Tips Mengatasi Anak Sulit Makan yang Bikin Stres

Tips Mengatasi Anak Sulit Makan yang Bikin Stres

Sebagai orang tua pasti pernah mengalami kondisi saat sang anak sulit dan tidak mau makan. Kondisi anak sulit dan tidak mau makan ini seringkali membuat orang tua menjadi stress. Dibutuhkan beberapa tips mengatasi anak sulit makan yang bikin stres orang tuanya. Selain itu kenali juga penyebab anak menjadi sulit makan.

Penyebab Anak Sulit Makan

Seringkali anak mengalami kondisi sulit makan yang bikin orang tuanya stres. Kondisi ini bisa disebabkan karena orang tua tidak mengetahui alasan penyebab si anak tersebut sulit makan. Mengenali penyebab anak sulit makan, membuat orang tua dapat bertindak dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa penyebab anak sulit makan yang bikin orang tua stres.

1. Anak Tidak Lapar Sepenuhnya

Sama seperti orang dewasa, meski sudah memiliki jam makan yang teratur, seorang anak bisa saja masih belum benar-benar lapar sepenuhnya. Penyebabnya, bisa karena si anak sudah memakan makanan yang cukup berat dalam kurun waktu yang tidak lama. Selain itu, bisa juga karena beberapa jajanan yang dimakan olehnya memberikan efek kenyang.

Beberapa jenis makanan seperti manisan, coklat, susu, dan beberapa makanan lainnya dapat membuat anak merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Jika terjadi kondisi seperti ini, orang tua tidak perlu khawatir karena hal tersebut tidak terlalu mengganggu. Namun, sebaiknya tetap siapkan makanan agar sewaktu-waktu dia ingin makan, makanan sudah tersedia.

2. Tidak Selera Makan

Sama juga dengan orang dewasa pada umumnya, si anak juga memiliki selera makanan. Ketika anak sudah mulai memiliki selera dan mampu membedakan rasa makanan, saat itulah anak akan mulai pilih-pilih makanan. Seperti manusia pada umumnya, jika dihadapkan pada makanan yang tidak sesuai seleranya, tentu juga akan menolak makanan.

Baca Juga:  Michael Bloomberg, Pemilik¬†Bloomberg L.P.

Kondisi seperti ini juga tidak terlalu mengkhawatirkan. Namun, orang tua sudah mulai harus dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat makanan untuk anak. Anak tentu akan menolak bubur yang rasanya hambar. Oleh karena itu, siapkan makanan yang memiliki rasa yang menarik minat dan selera makan anak.

3. Sistem Pencernaan Anak Kurang Baik

Kondisi ketiga inilah yang mulai mengkhawatirkan bagi orang tua, yakni ketika anak sulit makan karena sistem pencernaannya kurang baik. Sistem pencernaan yang kurang baik, membuat anak bisa kehilangan selera makannya. Selain itu, karena sistem pencernaan yang kurang baik membuat penyerapan gizinya juga terganggu. Ketika ada dalam kondisi ini, segera periksakan ke dokter.

Tips Mengatasi Anak Sulit Makan yang Bikin Stres Orang Tua

Mengenali penyebab anak sulit makan akan membuat orang tua lebih mudah untuk bertindak. Jika masih bingung tindakan apa yang tepat untuk mengatasi anak yang sulit makan, simak beberapa tips mengatasi anak sulit makan yang bikin stress orang tua berikut ini.

1. Membuat Jadwal Makan Teratur

Yang pertama, buatlah jadwal makan bagi anak. Usahakan untuk selalu menaati jadwal makan anak yang telah dibuat secara teratur. Dengan membuat jadwal makan yang teratur, sistem pencernaan anak akan mengondisikan sendiri sesuai pola yang dibentuk. Sehingga ketika jam makannya sudah tiba, ia akan secara otomatis merasa lapar dan meminta makan.

Buat jadwal yang teratur untuk anak makan dan juga makanan yang dimakan. Usahakan dalam satu hari, si anak diberikan asupan 2 hingga 3 kali makan besar, tentunya dengan menu yang sehat. Dengan membuat perencanaan dan jadwal makan anak yang teratur, orang tua bisa lebih mudah mengatur anak bila waktunya tiba.

Baca Juga:  Jadi Ibu Rumah Tangga Atau Wanita Karir? Itu Pilihan Sulit Bagi Wanita

2. Bersabar adalah Kunci

Menjadi orang tua tentu tidak bisa lepas dari sabar, apalagi saat sudah memiliki anak kecil. Terutama soal makan si anak, sepertinya rasa sabar yang dimiliki harus diperbesar. Karena anak bisa sangat rewel kalau berurusan soal makan ini. Apalagi jika anak adalah tipikal pemilih makanan.

Anak yang pemilih memang sering membuat kesal orang tuanya, terutama soal makanan. Karena ia akan memakan makanan tertentu yang ia sukai saja. Bahkan ia akan menolak makanan yang diberikan meski sudah masuk jadwal makannya. Kalau sudah begini, sebaiknya tunggu 10-15 menit kemudian baru tawarkan makanan lagi saat anak sudah mulai melunak.

3. Jangan Terlalu Sering Menyuruh dan Turuti Kemauan Anak

Ketika anak sudah mulai bisa memilih makanan yang dia sukai, yang berdampak pada penolakannya terhadap makanan, maka sebaiknya jangan terlalu meminta dan menyuruh anak untuk makanan. Begitu pula saat ia sedang asyik bermain, sebaiknya hindari untuk terlalu sering menyuruh anak untuk makan. Meski jadwal makannya sudah masuk.

Sebaliknya, sebaiknya turuti kemauan anak. Ketika anak menolak untuk makan karena tidak suka dengan makanannya, diamkan dulu beberapa menit kemudian tawarkan lagi makanannya. Namun, jika anak lebih asyik bermain, ada baiknya tawari untuk makan dengan cara yang lembut. Atau biarkan ia bermain terlebih dahulu hingga merasa lapar.

4. Persiapkan Menu Makanan dan Camilan Bergizi yang Berbeda

Karena sedang dalam masa perkembangan, tentunya gizi anak adalah yang utama. Namun, hindari untuk memberikan menu makanan yang itu-itu saja. Memberikan menu makanan yang itu-itu saja akan membuat anak merasa bosan dan menolak makanan yang orang tua berikan. Sama saja seperti orang dewasa yang bosan dengan menu makanan yang sama setiap harinya.

Baca Juga:  Batas Kesabaran Adalah Diam, Meskipun Banyak Luka Bersemayam

Selain memberikan makanan berat yang berbeda-beda, sebaiknya siapkan juga beberapa jenis camilan berupa snack yang bervariasi. Namun yang perlu diingat, jangan memberikan camilan sembarangan. Pilihlah camilan yang berkalori tinggi sebagai selingan seperti camilan dari kacang atau buah-buahan. Camilan ini akan membuat kalorinya cukup meski anak susah makan makanan berat.

5. Jangan Ragu untuk Periksakan ke Dokter

Ada banyak sekali penyebab anak sulit makan, salah satunya adalah karena anak sedang mengalami kondisi yang kurang sehat. Sama seperti pada orang tua, jika kondisi tubuh sedang kurang sehat makan nafsu makan juga akan terganggu. Jangan sampai orang tua terlambat menyadari kondisi anak yang kurang sehat seperti ini.

Beberapa gangguan kesehatan yang biasa dialami oleh anak yang membuatnya susah makan di antaranya adalah gangguan pencernaan dan gigi yang sedang tumbuh. Terganggunya proses makan anak bisa mengakibatkan anak kurang asupan nutrisi, apapun penyebabnya. Bagaimanapun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter anak terpercaya agar mendapatkan tindakan yang tepat.

6. Berikan Contoh yang Baik

Bagaimanapun tingkah laku anak, pastilah ia meniru apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Termasuk dalam hal makan, anak adalah peniru yang baik. Oleh karena itu, orang tua harus menjadi teladan di depan anak, termasuk soal makan. Jangan memilih makanan agar anak tidak menjadi pemilih.

Memiliki anak memang membutuhkan tingkat kesabaran yang sangat tinggi. Apalagi jika sudah menyangkut soal makanan. Anak bisa sangat rewel bahkan menghindar dan memilih untuk tidak makan. Oleh sebab itu, perlu mengetahui penyebab anak rewel. Tak lupa perhatikan juga tips mengatasi anak sulit makan yang bikin stres orang tua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *