Wisata Favorit Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Wisata Favorit Di Malang Yang Wajib Kamu Kunjungi

Tahun 2019 sudah hampir mendekati penghujung. Tidak kurang dari satu setengah bulan lagi tahun baru akan menyapa. Dan yang paling ditunggu tiba yaitu masa liburan. Sudah membuat rencana liburan? Jika belum mungkin kota Malang bisa masuk di daftar liburan keluarga.

Kota yang terletak di Jawa Timur itu memiliki segudang potensi wisata.  Dikenal dengan julukan kota pendidikan, kota bunga, Parist Van EasT Java, kota bersejarah , kota kuliner dan tak ketinggalan kota wisata. Ada banyak tempat wisata favorit di Malang yang wajib dikunjungi.

Kota Malang menjadi kota terbesar kedua di Jawa Timur, setelah kota Surabaya. Karena letaknya yang berada di dataran tinggi maka tidak heran jika kota ini memiliki pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Dianugerahi alam yang indah kota ini dikelilingi pegunungan yang memberikan hawa yang sejuk hampir setiap saat.

Julukan-julukan yang didapatkan bukanlah isapan jempol belaka. Jika ingin mencari universitas  yang bagus, makanan yang enak, pemandangan yang aduhai, bunga di setiap jengkal, sejarah yang apik bahkan seni tingkat tinggi. Maka datang saja ke Malang, semua hal tersebut akan mudah untuk ditemui. Bahkan Kota Malang menyimpan deretan wisata favorit seperti berikut ini :

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ciptaan Tuhan yang dianugerahkan ke kota Malang yang menjadi magnet dari para anak muda khususnya para pendaki. Tidak lain dan tidak bukan gunung-gunung berikut yang terletak di taman nasional. Diisi oleh tiga gunung yaitu gunung Bromo, Tengger dan Semeru. Tiga puncak yang menghipnotis hampir seluruh masyarakat Indonesia.

Terutama setelah salah satu film layar lebar mengangkat gunung Semeru sebagai latar belakangnya. Dengan bentangan alam, savanna dan danau tertinggi di pulau Jawa. Hal itu saja sudah cukup membuat ribuan pendaki berduyun-duyun tenggelam pada indahnya alam Semeru.

Belum lagi, keindahan teman-temannya gunung Tengger dan Bromo. Dari atas puncak, pendaki bisa merasakan dahsyatnya kekuatan alam, cantiknya ia diciptakan apalagi saat matahari terbit dan tenggelam.

Baca Juga:  Budaya yang Dianggap Hampir Punah Karena Terlupakan

2. Kampung Warna-Warni Jodipan

Kampung warna-warni Jodipan dikenal juga dengan nama kampung pelangi Jodipan. Lokasi kampung ini terletak di kecamatan Blimbing, tepatnya dibawah jembatan rel kereta api. Dengan sedikit kreatifitas kampung ini disulap seperti kampung-kampung di Brazil atau Korea Selatan.

Tidak hanya rumah, jalan bahkan fasilitas umum dicat sedemikian rupa dengan warna-warni cerah. Dilukis dengan seni atau mural untuk mempercantik kampung, menjadikan banyak sudut bisa menjadi lokasi berfoto ria.

Di kampung ini ada beberapa tempat yang bisa membuat feed instagram menjadi lebih menarik. Seperti lorong payung, lukisan 3D, dinding warna-warni bahkan tangga warna-warni dan yang paling terbaru adanya jembatan kaca. Menarik bukan? tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika negara sendiri memiliki banyak tempat yang asyik.

3. Desa Wisata Pujon Kidul

Destinasi baru yang sedang hits di kalangan pelancong. Desa ini terletak di kecamatan Pujon, Malang.  Jika menggunakan kendaraan desa ini bisa ditempuh dalam waktu satu setengah jam dari pusat kota. Menyajikan banyak hiburan seperti tempat spot foto, wisata kuliner, belajar seni, belajar kembali ke alam dan masih banyak lagi.

Jika memiliki banyak waktu, kenapa tidak menyempatkan diri berpetualang di desa Pujon Kidul? Banyak fasilitas-fasilitas yang disediakan seperti ATV, paintball, trail dan panahan. Jika membawa anak-anak mereka bisa belajar  kembali ke alam, mengenal dunia pertanian seperti pertanian cabai, tomat, buah-buahan dan  tanaman herbal.

Mengenal dunia perternakan, melihat sapi bahkan memerah susu sapi. Hal seperti itu bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengesankan bagi anak-anak.

4. Pulau Sempu

Jika waktu liburan yang dimiliki panjang kenapa tidak mencoba ke pulau Sempu. Pulau ini adalah pulau kecil yang terletak di sebelah selatan pulau Jawa di Desa Tambakrejo, masuk pada administratif kecamatan Sumbermanjing Wetan, kota Malang.

Baca Juga:  Wisata dan Makanan Khas Kulon Progo, Wajib Mengunjungi Daerah Ini!

Di pulau ini ada banyak pantai yang bisa ditelusuri. Tidak perlu khawatir tentang akomodasi, disini tersedia hotel bintang tiga dengan harga yang terjangkau. Bentangan alam yang tak bisa diremehkan cukup banyak ada di pulau ini. Seperti Segara Anakan, pantai Tiga Warna, pantai Teluk Asmara, pantai Clungup, pantai Sendiki, pantai Goa Cina, pantai Gatra, pantai Tamban , pantai Watu Leter dan masih banyak yang belum diketahui para pelancong.

Di pulau ini keluarga bisa menghabiskan waktu dengan berleha-leha. Melupakan sejenak pekerjaan untuk melepaskan stress. Dan anak-anak bisa belajar untuk mengenal alam khususnya tentang laut.

5. Pantai Balekambang

Pantai ini terletak di pesisir selatan kota Malang. Dengan air biru, pasir yang lembut dan pemandangan yang menakjubkan cukup membuat pelancong jatuh hati dan menjadi andalan sejak tahun 1985 sampai sekarang. Ditambah panorama alam yang mempesona, hamparan pasir dan lajur gelombang ombak yang panjangnya hampir dua kilometer. Bahkan tim sepakbola menyempatkan diri mencoba latihan diatas pantai Balekambang.

Pantai ini tidak hanya terkenal dengan hiburannya, tapi juga karena sebagai wisata religi. Pada hari-hari tertentu umat Islam dan umat Hindu datang kesana untuk melakukan beberapa ritual yang dipercaya membawa kebaikan.

Umat muslim akan melakukan ziarah ke Syeikh Abdul Jalil pada tanggal 1 Sya’ban. Sedangkan umat Hindu menjadikan pantai ini menjadi tempat ibadah utama pada hari raya Nyepi, lokasinya berada di Pura Amarta Jati di Pulau Ismoyo.

6. Museum Angkut

Jika  sudah puas bermain dengan alam, sudah saatnya kembali ke kota.  Dan tidak lupa tetap mencari pelajaran di setiap perjalanan. Seperti mengunjungi museum angkut bisa menambah pengetahuan tentang alat transportasi klasik zaman dahulu sampai masa kini.

Museum ini menawarkan wisata otomotif yang sangat unik. Ada zona yang bertema Eropa, Hollywood dan sebagainya. Museum ini menggabungkan edukasi dan hiburan alias entertainment.  Ada beberapa zona yang dibagi sesuai tema yaitu zona hall utama, zona edukasi, zona Batavia dan Pecinan, zona Gangster dan Broadway Street, zona Eropa, zona Buckingham Palace, zona Las Vegas dan zona Hollywood.

Bahkan ada special show seperti Night Divas yaitu pertunjukan fashion show, California Car Wash Dance danThree Eelemental Show yang diadakan setiap akhir pekan.

Baca Juga:  Sejarah Lawang Sewu Dan Misterinya

7. Museum Topeng

Museum lainnya yang tak kalah menarik adalah museum topeng. Diisi oleh topeng dengan seni tingkat tinggi, tidak salahnya membawa keluarga kesini. Selain topeng, museum ini juga diisi oleh benda pusaka, barang antik bahkan barang yang termasuk mistis.

Museum ini juga diisi oleh banyak benda kuno seperti Al-Quran berusia 400 tahun , topeng, keris, patung pewayangan, patung Tao-Tao Toraja, patung kematian dan lain sebagainya.  Topeng-topeng diletakkan pada lemari kaca khusus sesuai daerah asalnya seperti khas Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan daerah lainnya dari seluruh Indonesia.

Penggagas museum ini adalah Reno Halsamer, seorang kolektor berasal dari Surabaya.  Beliau mengumpulkan berbagai koleksi topeng, pusaka dan barang antik dari setiap daerah sejak dua puluh tahun lalu. Sehingga jumlah koleksinya sudah mencapai dua ribuan lebih.

Dari setiap topeng pengunjung bisa mempelajari kebudayaan Nusantara khususnya pada masa-masa kerajaan. Sebagai manusia yang berilmu haruslah mengingat sejarah karena sejarah mengajarkan banyak hal.

Itulah wisata favorit di Malang yang wajib dikunjungi. Masih banyak tempat lain yang belum terjamah namun satu langkah mengunjungi yang telah dibuka adalah hal yang bijak. Melakukan perjalanan baik dalam bentuk liburan dan petualangan bisa membuat masyarakat lebih mengenal  adat istiadat, budaya dan masyarakat Indonesia. Sehingga perbedaan menjadi pelajaran dan persamaan menjadi yang diutamakan. Mari menjelajah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *