Pura Luhur Uluwatu Menyuguhkan Destinasi Liburan Yang Berbeda

Pura Luhur Uluwatu Menyuguhkan Destinasi Liburan Yang Berbeda

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal hingga wisatawan mancanegara. Keindahan pulau Bali selalu diidentikkan dengan wisata pantai yang Indah. Namun sebagai wliayah yang penduduknya sebgain besar beragama Hindu, Bali juga memiliki banyak Pura untuk kegiatan ibadah bagi sebagian masyarakatnya. Salah satu pura yang bisa dikunjungi ada di Pura Luhur Uluwatu. Jadi saat berkesempatan mengunjungi Bali bisa mampir ke tempat tersebut.

Mengenal Pura Luhur Uluwatu

Salah satu tempat wisata yang disuguhkan Bali bagian selatan ada Pura Luhur Uluwatu. Bagaimana keindahan dan daya tarik pura ini?. Mari simak berbagai ulasan terkait informasi mengenai pura tersebut. Mungkin liburan akhir tahun ini bisa menjadi salah satu tujuan destinasi yang berbeda dari biasanya.

Dimana Lokasi Pura Luhur Uluwatu?

Jika ada yang berminat mengunjungi Pura Luhur Uluwatu ini maka bisa langsung menuju lokasinya. Adapun lokasinya berada di Kabupaten Badung, tepatnya di Kecamatan Kuta Selatan, desa Pecatu. Jika pengunjung berada di Bandara Ngurah Rai maka jarak tempuh ke Pura ini sekitar satu jam waktu tempuhnya.

Adapun untuk urusan transportasi, maka pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor. Sebab jika mengandalkan sarana transportasi umum maka untuk menuju tempat tersebut belum memadai.

Namun walaupun belum ada kendaraan umum pengunjung masih bisa menggunakan jasa sewa mobil ataupun motor yang bisa ditemukan dengan mudah. Jika kebingungan harus rental dimana pengunjung bisa langsung menggunakan batuan google. Menggunakan jasa rental sekaligus supir di Bali bisa membuat pengunjung lebih nyaman, pasalnya pengunjung tidak perlu lagi bingung mencari jalan menuju tempat wisata.

Harga Tiket Masuk

Untuk pengunjung yang sudah berencana berlibur ke Pura Luhur Uluwatu maka pastikan berkunjung saat jam 07.00 hingga 19.00. Namun bagi yang berniat untuk sembahyang, tempat ini akan terus dibuka hingga 24 jam. Berbagai Fasilitas seperti tiolet sudah disediakan diarea luar, jadi pengunjung bisa tetap nyaman walau ditempat ini berjam-jam.

Baca Juga:  Rencanakan Keuanganmu Dengan Baik Jika Ingin Travelling Ke Eropa

Harga tiket masuk ke Pura Luhur Uluwatu tidak akan menguras kantong pengnjung. Ada beberapa harga yang berbeda misalnya untuk kategori dewasa 30 ribu per orangnya. Kemudian untuk anak-anak cukup dengan 20 ribu saja. Sedangkan untuk parkir mobil 5 ribu.

Namun harga semacam itu tidak sama dengan wisatawan Asing. Bagi wisata asing pada kategori dewasa adalah 50 rb. Namun pada anak-anak 30 ribu. Adapun tiket parkir dan pertunjukan tari kecak dihargai dengan nominal yang sama.

Walaupun tempat ini dibuka mulai dari jam 07.00 namun sebagian wisatawan akan berkunjung pada jam 17.00 sebab pada jam tersebut matahari sudah tidak begitu terik, jadi nyaman untuk beraktivitas diluar ruangan.

Daya Tarik Pura Luhur Uluwatu

Ada banyak keunikan yang tidak akan didapatkan ditempat lain. Hal ini juga yang membuat pura Luhur Uluwatu ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisawan dalam negeri maupun luar negeri. Adapun yang akan didapatkan oleh pengunjung ditempat tersebut adalah sebagai berikut

1. Melihat Banyaknya Kera di Arean Hutan di Uluwatu

Pada daerah ini dekat dengan area hutan. Jadi akan ada pintu masuk yang utama adalah akses untuk menuju Area Pura Luhur Uluwatu. Sedangkan juga ada semacam gerbang sebagi akses masuk melalui pintu bagian utara dan selatan. Saat pengunjung memasuki pura tersebut maka sebenarnya sedang memasuki kawasan hutan yang masih sangat rimbun.

Bahkan jika pengunjung hendak masuk lewat gerbang bagian utara pura maka perlu berjalan beberapa meter dengan hanya jalan setapak. Jika pengunjung menyaksikan banyaknya kera, perlu diketahui juga bahwa disini ada jenis kera yang sama dengan di Ubud monkey Forest.

2. Cara berpakaian yang unik saat memasuki kawasan ini

Salah satu yang harus dilakukan pengunjung adalah saat memasuki kawasan ini harus memakai pakaian khusus. Dimana pengunjung harus memakai kain sarung dan selendang yang diikat pada pinggang mereka. Namun pengunjung tidak perlu membelinya dari rumah, sebab akan selalu disediakan pada bagian tiket masuk.

Baca Juga:  Panorama Pantai Randusanga Indah Brebes Dan Berbagai Fasilitas Menariknya

3. Pertunjukan Tarian Kecak

Bali memang sangat terkenal dengan tarian tradisionalnya yaitu tari kecak. Bagi pengunjung yang menyukai pertunjukan seni maka berlibur ke Pura Luhur Uluwatu bisa menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan.

Namun penonton tarian ini akan dikenai biaya lagi. Karena pertujukan ini sangat terkenal jadi disarankan untuk pengunjung yang sangat ingin menontonnya maka bisa memesan terlebih dahulu pada hari-hari sebelumnya. Adapun cara pembelian tiket sudah bisa dilakukan via online Jadi saat tiba di Bali pengunjung tidak akan kecewa ke habisan tiket. Harga tiketnya 100 ribu per orangnya. Adapun waktu pementasan adalah mulai pukul 18.30.

4. Lokasi melihat Sunset Bali

Karena lokasinya dekat dengan pantai maka pura luhur Uluwatu ini bisa menjadi salah satu menikmati indahya sunset. Hal yang menyebabkan lokasi ini menjadi salah satu lokasi terbaik menyaksikan sunset adlaah karena pura ini berada di bagian ujung barat daya pulau Bali.

5. Terdapat Area Parkir yang luas

Mungkin salah satu yang sering dikeluhkan pengunjung pada wisata umumnya adalah masalah parkir. Namun pengunjung disini tidak perlu lagi khawatir. Pasalnya pura uluwatu ini memiliki area parkir yang sangat luas. Selain itu juga bagian parkirnya tidak jauh dengan lokasi pura.

Tempat wisata yang dekat dengan Pura

Saat berkunjung ke Pura Luhur Uluwatu maka pengunjung juga bisa berkunjung ke tempat lainnya. Pertama ada wahana tanjung Benoa Bali ditempat ini pengunjung bisa berwisata bahari. Pengunjung bisa menghabiskan waktu mereka dengan mengendarai jet ski, banana boat dan masih banyak lagi.Sedangkan tempat wisata lain yang tidak jauh dari Pura Luhur Uluwatu adalah Garuda wisnu kencana. Terdapat patung garuda dan wisnu kencara yang sangat besar. Sehingga tempat ini menjadi salah satu lokasi yang wajib dikunjungi saat berada di Bali.

Baca Juga:  Makanan Khas Maluku Utara, Pilihan Tepat Untuk Wisata Kuliner

Selain kedua tempat tadi, masih ada lokasi wisata lain yang tidak jauh dari Pura yaitu Pantai Nusa Dua. Pantai disini terkenal dengan pasirnya yang berwarna putih dan ombak yang sangat tenang. Oleh karena itu tempat ini juga cocok untuk wisata keluarga. Sebab anak kecil bisa dengan aman berada di pantai ini, namun tentunya tetap dalam penjagaan orang tua.

Sedangkan yang berikutnya ada wisata Pantai Pandawa Kutuh. Tempat ini juga banyak dikunjungi para wisatawan karena tempat yang bersih dan pasir pantai yang putih. Namun selain itu karena juga berdekatan dengan pantai-pantai yang lain. Selain itu ada Pantai Uluwatu sendiri juga dekat dengan pura. Yang menjadi salah satu daya tarik pada pantai ini adalah bisa digunakan untuk kegiatan surfing.

Demikian itu hal yang menarik dan akan terus menjadi daya tarik para wisatawan untuk selalu mengunjungi Pura Luhur Uluwatu. Selain pengunjung bisa berwisata, pengunjung juga bisa memperoleh pertunjukan kesenian khas Bali yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *