Urusan Tentang Menunggu Jodoh Bikin Pusing? Jangan Khawatir, Si Dia Pasti Datang

Urusan Tentang Menunggu Jodoh Bikin Pusing? Jangan Khawatir, Si Dia Pasti Datang

Kekhawatiran akan kapan datangnya jodoh yang tepat menjadi hal yang kerap kali dikeluhkan oleh seseorang yang telah beranjak dewasa. Apalagi jika usia telah memasuki masa-masa dimana pernikahan adalah hal yang wajar. Terlebih ketika orang tua, sanak saudara dan tetangga sudah mulai bertanya-tanya, kapan kamu membina rumah tangga? Hal tersebut kadang justru menambah rasa gundah gulana di dalam dada. Tak ayal pertanyaan pun mulai muncul di kepala mengenai kapan jodoh akan datang? Masalah tentang menunggu jodoh ini memang cukup pelik sehingga menafikan fakta bahwa Allah telah menyiapkan seseorang terbaik sebagai pendamping hidup.

Setiap orang pastinya menginginkan kehidupan pernikahan yang sakinah mawadah warahmah. Untuk mencapai tujuan ini tentunya bukanlah perkara yang mudah. Jodoh yang tepat menjadi syarat yang mutlak untuk mewujudkannya. Bagaimana tidak? Tanpa jodoh yang tepat dan cocok, keluarga yang bahagia tentu sulit untuk diraih.

Oleh karena itu, kejelian adalah kemampuan utama yang harus dimiliki dalam memilih jodoh. Gunjingan orang-orang sekitar merupakan hal yang tidak perlu didengarkan apalagi hingga mempengaruhi kesabaran hingga salah memilih. Hal itu dikarenakan pasangan hidup adalah seseorang yang akan menemani hingga maut menjemput. Oleh karena itulah, pemilihan pasangan hidup harus dilakukan secara tepat.

Memantaskan Diri

Teruntuk para pria dan wanita yang tengah menanti datangnya pujaan hati yang akan mendampingi hidup, kekhawatiran akan belum munculnya sosok tersebut tidak perlu dirisaukan. Yakinlah bahwa Allah tengah mempersiapkan jodoh terbaik. Ada banyak hal yang dapat dilakukan selain memusingkan perkara tentang menunggu jodoh. Pertama mulailah memantaskan diri. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan :

1. Memperbaiki Hati dan niat

Sebelum bertanya-tanya kapan jodoh akan datang dan tergesa-gesa melangsungkan pernikahan, tarik napas dalam-dalam terlebih dahulu. Tanyakan kembali kepada diri sendiri alasan dibalik keinginan untuk menikah. Apakah hanya mengikuti tren, tidak ingin digunjing atau murni karena ibadah kepada Sang Pencipta.

Baca Juga:  Belajar Dari Kegagalan Mark Zuckerberg

Seperti yang diketahui bahwa manusia diciptakan untuk beribadah kepada Allah SWT. Karenanya segala tindakan, harus didasari dengan ibadah kepada Nya. Begitu pula dengan sebuah pernikahan. Apabila niat melangsungkan pernikahan bukan karena ibadah kepada Allah, segera perbaiki niat. Ketika hati telah meniatkan pernikahan karena ibadah kepada Allah, niscaya urusan tentang menunggu jodoh tidak akan lagi menjadi hal yang meresahkan.

2. Menjaga Dan Memperbaiki Akhlak

Ketika seseorang berkeinginan mencari pasangan, akhlak akan menjadi salah satu syarat utama. Wanita atau pria dengan akhlak yang baik tentu akan lebih dicari daripada wanita atau pria dengan akhlak buruk. Oleh karena itu teruslah senantiasa menjaga akhlak dimanapun juga. Akan lebih baik lagi, jika akhlak terus diperbaiki.

Tidak ada yang salah menjadi diri sendiri. Namun, apabila ada sifat buruk yang merugikan di dalam diri, alangkah lebih baik untuk memperbaikinya. Dengan begitu jodoh yang didapat akan memiliki akhlak yang sama-sama baik. Bukankah jodoh adalah cerminan diri sendiri?

3. Membekali Diri Dengan Segala Macam Ilmu

Semua orang tentu tahu bahwa membangun rumah tangga bukanlah perkara yang mudah. Ada banyak tantangan yang dihadapi baik oleh suami maupun istri. Untuk menghadapi berbagai tantangan dalam rumah tangga sebuah ilmu pasti dibutuhkan. Ilmu adalah bekal utama untuk menghadapi bahtera dalam rumah tangga.

Tanpa adanya suatu ilmu masalah-masalah dalam rumah tangga pasti sulit dihadapi. Persoalan mengenai ekonomi, pendidikan anak, hingga urusan dapur memiliki ilmu tersendiri. Oleh karena itu, sebelum jodoh datang menemui teruslah menuntut ilmu. Belajarlah dari berbagai sumber untuk mempersiapkan diri mengarungi bahtera bernama rumah tangga.

4. Terus Berpikir Positif

Apabila jodoh belum juga muncul meski terus dinanti jangan pernah berprasangka buruk kepada Allah. Teruslah berpikir positif kepada Allah. Karena bisa saja jodoh tak kunjung datang karena prasangka buruk. Oleh karena itu apa pun yang terjadi teruslah berprasangka baik dan berpikir positif apa pun yang terjadi. Niscaya, hal-hal baik akan datang.

Baca Juga:  Masa Lalu Biarlah Berlalu Masa Depan Teruslah Kau Pacu

Keuntungan Menunggu Jodoh

Kesendirian tanpa jodoh bukanlah sesuatu yang patut untuk disesali. Meskipun hingga kini pasangan hidup belum ditemukan, hal tersebut tidak perlu menjadikan diri merasa malang dan menyedihkan. Ada banyak hal-hal positif yang bisa didapatkan tanpa merisaukan hal-hal tentang menunggu jodoh.

1. Mengembangkan Diri

Meskipun hingga kini tambatan hati masih belum ditemukan janganlah meratapi diri. Sebaliknya gunakan waktu untuk mengembangkan diri sembari menunggu jodoh datang dari Allah. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengembangkan potensi diri. Dengan begitu, ketika Allah telah mempertemukan dengan sang jodoh, baik fisik, mental maupun emosi telah sangat siap.

2. Berbakti dan Membahagiakan Orang Tua

Bertemu dengan jodoh dan membina rumah tangga bukanlah satu-satunya tujuan di dunia. Daripada terus termenung menanti jodoh yang tak kunjung tiba, lebih baik menggunakan waktu tersebut untuk membahagiakan orang tua.

Gunakan waktu dengan baik untuk menemani kedua orang tua atau memberikan sesuatu yang bisa membahagiakan ayah dan ibu. Ketika telah memasuki dunia pernikahan, kesempatan untuk mencurahkan seluruh perhatian kepada orang tua tentu akan berkurang. Karena itulah sebelum jodoh datang, gunakan waktu tersebut untuk berbakti dan membahagiakan orang tua.

3. Fokus Karir dan Diri Sendiri

Ketika telah berumah tangga fokus terhadap diri sendiri tentu akan berkurang. Ada banyak hal yang membutuhkan perhatian khusus, sehingga harus menyingkirkan urusan diri sendiri. Sebaliknya ketika masih sendiri, waktu tersebut bisa digunakan untuk menyenangkan diri sendiri.

Lakukan traveling dan lihat dunia secara luas. Tidak hanya itu, hobi pun bisa dilakukan secara tenang. Dibanding terus meributkan masalah tentang menunggu jodoh yang tak kunjung usai, lebih baik menggunakan waktu untuk fokus mengejar karir setinggi mungkin. Dengan begitu tidak ada lagi waktu untuk bersedih karena pujaan hati belum juga tiba.

Baca Juga:  Aku Terlahir Sederhana, Hidup Susah Bagiku Sudah Biasa

Nikmati Proses

Rasa lelah karena jodoh tak kunjung tiba merupakan hal yang wajar. Apalagi jika segala macam usaha dan ikhtiar telah dilakukan tanpa membuahkan hasil. Meski demikian jangan pernah berputus asa. Nikmati setiap proses pencarian dan bersabar menunggu jodoh pilihan Allah tiba. Akan lebih baik lakukan intospeksi diri daripada meributkan perkara tentang menunggu jodoh.

Lihatlah jauh ke dalam diri mengenai hal-hal yang telah dilakukan, sejauh mana pemahaman diri terhadap ilmu agama dan seberapa bijaksana diri dalam menghadapi masalah kehidupan. Setelah melakukan hal ini, niscaya masalah tentang menunggu jodoh tidak lagi merisaukan dan hati pun terasa lebih sabar.

Mencari jodoh bukanlah perkara yang mudah. Tidak seperti sepatu yang dapat diganti seiring waktu, jodoh adalah seseorang yang akan menemani hingga akhir waktu. Karena itu janganlah tergesa-gesa jika hingga kini sosok tersebut belum menampakkan diri.

Apabila gunjingan orang-orang mulai terdengar , jangan pikirkan atau memusingkannya. Teruslah poles diri sebaik mungkin sekaligus berusaha. Dan jangan lupa untuk berdoa kepada Allah dan bersabarlah menunggu jodoh pilihan Allah. Niscaya hidup akan terasa lebih membahagiakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *