Home » Blog » Arabah ibn Aus; Mengejar Kematian   

Arabah ibn Aus; Mengejar Kematian   

Arabah ibn Aus; Mengejar Kematian   

Arabah ibn Aus adalah seorang sahabat Nabi dari kalangan Anshar yang berasal dari suku Aus, keturunan Bani Haritsi. Ayahnya bernama Aus ibn Qaizhi ibn Amr, seorang pemuka munafik dan dikisahkan ia pernah berkata, “Sesungguhnya  rumah-rumah kami ini adalah aurat.” Namun, putranya Arabah adalah seorang mukmin yang saleh.

Saat Perang Uhud, Arabah ibn Aus bergabung dalam barisan kaum muslim. Ketika itu ada beberapa remaja yang tidak dizinkan ikut serta oleh Rasulullah saw., termasuk di antaranya  Zaid ibn Tsabit, Abdullah ibn Umar ibn al-Khattab, Usaid ibn  Zuhair, al-Barra ibn Azib, Abu Said al-Khudri, Samurah ibn Jundab, dan Arabah ibn Aus.

Arabah ibn Aus sendiri merupakan salah seorang pemuka kaumnya. la dikena! dengan kedermawanannya, bahkan disejajarkan dengan Abdullah ibn Ja‘far ibn Abu Thalib dan Qais  ibn Said ibn Ubadah.

Ibn Qutaibah dan al-Mubarrad menuturkan bahwa Arabah pernah bertemu al-Syamakh, seorang penyair, saat hendak berangkat ke Madinah. Ketika al-Syamakh menanyakan maksud kedatangannya ke Madinah, Arabah menjawab, “Aku ingin memberikan makanan kepada keluargaku.” Saat itu, Arabah  membawa dua ekor unta yang membawa kurma, gandum, dan beberapa helai pakaian. Al-Syamakh sangat mengagumi kedermawanannya. Saat keluar dari Madinah, al-Syamakh melantunkan syair memuji Arabah:

Kulihat Arabah al-Ausi memberikan kebaikan kepada keluarganya. Andai panji kemuliaan dikibarkan, pasti ia pegang dengan tangan kanan.

Arabah tidak hanya memberikan harta benda di jalan Allah, tetapi ia pun rela memberikan nyawanya untuk menjadi syahid. Tidak ada catatan, termasuk dalam karya Ibn al-Atsir, yang menceritakan kematian Arabah. Semoga Allah merahmatinya.

You also like

Ka‘b ibn Zuhair ibn Abu Sulma Penyair Agung   

Ka‘b ibn Zuhair ibn Abu Sulma Penyair Agung   

Ka‘b ibn Zuhair ibn Abu Sulma adalah seorang sahabat Nabi keturunan Bani Zainah. la dikenal sebagai penyair ulung.…
Al-Hasan dan al-Husain Pemimpin Pemuda Surga   

Al-Hasan dan al-Husain Pemimpin Pemuda Surga   

Al-Hasan dan al-Husain adalah sahabat sekaligus cucu Rasulullah  saw. Keduanya adalah belahan hati Rasulullah saw. dan pemimpin para…
Abu Ayyub al-Anshari

Abu Ayyub al-Anshari – Tempat Persinggahan Nabi

Abu Ayyub al-Anshari adalah seorang sahabat Nabi dari kalangan Anshar, yang berasal dari suku Khazraj. Nama aslinya adalah…
Fairuz al-Dailami- Pembunuh al-Aswad al-Unsa al-Kazzab  

Fairuz al-Dailami- Pembunuh al-Aswad al-Unsa al-Kazzab  

Abu Umar ibn Abdul Bar menuturkan dalam kitab al-lsti'ab bahwa Fairuz al-Dailami adalah seorang sahabat Nabi yang  berasal dari…
Ashim ibn Tsabit  Jasadnya Dilindungi Lebah  

Ashim ibn Tsabit – Jasadnya Dilindungi Lebah  

Ashim ibn Tsabit sahabat Nabi dari kalangan Anshar yang berasal dari suku Aus keturunan Bani Dhubay. la mendapat…
Dihyah al-Kalabi; Jibril Turun  dalam Rupa Dirinya  

Dihyah al-Kalabi; Jibril Turun  dalam Rupa Dirinya  

Dihyah al-Kalabi adalah sahabat Nabi yang berasal dari suku al-Kalabi. Ayahnya bernama Khulaifah ibn Farwah ibn Fadhalah. la…

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Shopping Cart

No products in the cart.

Return to shop

Nama Toko

Selamat datang di Toko Kami. Kami siap membantu semua kebutuhan Anda

Selamat datang, ada yang bisa Saya bantu