Model Jas Untuk Pria Dan Peruntukannya

Model Jas Untuk Pria Dan Peruntukannya

Busana jas sering dikenakan pria untuk menghadiri acara yang dianggap penting. Model jas untuk pria tanpa disadari akan mempengaruhi status sosial pemakainya. Kebanyakan orang juga menganggap mereka yang memaka fashion ini adalah oaring yang terpelajar, terpandang dan professional. Tampilan  elegan dan mewah ini, dibandero  dengan yang cukup mahal.

Sesuai Peruntukannya

Meskipun model jas untuk pria tidak banyak mengalami perubahan, bukan berarti hanya sebegitu saja tampilannya. Busana yang elegan, rapi dan maskulin serta mewah tetap menjadi perhatian para desainernya.  Vent yang merupakan potongan yang berada dibagian belakang, yang terbagi menjadi; tanpa vent, single vent berada di tengadan double vent yang berada di kanan & kiri. Sehingga tidak memalukan pemakainya saat hadir di acara-acara tertentu yang bersifat formal maupun semi formal.

1. Berkelas Dan Elegan

Model jas untuk pria yang bekelas dengan tampilan yang elegan ini disebut desain Single Breasted.  Sesuai dengan namanya desain jas ini hanya memakai satu garis kancing dengan jumlah maksimalnya 3 buah. Untuk yang  berkancing 1 lebih cocok dipakai sebagai dinner jackets. Setelan jas berbahan sati atau sutera ini paling banyak disukai dan menjadi pilihan kaum pria. Sebab meskipun desainnya sederhana tetap elegan dan berkelas. Apalagi jika dipadukan dengan rompi tanpa lengan dan kerah.

 2. Maskulin Penuh Kharismatik

Setelan dengan model jas untuk pria ini sangat cocok untuk yang ingin tampil maskulin. Dengan desain Double Breasted yang memakai 2 line kancing tanpa vent juga dikenal dengan Italian Style Suit. Biasanya menggunakan 4 hingga 6 buah kancing yang disusun secara paralel.

3. Dinner Suit

Sesuai namanya desain ini biasa dikenakan saat dinner atau jamuan makan malam. Model jas untuk pria yang dapat memberikan kesan formal dengan tampilan menawan. Setelan jas yang biasany berwarna hitam ini akan lebih keren jika dilengkapi dengan dasi model kupu-kupu.

4. Mandarin Suits

Desain khas Shanghai ini sangat pas dan cocok untuk acara-acara tertentu di malam hari.  Model jas untuk pria dikenal dengan nama Mandarin Suits. Rancangan desain jas ini sangat keren dengan mengancingkan semua kancingnya. Tampilan busananya yang elegan dan professional.

Baca Juga:  Tips Memilih Baju Batik Pria

5. Unik Penuh Karisma

Model jas untuk pria yang popular di era gangsterAmerika ini sangat unik dikenal sebagai desain Zoot Suits. Desain yang long coats, high waisted dan big lapels, sehingga tergolong antik. Kesan original yang penuh, karisma diperoleh penggunanya ketika mengenakannya.

 6. Formal Dan Resmi

Tuxedo dapat digolongkan pakaian mewah, sehingga para pria jetset wajib memilikinya. Model jas untuk pria sangat pas dan cocok dikenakan saat hadir di acara-acara formal dan resmi, seperti; gala dinner, party, red carpet, momen pernikahan dan lain sebagainya. Desain kerah dari bahan satin mengkilap tuxedo ini bentuknya melingkar atau shawl.

Memadukan kemeja model wing callar atau kerah yang bersayap serta dilengkapi dasi model kupu-kupu yang serasi dengan suitnya.  Warna hitam dan buntut di bagian belakang jas akan menambah keren dan elegan penampilannya. didominasi bahan satin, bahkan sutera yang dapat memberikan kesan mahal atau eksklusif.

7. Formal Tapi Santai

Gaya busana formal yang berkesan santai ini dikenal dengan istilah The Summer Suits atau TSS.  Bahan untuk model jas untuk pria ini biasanya terbuat dari katun yang beratnya mencapai 100 hingga 200 gram. Rancangannya pun didesain agar tidak terasa gerah atau kepanasan saat memakainya.

Kriteria Lain Pemilihan Jenis Jas

Salah satu busana formal yang paling banyak dikenakan saat ini adalah pakaian model jas. Karena memberikan kesan rapi dan professional bagi pemakainya. Selain untuk keperluan kerja kantoran, pakian jas ini juga sangat cocok untuk dikenakan pada acara-acara resmi. Berikut ini beberapa kriteria pemilihan jas:

Warna Pilihan

Mendapatkan setelan jas yang berkualitas dan pas di badan bisa diperoleh dengan menjahit atau tailor made. Meskiuntuk itu harus merogoh kocek yang lebih dalam lagi. Beberapa warna yang bisa dijadikan pilihan setelan jas pria antara lain:

  • Hitam klasik dan sederhana ini yang tidak pernah ketinggalan jaman.
  • Abu-abu tua merupakan alternatif pengganti warna hitam ini dapat memberikan kesan formal dan dewasa pemakainya. Serta sangat mudah dipadukan dengan warna lain.
  • warna abu-abu muda menjadi terkesan santai bahkancukup mudah dipadukan dengan baju yang bermotif, seperti; herringbone, checks dan lain sebagainya.
  • Biru tua yang effortlessly stylish menggambarkan kesederhanaan dengan sifat klasiknya, serta versatile yang lebih antai dibandingkan warna hitam.
  • Setelan coklat tua yang lebih cocok di negara tropis, seperti; Indonesia
  • Setelan jas warna putih ini lebih cocok dikenakan pada siang hari. Warnanya yang kontras dapat menjadi pusat perhatian orang lain.
  • Merah maroon biasanya dipakai pada acara semi formal dan santai.
Baca Juga:  5 Penyebab Tas Hermes Mahal Hingga Miliaran Rupiah

Menyesuaikan Postur Tubuh

Bentuk dan ukuran tubuh proporsional tidak semua laki-laki memilikinya. Setelan jas yang dapat melambangkan kemampanan sekaligus gaya hidup, justru membuat pria ragu dan mengalami kesulitan. Beberapa tips agar terlihat lebih proporsional saat mengenakan setalan jas, antara lain:

  • Bagi yang bertubuh kurus dapat memakai tuxedo, di bagian depannya menggunakan model double breasted, sehingga tampilannya tubuhnya berkesan padat dan berisi.
  • Untuk yang bertubuh gemuk dapat memakai setelan jas jenis single button atau 1 kancing. Hal itu akan memberikan kesan pinggang terlihat kurus.
  • Yang bertubuh pendek sebaiknya mengenakan model bodyline atau sepanjang garis tubuh. Jangan memakai jas slim fit maupun body fit. Kemeja di dalam jas akan memberikan kesan lebih tinggi.
  • Bertubuh tinggi memang idaman kaum pria. Agar tampil menawan pilh setelan jas yang desain modelnya memanjang serta motif yang sedang
  • Tubuh atletis atau berotot sering mengalami kesulitan dengan lengannya. Untuk itu jangan mengenakan setelan jas yang slim fit dan kebanyakan kancing.

Bahan Setelan Jas

Kenyamanan yang dirasakan suatu setelan jas dapat diketahui melalui bahan pembuatannya. Beberapa bahan kain untuk membuat setelan jas, antara lain:

  • Karena estetika maupun fleksibilitasnya, wol merupakan kain yang populer uckup untuk pria.
  • Salah satu jenis halus, dan daya tahan tinggi adalah worsted.
  • Kesan mewah dan dapat memberi kilau pada setelan jas yang terbuat dari Kain kasmir, baik murni atau campuran. Sangat cocok utuk pria kurus  atau ramping yang menginginkan tampilan mewah dan berkelas disaat kerja maupun saat hadir diacara resmi.
  • Katun merupakan kain yang cukup populer untuk setelan jas. Sifatnya yang lentur serta menyejukan.
  • Linen dengan sifatnya yang ringan dan sejuk. Sangat cocok dan pas untuk pria yang memiliki tubuh besar. Dan sebaiknya dikenakan di acara yang semi formal, jangan dikenakan saat kerja.
  • Poliester dibuat dari campuran bahan lain, seperti wol, jangan kenakn setelan jas jenis ini pada saat suhu ekstrim.
  • sutra yang berkelas dan mewah, Kain ini memiliki ketahanan di segala suasana, dan cocok untuk berbagai  macam tipe tubuh, serta untuk acara yang mewah.
  • Velvet merupakan kain tenunan dari sutra, katun, dan nilon tekstur yang mewah sangat bagus untuk dijadikan setelan jas
Baca Juga:  Karakter Pria Berdasarkan Pakaian yang Digunakan Sehari-hari

Mengenakan Jas Terbaik

Agar pas dan cocok dengan acara yang akan dihadiri, perlu model jas untuk pria dipersiapkan yang paling baik serta pantas. Sehingga dapat tampil dengan elegan dan penuh kharisma, seperti:

  • Pilih ukuran yang sesuai, meskipun jas bukan termasuk baju ukuran besar, seperti: ukurannya tidak ketat  atau terlalu besar. Perhatikan detil setelan jas dibagikan yang meliputi; ukuran bahu, lebar dada, pinggan  dan lain seterusnya.
  • Pilihlah setelan yang lebih panjang, sehingga dapat menutupi bokong maupun retsleting celana.
  • Pilihlah setelan jas yang panjang lengannya tidak terlalu panjang maupun kependekan. Sehingga dapat tampil dengan seimbang dan menawan.
  • Cocokan warna sepatunya.
  • Jika setelan jas dan celananya slim fit pastikan panjangnya hingga di atas sepatu
  • Pilih dasi berwarna lebih gelap

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *