Rencanakan Keuanganmu Dengan Baik Jika Ingin Travelling Ke Eropa

Rencanakan Keuanganmu Dengan Baik Jika Ingin Travelling Ke Eropa

Travelling ke Eropa merupakan impian dan harapan yang dimiliki banyak orang. Sebuah negara yang memang selalu menakjubkan untuk menjadi destinasi wisata . berkunjung ke Eropa tentu tidak mudah, harus mempersiapkan segala macam, mulai dari visa schangen, passport, terutama yang terpenting adalah budget. Mata uang Euro yang sangat tinggi dibandingkan mata uang negara lain, membuat para traveler akan berpikir lebih keras dalam menentukan perencanaan dan anggaran untuk wisata ke Eropa.

1. Budget Transportasi

Dalam melakukan travelling ke Eropa tentu harus memikirkan dan merencanakan budget transportasi yang dibutuhkan. Salah satu strategi dalam meminimalisir budget transportasi dengan memesan tiket pesawat untuk pulang dan pergi 2-3 bulan sebelum keberangkatan. Gunakan tiket promo maskapai penerbangan yang menyediakan rut eke Eropa. Dengan mempersiapkan transportasi lebih awal bisa meminimalisir budget yang sudah dialokasikan.

Selain transportasi pulang dan pergi yang sudah fix. Setelah itu harus merencanakan transportasi selama berada di Eropa. Cari tahu informasi yang sering di gunakan di negara-negara Eropa tersebut, seperti bus, kereta atau pesawat antar negara.

Eurail pass, sebuah situs yang menyediakan tiket kereta untuk keliling Eropa. Traveler bisa menentukan perjalanan atau itinerary mana saja yang akan dituju. Pelayanan di Eurail ini ada yang menyediakan regional pass. Sekitar 4 hingga 10 hari dengan harga sekitar 131 Euro atau sekitar  1,6 juta jika di rupiahkan. Jika hanya memilih perjalanan 1 negara disediakan dengan harga 37 Euro yaitu sekitar Rp460.000,- tentu cukup murah dan bisa meminimalisir budget ke Eropa.

Ada juga transportasi menggunakan bus. Ada layanan bus pass yang disediakan di Eropa. Biayanya tentu lebih murah dibandingkan naik kereta. Seperti contohnya di London bisa menggunakan Oyster Card. Akan lebih hemat dalam pengeluaran transportasi.

Baca Juga:  Wisata Favorit Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Biaya Penginapan

Dalam travelling ke Eropa, penginapan biasanya mengambil alokasi dana yang cukup besar. Untuk merencanakan akan menginap dimana harus disesuaikan dengan negara apa saja yang dituju. Coba untuk survey penginapan yang murah di daerah tersebut seperti hostel, apartemen atau hotel yang harganya terjangkau.

Salah satu referensi harga penginapan yang bisa dipantau lewat situs online yaitu bisa merujuk kepada situs online yang menyediakan pilihan pemesanan penginapan di Eropa. Lihat pula fasilitas dan layanan yang diberikan. Apakah menyediakan sarapan, apakah ada tempat untuk memasak, apakah dekat dengan supermarket dan sebagainya.

Selain itu, lihat pula ulasan orang-orang yang sudah pernah berkunjung ke penginapan tersebut. Disana akan didapatkan informasi secara real baik positif dan negative dari penginapan yang sedang diulas. Biaya penginapan di Eropa kira-kira sekitar 9 Euro per-malam, itu jika para traveler memilih hostel sebagai tempat menginap.

3. Hitung Uang Makan

Persoalan makan ternyata cukup menyita budget yang ada. Bagaimana tidak? Harga makanan di Eropa tentu sangat mahal dan hanya mendapat sebuah roti. Untuk meminimalisir soal makanan, harus mencari toko camilan murah yang menyediakan menu paket breakfast. Misalnya saja alokasikan untuk sekali makan sekitar 2 Euro. Jangan pernah mencoba makan masuk ke restoran karena harga makanan bisa sampai 10 Euro sekali makan. Tentu terjadi pemborosan budget hanya untuk makan saja,

Saat travelling ke Eropa, jangan lupa untuk membeli beberapa roti untuk bekal perjalanan berikutnya. Jadi ketika perut lapar tidak perlu repot mencari toko makanan. apalagi jika mencari di sekitar wisata favorit biasanya harganya lebih mahal. Seperti sandwich saja harganya sekitar 11 Euro. Maka perlu strategi budget dalam hal memenuhi kebutuhan makanan.

Baca Juga:  Sejarah Suku Mentawai Dan Tradisi Unik Di Dalamnya

4. Perlengkapan dan Perbekalan

Travelling ke Eropa dalam beberapa hari tentu dibutuhkan perlengkapan dan persiapan secara detail. pakaian, obat-obatan, sepatu, baju hangat, bahkan sandal. Tentukan pakaian dengan keadaan musim di Eropa, apakah sedang musim dingin atau musim panas. Jika musim panas artinya aman untuk membawa baju yang lebih santai. Namun tetap saja, bagi traveler yang sudah terbiasa dengan iklim tropis, musim panas di Eropa tetap akan terasa dingin. Jadi tetap sediakan jaket untuk menghangatkan tubuh saat jalan-jalan.

Selain perlengkapan untuk tubuh, kini perbekalan juga memiliki peranan penting. Bekal yang harus dibawa berhubungan dengan kebutuhan pokok, yaitu makanan. membawa mie instan akan sangat berguna saat travelling. Jika memungkinkan boleh juga untuk membawa penanak nasi elektronik dengan beras. Sesuaikan dengan penginapan yang menyediakan dapur, bawa beberapa bumbu dapur dari rumah, tentu bisa menghemat budget saat disana.

Perbekalan yang dibawa akan menyelamkan perut saat benar-benar lapar dan belum sempat survey tempat makanan terdekat. Jika disana terdapat supermarket, maka sebaiknya berbelanja bahan mentah di supermarket dan coba untuk memasak sendiri, akan lebih murah dan lebih mengenyangkan perut.

5. Sediakan Peta Offline dan Ikuti Tour Jalan Gratis

Peta offline ini merupakan petunjuk arah yang sangat bermanfaat saat melakukan perjalanan keliling Eropa. Cobalah untuk memahami tempat-tempat yang dikunjungi. Jalan apa saja yang akan dilalui. Ada pemberhentian apa saja disana. Jika akan menuju suatu tempat wisata, peta offline ini juga sangat membantu untuk menunjukkan arah.

Jika sudah memiliki peta offline cobalah cari secara online tour jalan gratis di kota-kota Eropa. Banyak yang menyediakan jasa layanan tersebut. Cukup memberikan tip kepada tour guidenya saja. Dengan mengikuti tour jalan gratis ini juga merupakan ajang berkumpulnya para traveler dan saling bertukar informasi.

Baca Juga:  15 Jumlah Pura Di Bali Yang Wajib Diketahui

6. Cari Pertunjukan Tanpa Biaya dan Museum Masuk Tanpa Budget

Di Eropa banyak disediakan konser,pertunjukan, orchestra yang digelar secara gratis. Cobalah cari informasi untuk menikmati acara tersebut. Para traveler akan mendapatkan sisi yang menarik dari Eropa dan pengalaman yang berharga setelah menonton.

Cobalah untuk browsing di web museum Eropa. Beberapa museum di Eropa menawarkan masuk gratis di hari-hari tertentu. Bahkan di London, ada museum yang bisa dinikmati dengan free tiket. Dengan tetap menikmati sejarah yang ada di museum dan travelling yang mengasyikkan ini. tentu bisa menghemat dan memangkas biaya perjalanan ke Eropa. Budget jadi makin hemat.

7. Tour Jalan Gratis dan Perhatikan Mata Uang

Di Eropa, ada pelayanan tour jalan gratis. Cobalah sering cek di situs online. Banyak kota yang menyediakan layanan tour jalan untuk para traveler ini. cukup dengan memberikan tip kepada tour guide, para traveler sudah bisa merasakan jalan-jalan keliling kota dengan dipandu. Ajang ini juga sebagai tempat untuk berkumpulnya para traveler dan saling bertukar informasi perjalanan.

Penggunaan mata uang saat di Eropa sangat penting. Perhatikan nilai tukar mata uang di Eropa. Jangan sampai menukarkan sebuah mata uang di bandara. Biasanya nilai tukar di bandara begitu tinggi. Jadi sebelum menyentuh suatu negara, siapkan budget mata uang yang cukup agar tetap aman dan nyaman saat travelling.

Dengan perencanaan keuangan dan rencana perjalanan yang baik, maka akan semakin mudah melakukan travelling ke Eropa. Tinggal mempersiapkan kondisi tubuh agar tetap sehat dan fit untuk menjelajah Eropa. Dan siap-siap untuk berpetualang ke tempat-tempat yang eksotik di Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *