Secangkir Kopi Penuh Gaya Dari Barista Tampan. 7 Barista Keren Yang Perlu Kita Tahu

Secangkir Kopi Penuh Gaya Dari Barista Tampan. 7 Barista Keren Yang Perlu Kita Tahu

Kopi menjadi perbincangan hangat saat ini. Tren meminum kopi bukan hanya menjadi kebiasaan orangtua dan milik bapak-bapak. Sekarang kopi menjadi primadona di kalangan anak muda baik anak millennial, anak gen Z dan sebagainya. Semakin kesini semakin banyak inovasi dalam membuat kopi. Jika dulu hanya ada kopi hitam, tapi sekarang ada latte, cappucino, espresso dan turunan lainnya.

Semua inovasi itu tidak lepas dari tangan terampil dan lidah yang sensitif dengan rasa dari para barista.  Bicara tentang kopi tak bisa dilepaskan dari mereka. Barista bagaikan pahlawan bagi peminum kopi. Dengan terampil mereka meracik kopi dengan cita rasa yang enak. Untuk menjadi seorang barista bukanlah perkara mudah.

Latihan, bakat dan keinginan. Tiga aspek tersebut menjadi penunjang utama untuk menjadi barista. Jika beruntung seorang barista yang memiliki penampilan yang keren adalah sebuah nilai tambah. Suka tidak suka yang pertama kali dilihat oleh konsumen adalah penampilan. Apakah baristanya rapi, bersih, kopi buatannya enak sekaligus orangnya enak di pandang?

Jika semuanya dipunya maka tidak perlu waktu lama untuk para barista meminang hasilnya. Kreativitasnya dihargai dan penampilannya dipuja. Barista bisa dikenal karena kemahirannya meracik kopi yang super enak atau karena kelihaian tangannya menggambar di kopi. Hal ini dikenal sebagai latte art. Di media sosial banyak posting tentang foto latte yang di atasnya ada bentuk bunga, angsa dan tanda hati. Bahkan tidak hanya warna putih untuk menggambanya. Ada warna-warni lain yang bisa digunakan untuk menggambar di latte.

Ada banyak barista berbakat di dunia ini. Semuanya memiliki daya pikatnya masing-masing. Mulai dari menjuarai kompetisi tingkat dunia, rasio pembuatan kopi yang tepat, seni di setiap cangkir yang dibuat atau kriteria lainnya. Namun, hanya beberapa yang bisa mengambil perhatian dunia. Inilah 7 barista keren yang perlu diketahui.

1. Kangbin Lee, Oppa Keren Si Ahli Latte Art

Oppa yang satu ini tidak bisa dianggap remeh. Penampilannya keren baik saat menyeduh kopi atau diluar saat santai. Kangbin Lee memiliki mata yang bagus dalam hal fashion. Bisa dilihat dari beberapa postingan potret diri di media sosial. Hal itu juga yang mendasari kenapa semua kopi buatannya memanjakan mata. Bahkan sayang untuk di minum.

Baca Juga:  Spesifikasi Dan Harga iPhone terbaru 2020

Sebelum terkenal, Kangbin Lee bersekolah di International Hotel Tourism College. Sekarang terkenal karena kemahirannya membuat latte art. Dia terkenal bukan hanya karena penampilannya. Tapi, karena ciri khas yang dia miliki. Kangbin Lee mampu membuat ulang lukisan-lukisan ternama ke dalam secangkir kopi.

Sebut saja The Starry Night milik Van Gogh, Little Mermaid animasi Disney yang sangat terkenal, bahkan melukis wajah Joker. Dia membagikan hasil-hasil karyanya melalui platform media sosial seperti Instagram. Tidak heran banyak yang mengikuti media sosialnya. Selain pintar membuat kopi, Kangbin Lee juga ternyata seorang pebisnis. Dia memiliki coffee shop yang terletak di Korea Selatan yang bernama Café C.

2. Mikael Jasin, Barista Indonesia di WBC Boston 2019

Jika tadi ada oppa keren dari Korea Selatan, kali ini, ada pria keren nan tampan dari Indonesia. Juara pertama Barista Championship. Juga memenangi tempat ke empat di World Barista Championship 2019 di Boston, Amerika Serikat. Menjadi bagian lima besar dalam ajang sebesar WBC bukanlah hal yang mudah.

Salut dan mari angkat topi untuk Mikael Jasin. Mengikuti bakatnya dan kerja kerasnya yang sangat mumpuni. Penampilannya pun sangat memikat. Tato yang menghiasi tangannya menambah sisi macho. Namun selaras dengan nikmatnya kopi hasil racikan sang juara dunia.

Sama seperti Kangbin Lee, si pria gagah ini juga menekuni dunia bisnis. Bekerja di  salah satu coffee shop ternama di Jakarta yaitu Common Ground Coffee Roaster. Selain itu, ternyata Miki panggilan akrabnya Mikael Jasin. Juga memiliki jiwa sosial yang tinggi bisa dilihat dari beberapa isi media sosialnya tentang water fast. Ternyata sang barista ini adalah paket lengkap.

3. Junichi Yamaguchi, Traveller Barista dari Jepang

Kali ini barista dari jepang, Junichi Yamaguchi. Dia sangat terkenal di dunia sebagai barista yang selalu bepergian keliling dunia sambil mengajar latte art. Namun, saat ini Junichi berada di Kyoto, Jepang. Dia adalah juara pertama dari Coffee Fest Latte Art World Championship tahun 2014. Tidak heran jika hasil karyanya sangat menakjubkan.

Baca Juga:  7 Fakta Tentang Pernikahan Victoria dan David Beckham Masih Memukau

Seperti dua barista lainnya, Junichi juga membuka bisnis café sebagai kepala barista dan co-founder di % Arabica yang utamanya berlokasi di Kyoto, Jepang. Mereka memiliki moto “melihat dunia melalui kopi”. Dalam pengertian sebenarnya Junichi benar-benar mencoba untuk melihat dunia melalui kopi. Memahami bagaimana tanaman kopi bisa tumbuh dengan baik lalu menghasilkan biji yang bagus. Kemudian diolah dengan mesin canggih sampai memastikan kopi tersaji dengan nikmat untuk konsumen.

Banyak hal yang bisa dipelajari dari Junichi. Kecintaannya dengan kopi bukan hanya tentang membuat tapi juga soal menanam. Terlihat dari perjalanannya keliling dunia untuk memetik biji kopi, melihat sendiri bagaimana setiap biji kopi dicuci dan bertemu secara langsung dengan para petani. Menjadi barista memberikan kebahagiaan sendiri yaitu membuat konsumen menjadi bahagia karena kopinya.

4. Cabell Tice, Juara 3X World Latte Art

Cabell Tice memenangkan  Coffe Fest New York City & SEA 2013 dan NYC 2014.Hal yang mengejutkan adalah dia memenangkannya sebagai first timer. Baru pertama kali mengikuti kompetisi latte art. Sama seperti barista lainnya, ia memiliki cafe  bernama orchard coffee. Dengan moto space for everyone dan menyediakan roti serta kue.

Perawakan orang amerika dengan mata yang indah cukup membuatnya mendapatkan julukan barista keren. Ditambah kecerdasan yang ia miliki dan ilmu tentang kopi yang cukup dalam. Mengingat ia sudah berada di industri ini selama 10 tahun dan pemilik café. Dan sepertinya darah seni sudah mengalir di badannya karena ternyata Cabell juga seorang fotografer dan kebetulan mempunyai mimpi untuk bisa membuat musik. Keren bukan?

5. Benjamin William Essex Morrow, Koboinya Latte Art

Dia menamai dirinya sebagai roaster, barista dan noddle guy. Benjamin bekerja di kebun kopi di Australia. Tidak heran jika ia menamai dirinya roaster dan dijuluki koboi. Di tahun 2015 Benjamin pernah menjuarai Australia Latte Art Championship, juara ke enam WLAC dan New York Coffee Masters. Sedangkan di tahun 2016 ia kembali memenangi Coffee Master di London.

Baca Juga:  Tren Pesta Pernikahan Yang Akan Digandrungi Di Tahun 2020 Yang Wajib Diketahui

Perawakan orang Australia dan penampilannya dengan brewok menambah tingkat ketampanannya. Dilihat dari kompetisi yang dia menangkan. Benjamin bisa dipastikan adalah kompetitor yang sangat berpengalaman di bidang Latte Art. Baru-baru ini ia mengambil top piala dari final AASCA Victorian Latte Art.

6. Assaf Rauch,  Barista Keren Penuh dengan Passion

Assaf  Rauch adalah professional yang membawa bisnisnya ke media sosial khususnya Instagram. Dengan gaya feed yang sederhana dan bersih. Ia memberikan tips praktis dalam membuat latte dalam bentuk video sepanjang 15 detik. Rupanya cara ini menarik banyak peminat terbukti jumlah followernya yang termasuk tinggi.

Assaf Rauch memiliki penampilan yang keren bahkan hanya dengan baju kasual. Ia diberkahi wajah yang menarik. Jika Benjamin adalah kompetitor yang sangat berpengalaman, maka Assaf Rauch ada di levelnya sendiri yaitu kompetitor trainer. Dia selalu menemukan jalan untuk melihat hal-hal unik di sekitarnya yang bisa dijadikan inspirasi saat ia membuat latte art.

7. Rendy Anugrah Mahesa, Si Barista Papan Atas

Last but not least, kali ini balik ke Indonesia tercinta. Barista  yang satu ini khas dengan kumis dan jenggot yang menambah kemachoannya. Tahun 2018 lalu Rendy Anugrah Mahesa memenangkan  Roasting Throwdown pertama di Indonesia. Walaupun ternyata ia bukanlah seorang roaster ,namun akibat kompetisi itu ia mulai memperdalam dunia roasting.

Rendy Anugrah Mahesa adalah co-founder dari Coffee Smith Jakarta. Selain itu, dia juga memiliki banyak pengalaman di kompetisi kopi. Sebut saja juara kedua IBrC 2016, Western Champion IBrC 2017 dan juara keempat IBrC 2017. Selain dianugerahi wajah yang tampan dan penampilan yang keren. Ia juga diberkahi dengan kecerdasan dibuktikan dengan kemenangannya di beberapa kompetisi.

Tidak lengkap rasanya jika menikmati secangkir kopi namun tidak menghargai pembuatnya, sang barista. Untuk menghargai sang barista bisa dengan memuji bahwa kopi buatannya enak atau menanyakan bagaimana bisa membuat kopi seperti ini, darimana inspirasi yang didapatkan. Dengan begitu secangkir kopi penuh gaya dari barista tampan akan lebih berarti. Apalagi jika mengenal baristanya secara personal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *