada hal baru yang perlu diketahui sebagai seorang karyawan yang baru pertama kali masuk kerja. Catatlah semua tutorial penting yang menunjang pekerjaan yang dilakukan, seperti nomor, peraturan perusahaan, target kerja dan lain sebagainya. Jangan mengulang pertanyaan yang sudah dijelaskan secara rinci, simak dan fokuslah, hal ini menunjukkan kedisiplinan karyawan.

7. Hafal Tugas Dengan Baik

Segeralah menghafal tugas awal yang diberikan dari perusahaan, sebagai karyawan baru tentu tidak banyak pekerjaan penting yang dilakukan. Kecuali jika langsung mendapat posisi tertentu, tentunya seorang karyawan harus mengorganisasi apa saja yang harus diutamakan untuk dikerjakan. Pisahkan antar pekerjaan yang dilakukan secara rutin dan tugas formal lain agar mudah mengerjakannya.

8. Teliti Dalam Pekerjaan

Satu lagi kesan yang harus diberikan pada saat pertama kali bekerja di tempat kerja, yakni ketelitian dalam melakukan pekerjaan. Seorang karyawan baru akan mendapat kesan yang baik jika bekerja secara teliti, hal ini juga akan memudahkan pekerjaannya akan datang. Ketelitian dalam bekerja menandakan karyawan itu perduli akan perkembangan perusahaan tersebut.

9. Hindari Mengeluh Ketika Bekerja

Hal yang sangat fatal dilakukan oleh seorang karyawan dalam bekerja adalah mengeluh ketika sedang bekerja, terlebih di depan seniornya. Tubuh yang baru pertama kali mendapat shock theraphy karena baru pertama kali bekerja, terutama jika menggunakan full tenaga. Tentunya hal ini membuatnya kelelahan, jika pun iya, usahakan agar tidak terlihat yang lain.

Baca Juga:  Parenting Tips Ala Pangeran William Dan Kate Middleton Yang Wajib Dicontoh

Jika merasa penat, carilah tempat sepi seperti toilet, disana bisa meregangkan otot yang kaku akibat kerja full tenaga. Hindari mengeluarkan kepenatan di tempat umum karena akan berpengaruh pada kelangsungan kerja selanjutnya. Jika terlihat, maka karyawan tersebut dinilai tidak memiliki kompetensi dalam melakukan pekerjaannya, maka bisa jadi, karyawan tersebut terancam dipecat.

10. Hindari Absensi Tak Penting

Sebagai karyawan baru, jangan biasakan absen dengan alasan yang dibuat-buat, hal ini berimbas dengan pekerjaan yang akan diberikan. Jika terlalu sering absen, tentu perusahaan tidak akan memakai orang yang malas dalam bekerja di perusahaannya, maka karyawan bisa terkena PHK. Jika memang benar-benar sakit, maka berilah surat keterangan dokter yang menjelaskan absensinya.

11. Jangan Pernah Campuri Pekerjaan Yang Tidak Satu Tim

Biasanya perusahaan akan membagi karyawannya dalam berbagai tim dalam menyelesaikan tugas hingga sesuai target perusahaan. Sebagai karyawan baru, maka bekerjalah sesuai dengan instruksi pada tim yang bekerja sama dalam membangun perusahaan. Jangan merasa sok pintar, walau mengetahui pekerjaan yang tim lain lakukan, tetaplah fokus dengan kinerja tim dan capailah target.

12. Terus Kembangkan Diri

Untuk mencapai posisi tertentu dalam suatu perusahaan, selain pengalaman tentunya pendidikan tinggi hingga bisa menduduki jabatan yang diinginkan. Sebagai seorang karyawan, untuk mencapai tingkat tersebut tentu tidak mudah, untuk itu kembangkanlah kemampuan diri hingga bisa mendapat nilai plus. Ada beberapa perusahaan yang memprogramkan pendidikan pada karyawan yang berprestasi di perusahaan.

13. Berpikir Positif

Tidak semua usaha mendapat nilai dan kesan yang baik terutama pada sesama rekan kerja di kantor. Tetaplah berpikir positif, itu akan membantu menghilangkan semua masalah akibat ketidak sukaan segelintir orang terhadap kesan yang ditimbulkan. Sebagai karyawan baru harus bisa menempatkan diri pada situasi hingga tak banyak musuh di tempat kerjanya.

Baca Juga:  Cara Mengatasi Grogi Saat Bicara Dengan Wanita

14. Berbaur Dengan Sesama Rekan Kerja Setelah Pulang Kantor

Setelah pulang kerja, alangkah baiknya jika lebih lama bercengkrama dengan sesama rekan kerja. Terlebih sebagai karyawan yang baru saja bergabung di perusahaan, obrolkan tentang liburan dan wisata akhir pekan bersama rekan sekantor. Tentunya menyenangkan jika mengetahui ada karyawan senior yang memiliki hobi dan kesukaan pada suatu kegiatan yang sama dengannya.

15. Jangan Mendahului Pembicaraan

Dalam pekerjaan ada beberapa peraturan yang tidak tertulis namun menjadi suatu kesan yang dapat ditimbulkan pada suatu tindakan seseorang. Dan tindakan tersebut bisa dibilang sepele, yakni berbicara pada sesama rekan di kantor terlebih pada atasan. Walaupun tahu jenis pekerjaan yang akan diemban, usahakan jangan dahului pembicaraan atasan ketika memberikan perintah.

16. Jangan Banyak Bercanda Walau Dalam Keadaan Santai

Satu lagi peraturan tak tertulis yang dapat menimbulkan kesan yang tidak baik ketika pertama kali bekerja. Bercanda memang sangat dibutuhkan terlebih jika dalam keadaan tertekan dalam peningkatan kualitas kerja, namun jangan berlebihan hingga berimbas pada pekerjaan. Intinya harus tetap fokus bahkan dalam keadaan santai sekalipun, untuk menandakan keseriusan dalam bekerja.

Memberi kesan pertama yang baik di tempat kerja ini sangat diperlukan oleh seorang karyawan terlebih yang baru memasuki dunia kerja. Hal ini akan membantunya dalam menyelesaikan semua tugas hingga sesuai dengan standar dan target dari perusahaan yang diberikan. Jika kesan baik telah didapatkan, maka jagalah kesan itu untuk kemajuan kariernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *