Pesona Alam Pura Tanah Lot Bali yang Mengagumkan

Pesona Alam Pura Tanah Lot Bali yang Mengagumkan

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki potensi wisata paling tinggi. Dengan segala keindahan alamnya, Bali memikat hati tidak hanya warga lokal, namun juga turis-turis asing untuk mendatangi tempat ini. Jika berlibur ke Bali, orang-orang tidak pernah melewatkan untuk mengunjungi Pura Tanah Lot yang merupakan pusat utama tempat orang-orang berwisata.

Banyak sekali objek-objek wisata di Pura Tanah Lot yang selalu dijadikan tempat berfoto oleh paraa wisatawan. Selain itu, di sepanjang daerah Tanah Lot, semuanya dipenuhi oleh tempat-tempat berbelanja untuk oleh-oleh. Begitu banyak barang-barang unik yang merupakan khas Bali dijual disana. Jika berkunjung kesini, harus menyiapkan banyak uang apabila hendak berbelanja.

Pergi ke lokasi wisata ini sangatlah mudah. Di sekitarnya sudah banyak tempat-tempat penginapan, dan juga petunjuk lokasi wisata. Daerah ini juga berada di pesisir pantai sehingga orang-orang semakin betah untuk berwisata kesini. Hari libur maupun tidak, tempat ini selalu dipenuhi oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Terutama orang-orang asing yang selalu terlihat karena mereka sangat menyukai liburan ke Bali.

Asal-usul Tempat Wisata Pura Tanah Lot

Awalnya, tempat ini disebut “Tanah Lot” karena terletak di lautan atau pesisir pantai dimana daerah sekitarnya berupa air. Lot artinya adalah laut. Asal-usul Pura ini berhubungan dengan sejarah awal seorang pendeta yang menyebarkan agama Hindu di Bali. Pendeta itu bernama Dang Hyang Nirartha yang sedang melakukan perjalanan ke Bali dari Pulau Jawa.

Saat berpergian, Dang Hyang Niartha singgah ke Pura Rambut Siwi. Di tempat itu, ia melakukan upacara kesucian Surya Cewana bersama para warga setempat. Setelah itu, Dang Hyang Niartha pergi menuju Purwa (Timur) untuk melanjutkan perjalanannya. Ada beberapa orang yang ikut dengannya dan menjadi pengikut setianya.

Baca Juga:  15 Jumlah Pura Di Bali Yang Wajib Diketahui

Dang Hyang Niartha dan para pengikutnya melewati sebuah pantai di Bali. Karena sangat mengagumi keindahan Bali, beliau berinisiatif untuk menjaga dan melestarikan alam. Setelah itu, ia pergi ke tiba di Gili Beo, sebuah pantai dengan batu karang dan terdapat mata air. Di sana, ia memberikan ajaran tentang agama yang diyakininya. Namun karena dianggap menyimpang, ia diusir oleh Bendesa Beraban Sakti beserta para pengikutnya.

Dang Hyang kemudian memindahkan Gili Beo ke tengah laut dengan kekuatan supranaturalnya agar aman dari orang-orang jahat yang tidak menyukainya. Gili Beo kemudian berubah menjadi Tanah Lot hingga sekarang. Kekuatan Dang Hyang yang sakti membuat Bendesa Beraban Sakti akhirnya menyerah dan masuk ke agama Hindu mengikuti Dang Hyang.

Dan bahkan membantu menyebarkan agama Hindu hingga ke seluruh Bali.Sejak saat itu, Dang Hyang Niartha menghimbau para pengikutnya membangun pura-pura di Tanah Lot. Untuk melakukan ritual kesucian agama Hindu turun temurun. Ada sekitar 8 Pura yang dibangun di Tanah Lot.

Lokasi Pura Tanah Lot dan Harga Tiket Masuknya

Pura Tanah Lot berada di Beraban Kediri Kabupaten Tabanan Bali. Berada di ujung pulau pesisir pantai hampir ke tengah laut. Jika hendak pergi kesini dari bandara pesawat Ngurah Rai, perjalanan menuju Tanah Lot dapat ditempuh selama 1 jam. Bisa menaiki taksi atau memesan taksi online. Jaraknya cukup jauh sekitar 27 km dari bandara. Sebaiknya mencari penginapan di dekat sini.

Sekarang ini, sudah banyak jasa tour yang menyediakan travel ke Bali. Menggunakan ajsa tour akan lebih mudah karena transportasinya sudah ditentukan. Jika pergi sendiri maka harus memikirkan tambahan sewa mobil atau sewa kendaraan lainnya. Jika menyetir sendiri, jangan lupa menyiapkan Google Maps atau aplikasi sejenis yang dapat menuntun ke Tanah Lot.

Baca Juga:  Sejarah Suku Mentawai Dan Tradisi Unik Di Dalamnya

Untuk harga tiket masuknya terbilang murah. Dewasa membayar Rp. 20.000 per orang sedangkan anak-anak dikenakan biaya Rp. 15.000 saja. Untuk biaya parkirnya jika membawa kendaraan sendiri adalah Rp. 5000 untuk mobil, dan Rp. 2000 untuk motor. Sedangkan jika berpergian dengan bus rombongan, maka biaya parkirnya untuk bus adalah Rp. 10.000 saja.

Objek Wisata dan Atraksi yang Bisa Dinikmati oleh Wisatawan

Banyak sekali objek-objek wisata yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Karena di sepanjang Tanah Lot ini merupakan tempat wisata. Apabila tidak ke Pura-puranya,pengunjung bisa hanya dengan menikmati keindahan pantai di pusat Bali ini. Menikmati sunset dari sini merupakan hal terbaik dalam perjalanan liburan ke Bali. Selain itu, beberapa objek dan atraksi wisata lain yang dapat dinikmati disini adalah :

1. Goa Ular Suci

Di goa ini ada beberapa ular yang hidup dan dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai makhluk yang menjaga pura. Merupakan salah satu jenis ular yang berbahaya karena memiliki bisa racun. Namun, banyak pengunjung yang berani memegangnya. Ditemani oleh pawang ular. Pengunjung bisa berfoto dengan si ular sambil membayar seikhlasnya kepada pawang ular.

2. Berkunjung ke Semua Pura

Pura Tanah Lot memiliki setidaknya 8 Pura yang bisa dikunjungi. Masing-masing memiliki jarak beberapa ratus meter. Pura-pura ini digunakan sebagai tempat suci ritual keagamaan hindu. Banyak yang datang untuk memohon perlindungan, kebahagiaan, kesejahteraan, dan lain-lain. Wisatawan beragama lain dapat berkunjung dengan melihat saja tanpa harus mengikuti ritual keagaan yang dianut disana.

3. Goa Air Suci

Di goa ini, terdapat sumber mata air yang digunakan untuk ritual agama Hindu. Air suci disini dipercaya dapat memberikan kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit. Tak heran jika berkunjung kesini, akan terlihat beberapa orang mengambil air untuk sekedar membasuh natau membersihkan sebagian tubuh. Biasanya, orang-orang juga sering mengonsumsi air suci ini karena bersih dan menyehatkan.

Baca Juga:  Pura Ulun Danu Beratan Bedugul Bali Yang Indah Dan Menawan

4. Pulau Karang

Merupakan salah satu keindahan pesona alam yang menjadi ikonik untuk Bali. Di antara bebatuan karang ini, terdapat pemandangan tempat wisata Pura Luhur dan Pura Bolong. Bebatuan karang ini bisa dijajaki apabila air laut pantai surut. Jika sedang pasang, air akan menutupi bebatuan karang. Dari atas bebatuan ini juga wisatawan dapat berfoto ria dengan pemandangan yang indah.

5. Main Air di Tepi Laut Pesisir Pantai

Sudah menjadi hal yang wajib bagi orang-orang jika mengunjungi pantai. Hal unik dari tempat wisata Tanah Lot ini adalah daerah tepi laut pesisir pantainya. Karena berbeda dengan tempat wisata lainnya yang jarang berada di tengah lautan. Di setiap pinggiran Tanah Lot, orang-orang selalu bisa bermain dengan air laut yang jernih dan biru. Dan cocok sekali dijadikan tempat berfoto.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa disampaikan mengenai Pura Tanah Lot sebelum memutuskan untuk berlibur ke sini. Sebagai salah satu pusat wisata di Bali, Pura Tanah Lot telah berhasil memikat banyak wisatawan datang ke sini. Jika hendak berlibur ke sini, jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan agar bisa keliling semua objek wisata di sini. Sayang sekali jika melewatkan satu objek wisata.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *