Pantai Ujung Negoro, Pantai Cantik Nan Tersembunyi Di Batang

Pantai Ujung Negoro, Pantai Cantik Nan Tersembunyi Di Batang

Liburan natal dan akhir tahun sudah di depan mata. Apakah Anda sekeluarga sudah menyiapkan agenda liburan kali ini? Apabila belum, ada rekomendasi tempat yang eksotis dan dijamin bikin nagih! Namanya Pantai Ujung Negoro yang merupakan salah satu pantai indah di Indonesia. Jalan menuju Pantai Ujung Negoro pun mudah loh! Meski agak kedalam tapi pasti Anda dapat menemukannya.

Pantai Ujung Negoro terdapat di Desa Ujung Negoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Pemandangan dan panorama pantai memang selalu eksotis dan menarik untuk dihabiskan bersama orang-orang tersayang. Entah pasangan, kerabat atau keluarga. Pantai Ujung Negoro pun menjadi salah satu pantai indah di Indonesia. Maka dari itu keindahannya wajib dibagikan kemana-mana agar banyak orang yang mengetahuinya.

Keindahan Pantai Ujung Negoro

Pantai Ujung Negoro terdapat di kawasan pantai utara. Kekayaan yang terlihat pun lewat pemandangan pantai yang eksotis dan membentang di hamparan pasir, tebing laut dan bebatuan yang indah. Panorama yang ditawarkan pun masih alami. Adapun karakteristik Pantai Ujung Negoro ini yakni pantai yang melandai, bertebing, susunan batu laut yang keras dan pasir yang indah. Ombaknya pun mengalir dengan ketinggian aman serta kondisi air yang cukup jernih. Bebatuan di pinggir pantai pun banyak sehingga menambah kesan eksotis.

Asal Mula Nama Ujung Negoro

Menurut warga setempat nama Pantai Ujung Negoro diartikan sebagai pantai yang berada sangat jauh. Hal ini pun sesuai karena Pantai Ujung Negoro terletak cukup jauh dari pusat Kota Batang. Malahan berbatasan dengan Alas Roban. Anda tak akan menyesal menginjakkan kaki ke Pantai Ujung Negoro ini karena pantainya bersih dan cocok dijadikan tempat singgah untuk menghabiskan waktu dengan sanak keluarga. Keindahan tebing, karang dan bebatuannya membuat pantai ini sangat indah untuk dipandang.

Baca Juga:  Sejarah Dieng, Pesona Negeri Di atas Awan

Di Pantai Ujung Negoro ini, ada tulisan besar yang biasa digunakan wisatawan untuk berfoto. Bahkan masih ada warga lokal yang memancing loh. Di sana juga Anda bisa membeli ikan asin dari nelayan langsung. Wow! Menarik, bukan?

Berwisata di Pantai Ujung Batang memang memiliki daya tarik tersendiri dibandingkan dengan berwisata di tempat lain. Seperti contohnya, di Batang ada juga wisata Pantai Sigandu yang memiliki atraksi lumba-lumba. Anak-anak pasti suka!

Jalan Menuju Pantai Ujung Negoro Batang

Sebetulnya, posisi Pantai Ujung Negoro tak jauh dari jalan pantai utara atau yang biasa kita sebut sebagai pantura. Lokasinya pun hanya sekitar 14 kilometer dari Kota Batang yang searah dengan timur laut. Garis pantainya memang tidak begitu luas namun sangat indah untuk berwisata di sana. Untuk diketahui, Pantai Ujung Negoro sendiri termasuk ke dalam Kawasan Konservasi Laut Daerah (KKLD) karena itulah kondisi alamnya masih asri dan kebersihannya pun terjaga dengan baik.

Adapuan jalan menuju Pantai Ujung Negoro sebetulnya terletak berdekatan dengan Pantai Sigandu tepatnya berada di sebelah timur. Jadi, Anda tak akan kesulitan menemukannya.

Lebih detailnya, jalan menuju Pantai Ujung Negoro yakni bisa masuk dari jalan pantura ke utara lewat Jl. Raya Bakalan. Setelah itu melalui Jl. Syeh Maulana Maghribi dan tinggal lurus menuju Pantai Ujung Negoro.

Panorama Pantai Ujung Negoro

Panorama yang indah dari Pantai Ujung Negoro ini adalah adanya hamparan pasir pantai yang dikelilingi dengan batuan serta karang dan tebing. Tebing-tebingnya berdiri kokoh sehingga sangat indah untuk dipandang. Kondisi lingkungan dan alamnya pun masih sangat terjaga dan asri. Meski demikian, ada beberapa bangunan di sekitaran pantai, namun kelestarian pantai tetap dipertimbangkan agar tidak rusak.

Baca Juga:  Pengaruh Driver Online terhadap Wisata

Pantai Ujung Negoro merupakan pantai berpasir cokelat sampai kehitaman. Ombaknya tidak terlalu besar sebagaimana ciri ombak pantai di utara pulau jawa sehingga relatif aman untuk berenang. Namun harus tetap waspada dan hati-hati agar tidak berenang terlalu ke tengah.

Air pantainya pun jernih karena masih aman terjaga. Bebatuan di bibir pantai pun membuat pantai semakin terlihat indah. Di samping itu ada dermaga yang tidak terlalu besar untuk bisa digunakan sebagai tempat bersantai atau sambil memancing.

Lalu ada pohon ketapang yang lumayan besar sebagai tempat berteduh wisatawan. Di sisi pantai, ada tebing berbatu indah yang berdiri kokoh nan megah. Untuk ke atas tebing itu pun pihak pengelola sudah menyediakan jalan yang bisa dilalui untuk memudahkan wisatawan ke atas tebing.

Tak hanya itu, di sisi lain tebing pun terdapat gua loh! Ukurannya memang tak terlalu besar. Gua itu adalah Gua Aswatama. Lalu di puncak bukitnya terdapat makam Syeikh Maulana Maghribi. Makam ini masih ramai dikunjungi peziarah loh.

Sementara itu di Gua Aswatama memiliki kisah yang cukup melegenda di hati masyarakat. Kisah tersebut dipercayai terjadi pada perang Bharatayuda. Saat itu diceritakan ada Pendeta yang kalah melawan Pandawa. Demi membalaskan dendamnya, Aswatama si anak pendeta, mengejar Pandawa sampai Pantai Ujung Negoro.

Karena tak membuahkan hasil, Aswatama pun bersemedi di gua dan berdoa pada Dewi Wilutama di Khayangan. Sang Dewi pun akhirnya mendengar lalu turun ke bumi dan memberikan kekuatan pada Aswatama anaknya untuk menyusul Pandawa di Jonggring Saloka (Dieng).

Akhirnya Sang Dewi meminta anaknya menggali tanah dengan syarat tak boleh menengok ke belakang. Namun, Aswatama ini tergoda untuk menengok ke belakang sehingga galiannya kembali seperti semula. Karena kesal dengan kesalahannya sendiri, Aswatama akhirnya membelokkan galian tersebut ke daerah Batur. Hingga saat ini kisah mitos tersebut masih cukup bersemayam di masyarakat setempat sampai cerita pun turun temurun ke anak-anak mereka.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Daerah Solo Jawa Tengah Paling Populer

Hal aneh lainnya di Pantai Ujung Negoro adalah dengan kehadiran sumur yang berair tawar di sana. Anehnya, letak sumur tersebut tak terlalu jauh dari bibir pantai. Bahkan hanya beberapa meter dari bibir pantai tetapi air di dalamnya air tawar loh. Unik sekali, bukan?

Harga Tiket Masuk Pantai Ujung Negoro

Bagi Anda yang tak sabar dan ingin buru-buru menyiapkan budget, Anda tak perlu khawatir karena HTM Pantai Ujung Negoro sangat amat murah. Yakni hanya sekitar Rp 5.000 per orang. Dengan harga itu kita sudah bisa menikmati Pantai Ujung Negoro keseluruhan.

Di sana ada juga penyewaan perahu bagi Anda yang ingin berkeliling di sekitaran pantai. Namun hanya saat waktu-waktu tertentu, seperti saat nelayan libur melaut. Lalu ada juga biaya parkir yakni hanya Rp 1.000 untuk motor dan Rp 3.000 untuk mobil.

Gimana? Sudah tertarik dan ingin ke sana? Tempatnya bagus banget loh! Cocok bagi Anda yang bosan dengan pantai yang itu-itu saja. Jangan lupa masukkan ke bucket list liburan akhir tahun Anda bersama keluarga ya!

Agar teman-teman dan keluarga lainnya tau, jangan lupa share, komen dan like! Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *