Menyembuhkan Mata Minus dengan Metode Alami yang Aman dan Minim Resiko

Menyembuhkan Mata Minus dengan Metode Alami yang Aman dan Minim Resiko

Mata minus merupakan penyakit mata umum yang dialami semua orang. Tapi terkadang mata minus bisa menjadi kendala bagi penderitanya, seperti batasan untuk melamar kerja. Karenanya banyak yang mencoba untuk menyembuhkan mata minus dengan metode lasik. Padahal masih banyak metode alami yang lebih aman dan pastinya minim resiko seperti yang di bawah ini.

1. Mengurangi Kegiatan Bermain Gadget

Sinar biru pada gadget dapat merusak penglihatan mata secara perlahan, akibatnya mata menjadi tidak fokus, susah melihat jarak jauh, dan mudah lelah. Apabila sudah seperti ini kemungkinan seseorang untuk menderita mata minus menjadi lebih besar. Karenanya mengurangi penggunaan bermain gadget bisa perlahan menyembuhkan mata minus.

Selain mengurangi waktu saat bermain gadget, tidak ada salahnya untuk menghindari bermain gadget di tempat yang cahayanya redup. Apabila sangat terpaksa melakukannya, pengguna bisa mengatur cahaya handphone agar tepat dengan kondisi sekitar. Sehingga pengguna bisa dengan aman dan nyaman menggunakan gadget.

2. Mengkonsumsi Makanan Kaya Vitamin A

Seperti yang diketahui bahwa vitamin A memang vitamin yang sangat bagus untuk kesehatan mata. Karenanya menyembuhkan mata minus bis dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A di dalamnya. Salah satu yang paling terkenal adalah wortel. Tapi untuk menambah variasi ada banyak makanan lain yang mengandung vitamin A.

Beberapa diantaranya seperti bayam, ubi jalar, tomat, kangkung, semangka, mangga, dan jambu serta masih banyak lagi. Untuk cara mengkonsumsinya bisa dengan cara di jus untuk yang buah-buahan atau dimakan langsung. Kalau yang sayuran bisa dengan dimasak biasa ataupun di kreasikan sesuai dengan keinginan. Ingat untuk menjaga vitamin A agar tidak rusak.

3. Mengkonsumsi Jus Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan salah satu tumbuhan yang banyak sekali mengandung manfaat, salah satunya adalah menyembuhkan mata minus. Apabila hendak menyembuhkan mata yang minus, seseorang bisa membuat terlebih dahulu jus lidah buaya. Nantinya jus inilah yang bisa dikonsumsi sebagai obat alami menyembuhkan atau mengurangi mata minus.

Baca Juga:  Cemilan Rendah Kalori Dan Lemak Yang Bikin Perut Lebih Cepat Kenyang

Sebagai obat, ada dosis yang disarankan dalam meminum jus lidah buaya yakni 3× sehari satu sendok makan. Konsumsi ini secara rutin selama 10 hari dan ada baiknya diminum 30 menit sebelum waktu makan. Karena hanya diminum sebanyak 1 sendok, sisa jus tadi jangan langsung dibuang. Simpanlah dalam kulkas dan gantilah setiap sepuluh hari sekali.

4. Melakukan Terapi Mata

Terapi mata yang satu ini sangat sederhana untuk dilakukan tapi efektif untuk menyembuhkan mata minus. Caranya sangat sederhana, pertama gosok-gosok kedua tangan sampai terasa hangat. Kedua tempelkan perlahan telapak tangan pada kelopak mata yang tertutup, dan jadikan sebagai kompres alami dari suhu tubuh.

Hangat dari tangan ini sangat tepat untuk merelaksasi mata, apalagi saat mata sedang lelah, maka cara yang satu ini sangat ampuh untuk dilakukan. Dengan melakukan cara ini maka dipercaya secara perlahan dapat menjadi kompres alami untuk menyembuhkan mata minus. Tapi cara yang satu ini membutuhkan waktu yang lumayan lama.

5. Melakukan Senam Mata

Senam mata bukan berarti mata gerak-gerak seperti bagian tubuh yang lainnnya. Tidak, bukan seperti itu karena senam mata ini lebih sederhana untuk dilakukan. Pertama bisa dengan melakukan rotasi bola mata ke kanan dan ke kiri sebanyak 100 kali yang dilanjutkan dengan berputar dan berkedip dengan jumlah yang sama.

Cara yang satu ini digunakan untuk menambah elastisitas otot mata yang berkurang karenapenyakit minus. Jadi dengan melakukan senam ini secara rutin setiap hari, maka perlahan mata minus pun menjadi berkurang. Selain mudah, cara yang satu ini juga minim resiko.

6. Memberikan Pijatan Pada Mata

Pernah memijat pangkal hidung menggunakan jari jempol dan telunjuk? Apabila pernah lanjutkan kegiatan tersebut. Karena kegiatan ini ternyata bisa bermanfaat untuk menjadi terapi pemijatan alami untuk bisa mengurangi mata minus. Selain itu bisa juga dengan memijat daerah luaran mata dengan gerakan melingkar.

Baca Juga:  Kesehatan Jantung, 7 Tips Gaya Hidup Sehat Buat Jantung

Caranya sangat sederhana, pemijatan dapat dilakukan dimulai dari ujung mata yang berada dekat hidung. Lalu gerakan tangan dengan memutar dan naik, menuju ke tulang alis. Lakukan terus sampai ke bawah mata dan berikan pijatan lembut. Saat melakukan pijatan ini jangan melakukannya terlalu keras.

7. Membiarkan Otot Mata Menjadi Rileks

Mata sama halnya dengan bagian tubuh yang lain, yakni membutuhkan istirahat. Pertama rilekskan mata dengan memejamkan mata selama beberapa menit. Lakukan ini setiap dua sampai tiga jam sekali. Selain itu bisa juga dengan melihat objek berwarna hijau, seperti lukisan pemandangan dan sebagainya.

Menjauhkan mata dari penggunaan yang berat seperti terlalu lama menatap gadget, atau membaca buku dalam cahaya remang juga bisa menjadi cara relaksasi mata yang tepat. Gunakan cara yang satu ini secara rutin dan saat mata sudah mulai terasa lelah. Karena cara ini sangat efektif untuk membuat otot mata menjadi lebih santai.

8. Melakukan Terapi Lilin

Terapi lilin ini paling banyak disarankan oleh beberapa ahli untuk menyembuhkan mata yang minus. Caranya pertama adalah siapkan sebuah lilin biasa seperti lilin untuk mati lampu. Lalu nayalakan lilin, dan tataplah lilin itu usahakan tanpa berkedip. Tatap terus selama beberapa saat sampai mata terasa berair lalu hentikan dan berkedip.

Ulangi cara tersebut keesokan harinya dan jangan terlalu sering. Terapi ini juga perlu diperhatikan keselamatannya, seperti mengikat rambut sebelum terapi takut rambut terbakar api lilin. Untuk terapi lilin sendiri aman digunakan asal tidak terlalu sering, dan sesuai dengan petunjuk yang tadi.

9. Mengurangi Penggunaan Kacamata

Penggunaan kacamata apabila digunakan terlalu sering, ternyata dapat mengakibatkan ketergantungan. Akibatnya mata tidak terlatih untuk melihat objek yang jauh dan justru minus tidak berkurang dan justru bertambah. Karenanya lepas kacamata saat tidak terlalu dibutuhkan dan latihlah mata untuk melihat objek yang jauh agar mata menjadi lebih sehat.

Baca Juga:  Cara pacaran santai tapi serius

Selain itu melepaskan kaca mata ini juga bisa membuat otot hidung dan telinga menjadi lebih rileks jadi seperti mengistirahatkan tiga panca indera sekaligus. Jadi tidak ada salahnya untuk melepaskan kaca mata apabila sedang tidak digunakan. Karena ternyata melepaskan kaca mata bisa memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk mata saja.

10. Menggunakan Telunjuk untuk Melatih Fokus

Hanya dengan menggunakan telunjuk ternyata bisa menjadi obat yang mujarap untuk mengobati mata minus. Caranya sangat mudah cukup letakkan telunjuk 10cm di depan hidung, dan fokuskanlah pandangan mata ke arah telunjuk. Lalu setelahnya alihkan pandangan mata ke arah belakang telunjuk yang lebih jauh.

Cara ini dianggap sangat efektif karena bisa melatih fokus mata yang sempat menurun karena minus. Saat melakukannya tidak perlu menggerakkan kepala, cukup melirik sedikit saja jadi benar-benar kekuatan mata yang digunakan. Jangan lupa untuk mencari posisi yang senyaman mungkin sebelum memulainya.

Itulah tadi cara menyembuhkan mata minus yang sangat mudah untuk dilakukan dan pastinya sangat efektif untuk mengurangi tingkat mata minus. Meskipun begitu, satu yang perlu diingat bahwa cara alami biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, tidak perlu khawatir karena cara ini lebih minim resiko yang bisa menyebabkan kebutaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *