Wisata dan Makanan Khas Kulon Progo, Wajib Mengunjungi Daerah Ini!

Wisata dan Makanan Khas Kulon Progo, Wajib Mengunjungi Daerah Ini!

Untuk para wisatawan yang masih asing dengan lokasi ini, Kulon Progo adalah kabupaten yang terletak di Jogja. Kabupaten ini dikenal memiliki alam yang indah dan layak untuk dikunjungi. Makanan khas Kulon Progo juga sangat lezat dan berbeda dengan kota Jogja. Infonya, di Kulon Progo juga akan dibangun bandara sehingga akan mempermudah akses para wisatawan menuju ke sana. Jadi banyak alasan untuk berkunjung ke salah satu daerah di Jogja ini. 

Ketika mendengar kota Jogja, orang akan langsung berpikiran mengenai wisata kuliner dan wisata sejarah. Kota Jogja memang terkenal dengan budaya dan makanannya yang khas yang membuat orang ingin kembali ke Jogja. Jalan Malioboro dan gudeg merupakan salah satu wisata yang paling dikenal oleh para wisatawan ketika bermain ke Jogja. Padahal banyak tempat lain yang sebenarnya bagus dan layak dikunjungi seperti Kulon Progo.

Makanan Khas Kulon Progo yang Wajib Dicoba

Jika berkunjung ke Kulon Progo, salah satu hal yang wajib dilakukan adalah wisata kuliner. Banyak makanan khas Kulon Progo yang terkenal dan wajib dicoba oleh para wisatawan. Makanan disana bukanlah makanan berat, sehingga perut tidak akan kenyang sampai mencoba semua makan khas Kulon Progo. Berikut adalah beberapa makanan yang khas dari Kulon Progo dan wajib dikunjungi ketika berlibur:

1.      Geblek

Ketika melihat makanan ini, orang akan berpikir bahwa makanan ini adalah kerupuk. Warnanya putih dan bentuknya kecil-kecil seperti kerupuk. Namun sebenarnya geblek adakah makanan tradisional khas Kulon Progo yang sudah ada sejak dulu. Makanan ini terbuat dari tepung kanji dan tapioca yang digoreng hingga agak kering. Rasanya sekilas mirip cireng, namun gurih dan crispy dan lezat. Jika ingin mendapatkan rasa terbaik, sebaiknya dimakan ketika masih hangat. Untuk yang ingin mencobanya dapat mengunjungi angkringan atau warung yang tersedia di pinggir jalan. Biasanya makanan ini akan disajikan dengan tempe bacam atau gorengan lainnya.

2.      Growol

Makanan khas Kulon Progo yang juga jarang ditemukan di daerah lain adalah growol. Dahulu growol dimakan sebagai pengganti nasi. Hal ini dikarenakan dulu nasi susah untuk didapatkan sehingga growol menjadi penggantinya. Growol adalah olahan makanan dari singkong yang dimasak dan disajikan secara hangat. Rasa dari growol gurih dan sedikit manis sehingga membuatnya seperti lemper. Di daerah Kulon Progo, makanan ini masih banyak dikonsumsi dan biasanya disantap dengan tempe atau tahu.

3.      Besengek

Jika ada yang menyukai tempe, maka cobalah besengek atau tempe benguk yang terkenal di Kulon Progo. Tempe ini adalah biji kacang koro yang digoreng sehingga terbentuk menjadi tempe. Penampilannya memang tidak menarik, namun rasanya sangat lezat apalagi dimakan ketika masih hangat. Jika sudah mencoba rasanya, orang akan mengetahui perbedaan rasanya dengan tempe kedelai. Banyak orang yang menyarankan memakan tempe ini dengan growol.

Wisata Alam Indah Kulon Progo

Selain makanan khas Kulon Progo, banyak tempat wisata yang wajib dilihat dan dikunjungi oleh para wisatawan. Banyak tempat alam yang indah dan belum diketahui oleh wisatawan sehingga tempatnya masih indah. Sehingga bisa dipastikan bahwa tempatnya masih sangat indah dan alami. Jadi untuk para pecinta alam wajib mengunjungi beberapa lokasi berikut ketika di Kulon Progo:

1.      Kedung Pedut

Nama wisata ini belum dikenal oleh banyak orang, namun bisa dipastikan bahwa tempatnya sangat indah. Ini adalah Kawasan air terjun yang berada di area perbukitan sehingga udaranya masih segar dan sejuk. Disana tidak hanya ada satu air tejun namun beberapa air terjun yang bahkan belum ada namanya. Dan tentunya semua air terjunnya sangat indah. Disini para wisatawan dapat mandi di air yang terbentuk seperti kolam renang. Pastikan untuk tetap menjaga kebersihan di area ini sehingga keindahannya dapat selalu terjaga.

2.      Kebun The Nglinggo

Jika ingin melihat area hijau di daerah Jogja, maka datanglah ke kebun teh Nglinggo. Seperti teh kebun lainnya, letaknya di perbukitan di area Kulon Progo. Udaranya sangat sejuk dan dingin sehingga jika ingin kesini pastikan untuk menggunakan pakaian hangat. Di sekitar kebun terdapat banyak tumbuhan di teras-teras lereng yang membuatnya semakin indah. Disini para wisatawan dapat berjalan di hamparan tanaman teh atau melakukan perjalanan off road. Sampai di puncak, para wisatawan dapat melihat keindahan alam sekitar.

3.      Kalibiru & Pule Payung

Wisata yang satu ini pastinya sudah dikenal oleh para wisatawan karena tempatnya yang indah dan banyaknya area untuk berfoto.  Dengan pemandangan yang indah serta aktivitasnya yang unik, tempat ini menjadi destinasi favorit. Disini para wisatawan bisa bersepeda di udara atau berjalan di jembatan monyet. Untuk yang lebih berani lagi bisa mencoba flying fox dan duduk di kursi ayun. Untuk yang suka ketinggian akan sangat menyukai tempat ini, namun yang takut ketinggian harus bersiap diri.

Alasan untuk Berkunjung ke Kulon Progo

Masih ragu kenapa harus berkunjung ke Kulon Progo? Selain memiliki makanan khas Kulon Progo dan wisata alamnya yang sangat indah masih banyak alasan untuk berkunjung kesini. Salah satu faktor yang pasti membuat orang mau kesini adalah aksesnya yang mudah. Untuk yang berencana ke Kulon Progo dapat melalui kota Jogja terlebih dahulu, lalu melewati jalur darat. Namun rencananya di tahun 2019-2020 ini, akan dibangun bandara di Kulon Progo yang akan mempermudah akses. Jadi perjalanan untuk ke Kulon progo akan lebih mudah dan cepat.

Kulon Progo juga memiliki banyak desa wisata yang harus dikunjungi oleh para wisatawan yang datang. Desa-desa di Kulon Progo memang memiliki daya tarik tersendiri, dimana warga lokal suka menyajikan makanan lokal dan budaya lokal. Hal ini tentunya akan menarik para wisatawan apalagi dapat merasakan hidup sebagai warga lokal. Para wisatawan juga dapat menginap di rumah warga dan membayarnya dengan biaya yang cukup murah. Ini juga adalah alasan lain mengapa banyak warga yang memilih ke Kulon Progo dibandingkan dengan tempat lainnya. Dengan biaya yang tidak mahal, orang dapat berlibur dengan menyenangkan dan mendapatkan alam yang indah. Jadi untuk para wisatawan yang memiliki budget terbatas datanglah kesini.

Area ini memang belum terlalu ramai dan dikenal banyak orang, namun ini juga yang merupakan alasan mengapa banyak orang kesini. Disini wisatawan dapat merasakan kedamaian serta kesejukan dengan udaranya yang segar. Tidak banyak orang yang berada disana sehingga orang dapat berlibur dengan tenang. Penginapan juga banyak terletak di perbukitan, jadi orang dapat merasakan hawa segar serta udara yang sejuk. Jadi ini lokasi yang cocok untuk mereka yang ingin kabur dari keramaian kota sesaat. Waktu terbaik kesini adalah ketika musim kemarau atau bukan ketika musim hujan. Karena pada musim hujan, area ini akan hujan terus menerus sehingga bisa mengganggu liburan. Oleh karena itu pastikan terlebih dahulu periode untuk berlibur kesini.

Baca Juga:  Sejarah Suku Mentawai Dan Tradisi Unik Di Dalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *