Ragam Sajian Kopi Hits yang Wajib Diketahui

Ragam Sajian Kopi Hits yang Wajib Diketahui

Menikmati sajian kopi di saat pagi atau sore hari sudah menjadi tradisi di masyarakat. Seiring dengan perkembangannya, kini kopi semakin populer dengan racikan yang menghasilkan beragam varian rasa. Karenanya sebagian orang yang belum tau tentang kopi, terkadang bingung untuk membedakan. Untuk itu simak ulasan berikut.

1. Espresso

Jenis kopi yang pertama adalah Ekspreso, salah satu minuman yang populer di Italia. Merupakan sajian kopi paling dasar atau murni tanpa menggunakan tambahan bahan lain seperti gula maupun susu.

Cara pembuatan Espresso ini menggunakan mesin brewing untuk menghasilkan ekstrak kopi lalu dialiri air panas. Kemudian hasilnya akan di sajikan dalam demitasse atau cangkir khusus Espresso dengan ukuran 30 hingga 118 mililiter. Espresso memiliki tekstur pekat dan pahit, serta buih di permukaan yang disebabkan oleh tekanan minyak di dalam biji kopi.

2. Americano

Besarnya jumlah penikmat kopi, mengakibatkan menjamurnya usaha coffee shop diberbagai wilayah. Varian yang ditawarkanpun beragam salah satu nya kopi Americano.

Komposisi jenis minuman kopi ini terdiri dari satu shot espresso serta air panas. Kemudian disajikan dalam sebuah cangkir berukuran lebih besar, yaitu 178ml. Sehingga tekstur rasa kopi yang dihasilkan tidak terlalu pekat atau tidak sekuat Ekspresso. Jenis Americano ini bisa dinikmati dalam kondisi panas maupun dingin.

3. Ristretto

Jenis minuman seperti Espresso, Americano, Café latte maupun Cappuccino merupakan nama varian kopi yang sudah sangat familiar di semua kalangan. Meskipun berasal dari bahan dasar yang sama, namun masing-masing memiliki cita rasa yang berbeda. Begitu juga dengan Ristretto.

Jenis minuman ini bisa dibilang mirip dengan kopi Espresso. Keduanya memiliki waktu press yang sama namun dengan takaran airnya berbeda. Minuman kopi yang satu ini disajikan dengan air yang lebih sedikit. Sehingga Ristretto sering disebut juga half Espresso. Tekstur yang dihasilkan lebih pekat dibanding Ekspreso dan memiliki rasa manis.

Baca Juga:  Harus Dicoba! Inilah Makanan Khas Gunung Kidul Terbaik

4. Red Eye

Komposisi jenis minuman kopi ini terdiri dari espresso dan kopi hitam. Red Eye atau yang lebih populer dengan sebutan coffee with espresso ini merupakan minuman yang dipercaya mampu memompa energi. Minuman kopi ini juga dikenal dengan sebutan lain seperti a shot in the dark, black eye, dan eye opener.

5. Latte

Komposisi minuman kopi jenis Latte ini terdiri dari campuran susu dan Espresso dengan takaran 2:1. Nama minuman ini berasal dari bahasa Italia, caffe latte yang berarti kopi susu.

Campuran susu yang lebih banyak membuat rasa kopi ini tidak terlalu kuat. Sehingga bagi yang tidak terlalu menyukai kopi, Latte dengan cita rasa yang nikmat bisa menjadi pilihan. Selain itu, sajian kopi ini biasanya disertai dengan latte art atau motif indah di permukaan cangkirnya.

6. Cappuccino

Merupakan salah satu jenis minuman yang selalu bisa temukan di kedai-kedai kopi atau kafe. Hampir sama dengan kopi Latte, Cappuccino juga minuman hasil kombinasi Espresso dengan susu. Bedanya minuman ini disajikan dengan rasa yang lebih mild. Komposisi Espresso dan steamed milk pada Cappuccino yaitu dengan takaran 1:1.

Bisa juga diracik dengan perbandingan 1:3 Steamed Milk, 1:3 Espresso, dan 1:3 susu foam, sesuai dengan selera. Cappuccino disajikan dalam cangkir berukuran 88 hingga 177 mililiter. Memiliki ciri khas dengan adanya foam ketebalan sekitar 2 cm dan taburan coklat di bagian permukaan nya.

7. Mochachino

Komposisi sajian kopi yang satu ini terdiri dari campuran espresso, coklat dan susu. Jadi, Mochachino merupakan paduan ideal yang tidak hanya bisa dinikmati oleh para pecinta kopi, namun juga bagi para penyuka coklat. Kombinasi antara ketiganya adalah 2/5 cokelat, 15 susu dan 2/5 espresso.

Baca Juga:  Makanan Khas Maluku Utara, Pilihan Tepat Untuk Wisata Kuliner

8. Flat White

Bahan baku untuk membuat Flat white sama dengan café latte dan cappuccino yaitu kombinasi antara kopi dan susu. Bedanya adalah komposisi susu pada Flat white lebih banyak daripada café latte. Sajian kopinyapun hampir tanpa foam.

Kopi Flat white tersaji dari 60ml microfoam yang dicampur dengan double shot espresso. Sehingga hanya terdapat setitik foam dan krema kopi dibagian permukaannya. Dibandingkan dengan café latte, Flat white memiliki tekstur yang lebih kuat serta rasa yang lebih lembut dari cappuccino.

9. Macchiato

Macchiato merupakan kombinasi dari susu dan dua shot espresso dengan rasio steamed milk yang lebih banyak. Racikan varian kopi jenis ini menggunakan perbandingan 4:1, menghadirkan sensai milky dan gurih di satiap cangkirnya.

Macchiato memiliki dua macam jenis yaitu latte macchiato dan espresso macchiato. Perbedaan keduanya terletak pada rasio steamed milknya.

Jika latte macchiato merupakan segelas susu dengan sedikit tambahan espresso. Sedangkan espresso macchiato sebaliknya, yaitu segelas espresso dengan sedikit tuangan susu.

10. Cortado

Jenis sajian kopi asal Spanyol ini merupakan kombinasi antara espresso dan susu hangat. Cortado di racik menggunakan perbandingan steamed milk 1:1 namun di sejumlah tempat menggunakan 1:2.

Rasio bahan yang dicampurkan tiap varian kopi tentu tidak sama. Namun, karena memilki komposisi bahan pembuatan yang sama, di negara lain minuman kopi ini sering disebut mirip Macchiato.

11. Affogato

Affogato merupakan inovasi terhadap olahan kopi, yang menggabungkan antara rasa pekat dan pahit pada espresso dan manis lembut dari es krim vanilla. Racikan Affogato terdiri atas 3/5 es krim dan 2/5 esspresso menghadirkan paduan rasa manis pahit yang nikmat.

Baca Juga:  Berbagai Macam Referensi Wisata Kuliner Di Jogja

12. Frappe

Frappe adalah salah satu jenis minuman kopi yang dinikmati dalam keadaan dingin. Varian kopi yang berasal dari Yunani ini menyajikan es kopi berlapis busa. Terbuat dari komposisi antara kopi instan, gula, air, serta es batu. Frappe ini untuk pertama kali dikenalkan pada September tahun 1957 oleh Dimitrios Vakonndios.

13. Cold Brew

Ragam variasi pembuatan kopi menghadirkan cita rasa yang berbeda-beda. Cold Brew ini memiliki cara pembuatan yang berbeda dari jenis minuman kopi yang lain.

Dimana untuk mendapatkannya diperlukan wadah untuk menampung air dingin yang sudah dicampur dengan kopi yang telah digiling.

Kemudian, didiamkan selama setengah hingga satu hari penuh. Selanjutnya dilakukan penyaringan. Cita rasa yang disuguhkan oleh cold brew ini tidak terlalu pekat dan pahit seperti Espresso serta cenderung tidak asam.

14. Yuanyang

Yuanyang merupakan jenis minuman kopi bisa ditemukan di negara Hongkong atau China. Komposisi kopi Yuanyang ini unik sebab terdiri dari kopi, teh hitam, serta susu kental manis. Diracik dengan perbandingan ketiga bahan yang sama banyaknya.

Jenis minuman kopi ini menggambarkan perempuan dan laki-laki dalam bentuk teh dan kopi. Yangmana keduanya menjadi satu dengan sempurna dalam tegukan.

Yuanyang adalah salah satu minuman kopi yang unik dengan mencampurkan teh yang sama besar seperti rasio kopinya. Karenanya, salah satu jenis varian kopi ini dekenal juga dengan sebutan Minuman Romantis. Sebab menggambarkan bersatunya kisah cinta antara laki-laki dan di dalam sebuah satu tegukan.

Demikian ulasan tentang ragam sajian kopi. Informasi diatas dapat menambah pengetauan tentang kopi. Sehingga kini tidak perlu lagi bingung untuk membedakan antar varian satu dan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *