Ragam Kuliner Bogor 24 Jam untuk Para Pecinta Kuliner

Ragam Kuliner Bogor 24 Jam untuk Para Pecinta Kuliner

Kuliner menjadi salah satu daya tarik utama wisata di Bogor, Jawa Barat. Ragam kuliner di Bogor memang sangat bervariasi. Selama 24 jam penuh, Bogor akan memanjakan lidah para pecinta kuliner yang berkunjung ke sana. Beberapa tempat kuliner Bogor 24 jam berikut ini dapat menjadi referensi saat kulineran ke Bogor.

Pilihan Kuliner di Bogor

Ada banyak sekali pilihan kuliner di Bogor, mulai dari yang berbentuk cafe hingga yang tradisional. Meski tidak semua buka selama 24 jam, tetapi tidak perlu khawatir karena selama 24 jam, lidah para pecinta kuliner akan tetap disuguhi makanan-makanan lezat di Bogor. Agar lebih mudah, kuliner di Bogor dibagi menjadi dua: Kuliner Legendaris dan Cafe-Cafe modern.

Kuliner Legendaris Bogor

Lapar pada pagi hari di kota hujan, Bogor, tentu bukan masalah besar. Beragam kuliner di Bogor sudah buka saat pagi hari. Rata-rata tempat kuliner ini buka pada pukul 09.00. Berikut adalah beberapa daftar kuliner legendaris yang ada di Bogor.

1. Lumpia Basah Suryakencana

Mengawali pagi sebaiknya jangan memakan makanan yang terlalu berat tetapi cukup mengenyangkan. Kalau di Bogor, mengawali pagi bisa dengan menyantap jajanan sederhana seperti Lumpia Basah Suryakencana misalnya. Lumpia basah Suryakencana ini buka pada pukul 09.00 pagi. Porsinya cukup untuk memberikan energi sebelum jalan-jalan.

Lumpia Basah Suryakencana ini berisi bengkuang, tahu, telur, dan tauge. Rasanya jangan ditanya lagi, sangat memanjakan lidah pecinta kuliner pokoknya. Lumpia basah Suryakencana ini juga termasuk legendaris. Si Bapak ini sudah berjualan sejak tahun 1972.

2. Soto Kuning Pak Yusuf

Kalau masih lapar, mungkin berikutnya bisa datang dan menyantap Soto Kuning Pak Yusuf. Soto Kuning Pak Yusuf ini sudah ada sejak tahun 1977, sangat legendaris. Sehingga jangan ragukan kualitas rasa sotonya karena sudah terjamin super enak. Bahkan orang-orang rela antre cukup lama untuk menikmati semangkuk soto buatan Pak Yusuf ini.

Baca Juga:  Kuliner Seafood Semarang Paling Terkenal

Soto Kuning ini cukup unik karena berbeda dengan soto-soto lainnya yang ada di Indonesia. Bisa dibilang, Soto Kuning ini adalah soto khas dari Bogor, dan Pak Yusuf adalah yang memiliki resep otentik soto kuningnya. Kuahnya gurih, pilihan dagingnya melimpah. Dengan tampilan warung kaki lima sederhana, tetapi rasanya bintang lima.

3. Cungkring Legendaris Pak Jumat

Selain Soto Kuning, salah satu kuliner legendaris dari Bogor adalah Cungkring, yang berarti kikil sapi dalam bahasa Sunda. Salah satu pembuatnya, Pak Jumat ini usdah berjualan sejak tahun 1975. Sayangnya, makanan tradisional ini sudah hampir punah.

Selain Soto Kuning, salah satu kuliner legendaris dari Bogor adalah Cungkring, yang berarti kikil sapi dalam bahasa Sunda. Salah satu pembuatnya, Pak Jumat ini sudah berjualan sejak tahun 1975. Sayangnya, makanan tradisional ini sudah hampir punah. Cungkring Pak Jumat sudah dibuka mulai pukul 07.00 pagi.

4. Martabak Encek Suryakencana

Kalau biasanya martabak dimakan pada sore atau malam hari, di Bogor ada yang jual martabak bahkan sejak siang hari. Martabak Encek namanya. Martabak Encek menjadi kuliner legendaris dan unik. Cara pembuatannya menggunakan arang saat memasaknya. Sehingga aroma arangnya justru membuat rasa martabaknya lebih enak. Martabak Encek buka mulai pukul 14.00.

5. Sop Buah Pak Ewok

Meski cuaca dan hawa di Bogor itu sejuk, tetapi tidak ada salahnya jika menikmati sup buah pada siang hari. Sop Buah Pak Ewok, menjadi tempat mendapatkan sup buah terbaik di Bogor. Sop Buah Pak Ewok ini sudah berjualan sejak tahun 1980an, hingga saat ini memiliki dua cabang.

Cafe di Bogor

Selain makanan-makanan tradisional yang sudah legendaris, Bogor juga memiliki cafe-cafe yang sangat cozy. Cafe di Bogor ini menyajikan beragam menu makanan, mulai dari makanan khas Sunda hingga western sekalipun. Berikut beberapa cafe yang menjadi daftar cafe terenak di Bogor.

Baca Juga:  Wisata dan Makanan Khas Kulon Progo, Wajib Mengunjungi Daerah Ini!

1. Cafe Gumati

Berlokasi di kawasan Bogor tengah, tempat wisata kuliner Bogor 24 jam pertama jatuh pada Cafe Gumati. Di Cafe Gumati terdapat dua lantai. Pada salah satu lantainya terdapat sebuah panggung yang akan menyajikan live music dan kolam renang berukuran kecil. Cafe Gumati juga menawarkan pemandangan yang sangat menarik pada pengunjungnya.

Lokasinya yang berada di Bogor tengah sangat strategis sehingga pengunjung bisa melihat Gunung Salak dengan jelas. Soal makanannya, Cafe Gumati menyajikan ragam kuliner khas Sunda. Karedok, Nasi Timbel, Nasi Tutug Oncom, hingga Lalap Sambal hanya beberapa dari menu yang ditawarkan. Selain makanan khas Sunda, Cafe Gumati juga menyediakan menu makanan western.

2. Lemon8

Pindah ke Bogor Timur, Lemon8 Cafe menjadi tempat kuliner Bogor 24 jam selanjutnya. Sebuah cafe yang sangat cozy ini menjadi salah satu tempat kuliner yang wajib dikunjungi saat main ke Bogor. Konsep cafe dibuat senyaman dan sesantai mungkin. Ditambah lagi lokasinya juga cukup jauh dari jalan besar bisa membuat pengunjungnya betah.

Choco Rhum menjadi salah satu minuman andalan dari Lemon8 Cafe. Minuman coklat yang dipadukan juga dengan wipped cream choclate ini menjadi idola para pecinta coklat. Soal makanannya, Lemon8 Cafe menyediakan menu makanan Western dan Asian. Semuanya memiliki rasa dan porsi yang pas. Soal harga, tenang saja, Lemon8 ini cukup terjangkau.

3. Lotus Cafe

Masih di seputaran Bogor Timur, Lotus Cafe juga menjadi tempat kuliner di Bogor yang bisa dikunjungi. Lotus Cafe menyajikan menu-menu makanan Western dan Indonesia. Makanannya mulai dari Ayam Bakar Taliwang, Nasi Timbel, hingga Australian Grill Sirloin Steak. Sementara minumannya mulai dari Bandrek, Bajigur, hingga berbagai varian rasa es krim.

Baca Juga:  Kuliner Semarang Pagi Yang Bikin Kamu Puas dan Kenyang

Menu-menu di Lotus Cafe memang sangat memanjakan lidah pengunjungnya. Dengan harga yang sebanding dengan kualitasnya, Lotus Cafe cukup banyak diminati. Kalau datang ke Lotus Cafe, silakan mencoba Mango Thai Saladnya yang segar. Lotus Cafe menjadi tempat yang sempurna untuk sekadar hang out bersama beberapa rekan sejawat, apalagi dengan suasananya yang sejuk.

4. Death by Chocolate

Tempat makan yang satu ini juga masih berlokasi di wilayah Bogor Timur. Death by Chocolate menjadi tempat kuliner Bogor 24 jam yang sudah cukup dikenal. Mereka mengusung konsep yang berbeda dibanding tempat kuliner lainnya yakni tema horor. Temanya sangat sesuai dan akan membuat pengunjungnya “mati” keenakan di Death by Chocolate.

Chicken and Mushrom Fritatanya memiliki rasa yang super enak. Porsinya memang cukup besar jika harus dimakan sendirian, sehingga paling cocok jika dimakan berdua. Menu favorit di sini tentu tidak jauh dari coklat. Pemberian namanya cukup unik seperti Nightmare Cake contohnya. Cara penyajiannya juga unik, yakni tidak jauh-jauh dari temanya yang horror.

5. D’Glock Resto & Cafe

Cafe terakhir yang akan dibahas kali ini adalah D’Glock Resto & Cafe. Cafe yang terletak di Tanah Sareal, Bogor ini buka mulai pukul 13.00 hingga tengah malam. Sehingga untuk yang kelaparan di tengah malam, D’Glock Resto & Cafe ini bisa menjadi alternatif. D’Glock Resto & Cafe ini lebih banyak menyediakan menu-menu western.

Mencari tempat wisata kuliner di Bogor memang tidak sulit. Apalagi beberapa tempat kuliner di Bogor buka selama 24 jam. Referensi tempat kuliner Bogor 24 jam di atas pasti akan memuaskan para pemburu kuliner yang sedang berkunjung ke Bogor. Selamat berwisata kuliner di Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *